Mengenal Rangka Manusia

Manusia memiliki rangka atau kerangka tulang untuk bisa menopang tubuh. Yuk, ketahui apa saja susunan dari rangka manusia.

Rangka adalah serangkaian tulang dan sendi yang menjadi dasar bentuk manusia. Dengan adanya adanya rangka, manusia dapat bergerak serta berbagai organ penting dalam tubuh dapat terlindungi.

Rangka manusia tersusun atas banyak tulang dan mencakup 20% dari berat badan manusia. Ketika baru dilahirkan ada 270 tulang yang terdapat pada tubuh manusia, namun dengan seiring bertambahnya usia beberapa tulang menyatu sehingga saat dewasa hanya terdapat 206 tulang pada tubuh manusia.

mengenal rangka manusia


Susunan Rangka Manusia

Rangka tubuh manusia terbagi menjadi 2 bagian, yakni rangka aksial dan rangka apendikular.

Rangka Aksial

Rangka aksial (skeletone axiale) adalah tulang-tulang penyusun rangka kepala dan batang tubuh (tulang belakang) manusia.

Rangka Kepala

Rangka kepala atau biasa disebut dengan tulang tengkorak atau tempurung otak. Tulang yang satu ini erat kaitannya dengan indera yang ada pada manusia seperti indera penglihatan, penciuman, dan indera perasa.

Tulang tengkorak dibagi menjadi dua bagian, yakni tulang tengkorak bagian kepala dan tulang tengkorak bagian wajah. Tulang tengkorak bagian kepala mengelilingi dan melindungi otak.

Tulang rahang bagian atas membentuk sebagian besar dari kerangka wajah. Tulang rahang atas memiliki fungsi lebih dari sekedar pelengkap rahang bawah, seperti membentuk bagian tengah, bawah rongga mata, dan rongga hidung.

Tulang Belakang

Fungsi tulang belakang erat akitannya dengan sistem saraf pusat, meski sama tulang belakang juga memiliki fungsi penting lainnya, seperti melindungi jantung, paru-paru dan berbagai organ lainnya.

Adapun fungsi dari tulang belakang adalah:

  1. Menyangga tulang tengkorak
  2. Menyokong tubuh
  3. Menjaga kestabilan tubuh
  4. Tempat melekatnya tulang-tulang rusuk
  5. Tulang Dada dan Rusuk

Tulang rusuk atau tulang keranjang toraks terdiri dari 12 vertebrata toraks (dada), 24 tulang rusuk dan tulang dada. Tujuh tulang rusuk pertama melekat pada tulang dada oleh tulang rawan yang disebut rawan kosta. Tulang rusuk ini juga disebut dengan tulang rusuk sejati.

Rangka Apendikular

Rangka apendikular adalah rangka atau tulang tambahan yang terdiri dari tulang-tulang ekstremitas baik ekstremitas atas maupun ekstremitas bawah. Rangka apendikular ini terdiri tulang gelang baghu,tulangelang panggul,dan tulang anggota gerak dengan total 126 segmen tulang.

Tulang gelang bahu

Tulang gelang bahu terdiri dari dua tulang belikat dan dua tulang selangka yang melekat pada tulang dada.

Tulang gelang panggul

Tulang gelang panggul terdiri dari tiga jenis tulang yang berkaitan erat sehingga membentuk suatu lingkaran yang berlubang.

Tulang-tulang tersebut terdiri dari dua tulang pinggul, dua tulang duduk, dan dua tulang kemaluan.

Tulang anggota gerak

Tulang anggota gerak terdiri dari tulang lengan atau tangan dan tulang kaki. Tulang lengan berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas menggunakan tangan.

Tulang lengan terdiri dari dua tulang lengan atas, dua tulang pengumpil, dua tulang hasta, 16 ruas pergelangan tangan, 10 tulang telapak tangan, dan 28 tulang jari tangan.

Tulang kaki terdiri dari dua tulang paha, dua tulang tempurung lutut, dua tulang kering, dua tulang betis, 14 tulang pergelangan kaki, 10 tulang telapak kaki, dan 28 tulang jari kaki.

Tulang kaki berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas yang menggunakan kaki, menopang berat tubuh, dan mengatur gerak tubuh ketika berjalan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai rangka manusia. Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Referensi:

Artikel berjudul "Ayo Mengenal Rangka Manusia" diakses pada 18 Agustus 2023, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/559807/ayo-mengenal-rangka-manusia

Artikel berjudul "Mengenal 2 Jenis Rangka Manusia, Aksial dan Apendikular" diakses pada 18 Agustus 2023, dari https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230515105616-569-949608/mengenal-2-jenis-rangka-manusia-aksial-dan-apendikular


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url