Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap Beserta Artinya

Masjid merupakan tempat yang mulia, masjid banyak dikisahkan dalam Al-Qur'an dan juga hadits. Masjid disebut juga rumah Allah SWT, maka sebelum berkatifitas di Masjid alangkah lebih baiknya kita membaca doa masuk masjid dan keluar masjid.

doa masuk dan keluar masjid lengkap beserta artinya


Doa Masuk dan Keluar Masjid

Lalu, seperti apa doa masuk dan keluar masjid yang harus kita baca?

Doa Masuk Masjid

Untuk doa masuk masjid terdapat dua versi yakni versi panjang dan versi pendek. Berikut dua versi doa masuk masjid menurut HR Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah.

Doa Masuk Masjid Versi Panjang

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik."

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu."

Doa Masuk Masjid Versi Pendek

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"Allahummaftha lii abwaaba rahmatika."

Artinya: "Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku."

Doa Keluar Masjid

Sama halnya dengan doa masuk kedalam masjid, doa keluar masjidpun terdiri dari dua versi yakni versi panjang dan juga versi pendek.

Dikutip dari buku Maslakul Akhyar karya Sayid Utsman bin Yahya, berikut adalah dua versi doa keluar masjid.

Doa Keluar Masjid Versi Panjang

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik."

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

Doa keluar Masjid Versi Pendek

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

"Allaahumma innii as’aluka min fadhlika."

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Adab dan Etika saat Masuk ke dalam Masjid

Selain berdoa saat sebelum masuk dan keluar masjid, pastikan kita menjaga adab dan etika saat kita akan masuk dan juga keluar masjid.

Berikut adalah adab dan etika yang harus kita lakukan saat akan memasuki masjid:

  1. Mengenakan pakaian yang sopan dan rapi.
  2. Berjalan secara tenang.
  3. Salat secara benar dan berzikir.
  4. Tidak banyak bercakap-cakap atau bergunjing di dalam masjid.

Selain itu, kamu juga harus mematuhi adab ketika akan masuk dan juga keluar masjid.

Berikut adalah tata cara dan adab saat masuk dan keluar dari masjid:

  1. Masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan.
  2. Membaca doa masuk masjid.
  3. Melakukan shalat.
  4. Setelah selesai shalat, keluarlah dengan mendahulukan kaki kiri sambil melalafalkan doa keluar masjid.

Nah, itulah doa masuk dan keluar masjid yang bisa kamu lafalkan. Terima kasuh, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url