Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif dan Vegetatif

Secara umum terdapat dua cara perkembangbiakan pada tumbuhan, yaitu perkembangbiakan secara generatif dan perkembangbiakan secara vegetatif. Kedua cara perkebangbiakan tersebut memiliki mekanisme yang berbeda.

perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif

Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan yang sudah penulis rangkum di bawah ini.

Perkembangbiakan Secara Generatif dan Vegetatif


A. Perkembangbiakan Secara Generatif

Perkembangbiakan generatif ini dialami oleh tumbuhan berbunga. Bunga menjadi bagian terpenting dalam proses perkembangbiakan secara genertif, karena perkembangbiakan secara generatif diawali dengan adanya peristiwa penyerbukan. Penyerbukan atau persarian ini merupakan suatu peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Peristiwa penyerbukan tersebut akan diikuti dengan proses pembuahan. Jika proses pembuahan tersebut berhasil, maka akan terbentuk  biji. Biji inilah yang nantinya akan menjadi tumbuhan baru jika ditanam atau jatuh ke tanah.

Proses perkembangbiakan secara genertaif juga dapat terjadi melalui beberapa cara, adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Konjungsi

Konjungsi adalah proses perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan yang belum jelas jenis kelaminnya. Contohnya seperti perkembangbiakan pada Spyrogyra (ganggang hijau) yang koloninya berbentuk menyerupai benang.

2. Isogami

Isogami adalah perkembangbiakan generatif melalui proses peleburan dua sel gamet yang sama besar. Contohnya seperti perkembangbiakan pada Clamydomonas (ganggang biru).

3. Anisogami

Anisogami adalah perkembangbiakan genertaif melalui proses peleburan 2 sel gamet yang besarnya tidak sama. Gamet 1 memiliki ukuran lebih kecil (mikrogamet) dan gamet 2 memiliki ukuran lebih besar (makrogamet). Contohnya seperti pada perkembangbiakan pada Ulva (ganggang yang berbentuk lembaran).

4. Penyerbukan

Penyerbukan terjadi pada tumbuhan berbunga (Antophyta) atau tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Penyerbukan atau persarian merupakan suatu peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik yang kemudian akan dikitui dengan proses pembuahan.

B. Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan makhluk hidup tanpa melalu proses bertemunya sel jantan dan sel betina, hanya melibatkan satu indukan saja. Makhluk hidup baru (keturunan) tersebut berasal dari bagian tubuh induknya. Karena proses perkembangbiakan ini hanya melibatkan satu induk, maka makhluk hidup yang dihasilkan memiliki sifat biologis yang mirip dengan induknya.

perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif

Dalam prosesnya perkembangbiakan vegetatif  terbagi menjadi 2 cara, yaitu:

1. Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah suatu cara pergiliran pada tumbuhan yang dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri tanpa adanya bantuan dari makhluk hidup lainnya

Adapun macam-macam jenis perkembangbiakan vegetatif alami, adalah sebagai berikut:
  • Umbi akar
  • Umbi batang
  • Umbi lapis
  • Akar tinggal (Rizoma)
  • Geragih (Stolon)
  • Spora
  • Tunas
  • Tunas adventif

2. Perkemabangbiakan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah suatu cara pergiliran pada tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan dari makhluk hidup lainnya.

Adapun macam-macam jenis perkembangbiakan vegetatif buatan, adalah sebagai berikut:
  • Mencangkok
  • Menempel (Okulasi)
  • Menyambung
  • Stek
  • Merunduk

Nah, demikianlah ulasan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Semoga apa yang di sampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan untuk referensi.

Referensi:

Artikel berjudul "Perkembangbiakan Tumbuhan" diakses pada 20 Juli 2020, dari https://www.erlangga.co.id/materi-belajar/sd/10581-perkembangbiakan-tumbuhan.html

Artikel berjudul "Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif Pada Tumbuhan" diakses pada 2020 Juli 2020, dari https://www.artanesia.com/2019/07/perkembangbiakan-generatif-dan-vegetatif.html

Artikel berjudul "Perkembangbiakan Tumbuhan" diakses pada 20 Juli 2020, dari https://jendralgaram.com/perkembangbiakan-pada-tumbuhan/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi