Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Makhluk Hidup Lengkap Beserta Ciri-cirinya

Makhluk berasal dari bahasa Arab yang berarti "diciptakan", sebagai lawan kata dari kata kholik yang berarti "menciptakan". Kata makhluk mengacu pada suatu organisme yang di ciptakan oleh Allah SWT sang maha hidup. Selain daripada itu kata "makhluk" juga dapat merujuk kepada:
  • Makhluk halus, merupakan makhluk Allah SWT yang tidak terlihat, seperti Malaikat, Jin, dan lain sebagainya.
  • Makhluk hidup, merupakan kumpulan molekul yang saling mempengaruhi satu sama lain.
  • Makhluk legendaris, biasanya ditemukan dalam sebuah legenda atau dongeng, seperti naga dan garuda.
pengertian makhluk hidup lengkap beserta ciri-cirinya

Pengertian Makhluk Hidup

Secara umum makhluk hidup dapat di artikan sebagai makhluk yang memiliki ciri-ciri kehidupan, seperti bernapas, bergerak, dan berkembangbiak. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan contoh dari makhluk hidup. Bernapas, bergerak, dan berkembangbiak merupakan beberapa ciri yang membedakan antara makhluk hidup dan benda mati.

Sedangkan contoh dari benda mati, yakni seperti meja, kursi, lemari, boneka, buku, pensil, dan lain sebagainya yang tidak memiliki ciri-ciri dari makhluk hidup.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup


1. Bernapas

Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas adalah sebuah proses mengambil Oksigen (O2) dari udara dan mengeluarkan Karbondioksida (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen sendiri diperlukan makhluk hidup dalam proses pembakaran makanan di dalam tubuh untuk menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh, proses tersebut disebut dengan oksidasi tubuh. Energi yang dihasilkan dari proses Oksidasi tersebut difungsikan untuk bergerak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Proses dan alat  pernapasan pada makhluk hidup berbeda-beda tergantung dari tempat hidup dan makhluk hidup itu sendiri. Makhluk hidup darat memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan mkhluk digup air. Berikut macam-macam alat pernapasan yang ada pada makhluk hidup.
  • Alat pernapasan manusia disebut dengan paru-paru.
  • Alat pernapasan pada hewan ada yang menggunkanan paru-paru, insang, trakea, dan kulit.
  • Alat pernapasan pada tumbuhan disebut dengan stomata, lentisel, dan rambut akar.

2. Bergerak

Bergerak merupakan salah satu dari kelima ciri makhluk hidup. Gerak pada manusia dan hewan terlihat sangat jelas, Pada manusia dan hewan saat bergerak dibantu dengan alat gerak, misalnya manusia memiliki tangan dan kaki. Sedangkan pada hewan, selain dibantu dengan tangan dan kaki ada juga yang bergerak dengan menggunakan sayap, sirip, silia dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk hidup tumbuhan juga melakukan gerakan, akan tetap gerak pada tumbuhan tidak mudah dilihat. Contoh dari pergerakan tumbuhan yang dapat kita lihat seperti putri malu ketika disentuh daun dan batangnya akan langsung menutup dan merunduk ke bawah, daun petai china yang menutup pada sore hari, dan bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Gerakan pada tumbuhan dapat disebabkan rangsangan yang berasal dari luar.

3. Makan

Ciri selanjutnya dari makhluk hidup adalah makan. Semua makhluk hidup pastinya membutuhkan yang namanya makanan, makanan yang dimakan haruslah memiliki kandungan zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Contohnya karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan zat-zat lainnya. Fungsi makanan untuk makhluk hidup, sebagai berikut:
  • Menimbulkan energi (tenaga)
  • Pembangun tubuh (pertumbuhan) 
  • Mengganti sel-sel tubuh yang rusak 

Pada dasarnya manusia dan hewan tidak dapat memproduksi makanannya sendiri. Namun beda halnya dengan tumbuhan yang memiliki zat hijau daun, tumbuhan yang memiliki zat hijau daun dapat memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

4. Peka terhadap rangsangan

Ciri makhluk hidup yang ke empat adalah peka terhadap rangsangan. Peka terhadap rangsangan merupakan sebuah kemampuan hidup dengan memberi tanggapan dari adanya rangsangan. Biasanya pada manusia dan hewan merespon sebuah rangsangan dengan menggunakan panca indera yang terdiri dari:
  • Mata utnuk melihat.
  • Telinga untuk mendengar.
  • Hidung untuk mencium.
  • Lidah untuk mengecap rasa.
  • Kulit untuk meraba.

5. Tumbuh

Pada dasarnya semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkemabangan. Sebagai contoh ketika kamu menenam biji maka akan tumbuh menjadi kecambah, selanjutnya menjadi tanaman kecil, dan terus tumbuh dan berkembang hingga menjadi tanaman dewasa. 

6. Reproduksi (berkembang biak)

Reproduksi atau berkembangbiak merupakan kemampuan dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Perkembangbiakan berguna untuk melestarikan kelangsungan dari jenisnya. Perkembangbiakan pada hewan terbagi menjadi dua macam, yakni secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Umumnya pada manusia dan hewan tingkat tinggi berkembang biak secara generatif, sedangkan pada hewan tingkat rendah berkembangbiak dengan cara vegetatif. Sedangkan pada tumbuhan perkembangbiakannya dengan melalui biji, tumbuhan juga dapat berkembangbiak secara vegetatif. Contoh perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif adalah melalui tunas, stek, dan cangkok.
  

7. Beradaptasi

Untuk bertahan hidup dilingkungan, setiap makhluk hidup akan menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungannya. Tempat hidup makhluk hidup dalam melakukan aktivitasnya disebut dengan habitat. Jika makhluk hidup tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya maka ada kemungkinan makhluk hidup tersebut tidak akan bisa bertahan, sehingga harus berpindah dan mencari lingkungan baru.

8. Memerlukan suhu

Semua makhluk hidup dapat bertahan pada suhu tertentu, misalnya ikan hidup di air yang bersuhu antara 5 sampai 30 derajat celcius, untuk jenis bakteri dapat hidup sampai dengan suhu 80 derajat celsius, sedangkan tumbuhan hanya dapat hidup antara suhu 0 sampai dengan 43 derajat celcius.

9. Mengeluaran zat sisa

Mengeluarkan zat sisa merupakan sebuah proses yang diperlukan oleh tubuh, karena zat sisa bersifat racun sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Zat sisa yang dikeluarkan biasanya berupa gas, cairan, atau zat pada. Alat sekresi pada manusia dan hewan, yaitu:
  • Paru-paru mengeluarkan Karbondioksida (CO2)
  • Ginjal mengeluarkan urine.
  • Kulit mengeluarkan keringat.

Demikan artikel mengenai pengertian makhluk hidup secara umum beserta ciri-cirinya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terimakasih.

Referensi:

Artikel berjudul "Makhluk Hidup" diakses pada 30 Mei 2020, dari  https://id.wikipedia.org/wiki/Makhluk_hidup

Artikel berjudul "Ciri-ciri Makhluk Hidup" diakses pada 30 Mei 2020, dari https://erlangga.co.id/materi-belajar/smp/8876-ciri-ciri-makhluk-hidup.html
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Pengertian Makhluk Hidup Lengkap Beserta Ciri-cirinya"