Doa Malam Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah SAW Lengkap Beserta Artinya

Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan kemulyaan. Dimana keberkahan dan kemulyaann pada malam tersebut lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan Begitulah Allah SWT mengistimewakan malam tersebut, akan tetapi tidak ada seorangpun yang tahu pasti mengenai kapan datangnya malam Lailatul Qadar tersebut.

Kepastian malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan, bahwa malam Lailatul Qadar datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Karenanya Nabi Muhammad SAW memperbanyak ibadah dan amal saleh pada malam-malam tersebut.

doa malam lailatul qadar yang diajarkan rasulullah saw


Aisyah RA mengatakan, saat memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah SAW fokus beribadah, memperbanyak ibadah di malam hari, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah,” (HR Al-Bukhari). Hadits inilah yang dijadikan oleh Ibnu Bathal sebagai landasan bahwa lailatul qadar terdapat pada sepuluh akhir Ramadan.

Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita selaku ummatnya untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menjemput malal Lailatu Qadar dengan memperbanyak ibadah dan memperbanyak melakukan amal soleh.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, bahwa Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasululluah SAW mengenai doa yang bisa dipanjatkan saat bertemu dengan malam Lailatul Qadar.

"Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam Lailatu Qadar, apa yang harus aku ucapkan?"

Beliau (Rasulullah SAW) menjawab, "Ucapkanlah:

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku."

Untuk itu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, sangat baik untuk dibaca terutama di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url