Nama-nama Planet Di Tata Surya Beserta Penjelasannya

Bumi bukanlah satu-satunya planet yang berada dalam tata surya. Setidaknya ada 8 planet dengan karakteristik yang berbeda dalam tata surya. Nama-nama planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Sebelumnya, Pluto diklasifikasikan sebagai planet sehingga terdapat 9 planet yang berada dalam tata surya. Namun, sejak tahun 2006, The International Astronomy Union (IAU) tidak lagi menyebut Pluto sebagai planet.

Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet karena Pluto belum "membersihkan" orbitnya dari objek lain. Namun, menurut IAU Pluto memenhui kriteria untuk diklasifikasikan sebagai Dwarf  Planet atau Planet Kerdil.

Pengertian Planet

Planet adalah benda langit yang mengorbit mengelilingi sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" orbitnya yang dipenuhi planetesimal.

nama-nama planet di tata surya beserta penjelasannya


Nama-nama Planet Di Tata Surya

Meskipun pengetahuan tentang planet dan tata surya sudah cukup umum, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih detail mengenai nama-nama planet yang ada di tata surya berdasarkan jarak dari Matahari. Adapun 8 nama planet yang ada di tata surya adalah sebagai berikut:

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang posisinya paling dekat dengan Matahari. Meskipun disebut paling dekat, jarak Merkurius-Matahari ternyata mencapai 57,9 juta km. Jika dibandingkan dengan planet lainnya, merkurius merupakan planet dengan ukuran terkecil, diameter Merkurius sekitar 4.870 km atau hanya sekitar 1/3 dari diameter Bumi.. Fakta lainnya menyebutkan bahwa Merkurius tidak memiliki satelit alami.

2. Venus

Venus adalah planet ke-2 terdekat dari Matahari setelah Merkurius. Planet Venus memiliki ukuran sekitar 12.104 Km atau 0,815 dari massa Bumi. Jarak antara Venus-Matahari sekitar 108,9 juta km dengan waktu revolusi 225 hari dan rotasi 243 hari.

Meskipun Venus bukanlah planet terdekat dengan Matahari, ternyata suhu di planet Venus adalah yang terpanas. Suhu di permukaan Venus mencapai 462 derajat Celcius. Hal ini terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh jumlah gas rumah kaca yang terkandung di dalam atmosfer Venus.

3. Bumi

Bumi merupakan planet yang dihuni oleh beragam makhluk hidup menjadi planet ketiga terdekat dari Matahari. Jarak antara Bumi-Matahari adalah 149,7 juta km dengan diameter 12.756 km. Fakta lain mengenai planet Bumi sepertinya sudah cukup umum diketahui, seperti satelit alami yang kita kenal dengan Bulan.

4. Mars

Mars merupakan planet keempat terdekat dari Matahari. Planet yang memiliki julukan planet merah ini berjarak 228 juta Km dari Matahari dengan diameter 6.794 km. Waktu revolusinya Mars sekitar 1,9 tahun dengan periode rotasi 24,6 jam.

Warna merah pada Mars berasal dari karat tanahnya yang kaya akan kandungan besi. Seperti Bumi,planet Mars juga memiliki satelit alami yang berukuran kecil yang bernama Deimon dan Fobos. Menariknya, satelit alami milik Mars diduga merupakan asteroid yang terjebak garvitasi planet tersebut.

5. Jupiter

Planet terdekat ke-5 dari Matahari ini merupakan planet terbesar dalam tata surya. Jarak antara Jupiter-Matahari sekitar 778,2 juta km dengan waktu revolusi selama 12 tahun dan periode rotasi 9,8 jam dengan diameter sekitar 142.860 km atau 10 kali diameter Bumi.

Planet Jupiter diketahui memiliki satelit sebanyak 63, empat satelit yang terbesar bernama Ganimede, Kalisto, Io dan Europa. Bahkan satelit yang bernama Ganimede menjadi satelit terbesar di tata surya kita.

6. Saturnus

Saturnus menjadi satu-satunya planet yang paling mudah dikenali, hal tersebut dikarenakan planet terdekat ke-6 dari Matahari ini merupakan satu-satunya planet yang memiliki cincin. Jarak antara Saturnus-Matahari sekitar 1.430 juta km dengan masa revolusi sekitar 29,5 tahun dan rotasi selama 10,7 jam. Planet Saturnus memiliki diameter yang cukup besar, yakni sekitar 120.000 km.

Sampai saat ini Saturnus diketahui memiliki 60 satelit, dan 3 diantaranya belum dipastikan. Salah satu satelit Saturnus bernama Titan memiliki ukuran yang lebih besar dari planet Merkurius.

7. Uranus

Uranus merupakan palnet ke-7 dari Matahari. Jarak antara Uranus-Matahari sekitar 2.880 juta km  dengan waktu revolusi 84 tahun. Uranus memiliki satelit sebanyak 27 satelit yang telah diketahui, 4 terbesar diantaranya adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda.

8. Neptunus

Neptunus menjadi planet ke-8 dari Matahari sekaligus menjadi planet terjauh dari Matahari. Neptunus memiliki ukuran diameter yang hampir sama dengan Uranus yakni sekitar 50.135 km. Jarak antara Neptunus-Matahari sekitar 4.497 juta km dengan masa revolusi 165 tahun, untuk masa rotasinya selama 16 jam. Karena jaraknya yang paling jauh dari Matahari menjadikan Neptunus sebagai tempat terdingin di tata surya kita. Suhu terdingin di Neptunus diketahui mencapai -218 derajat Celcius.

Saat ini Neptunus diketahui memiliki satelit sebanyak 13 satelit. Planet terjauh dari Matahari ini juga di dampingi beberapa planet minor pada orbitnya yang disebut sebagai Tojan Neptunus.

Nah, itulah penjelasan menganai nama-nama planet di tata surya kita dengan urutan dari yang terdekat dari Matahri sampai yang terjauh. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Mengapa Pluto Tidak Lagi Disebut sebagai Planet?" diakses pada 28 Juli 2022, dari https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/23/123000223/mengapa-pluto-tidak-lagi-disebut-sebagai-planet-?page=all

Artikel berjudul "8 Nama Planet di Tata Surya, Urut dari yang Terdekat dengan Matahari Sampai Terjauh" diakses pada 28 Juli 2022, dari https://lifestyle.kontan.co.id/news/8-nama-planet-di-tata-surya-urut-dari-yang-terdekat-dengan-matahari-sampai-terjauh

Artikel berjudul "8 Nama-nama Planet di Tata Surya beserta Penjelasannya" diakses pada 28 Juli 2022, dari https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/619e0cd6e58e3/8-nama-nama-planet-di-tata-surya-beserta-penjelasannya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url