Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Saringan Air Sederhana dari Botol Bekas

Air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Air yang kita ambil dari sumber mata air terkadang masih terdapat adanya kotoran sehingga membuat air tampak keruh dan tidak bisa langsung dimanfaatkan. Ada berbagai macam cara yang bisa digunkanan untuk mendapatkan air bersih, dan cara yang paling mudah adalah membuat saringan air, bagi kita yang paling tepat adalah membuat saringan atau penyaring air sederhana.

Salah satu cara untuk mendapatkan air bersih adalah dengan menggunakan saringan air. Cara yang satu ini sudah dilakukan oleh banyak, sehingga sudah terbukti. Sahabat tidak perlu khawatir, karena semua bahan-bahan yang digunakan untuk membuat saringa air ini menggunakan bahan-bahan alami, sehingga tidak berbahaya.

cara membuat saringan air sederhana dari botol bekas
 

Cara membuat saringan air sederhana

Berikut ini cara dan bahan untuk membuat saringan air sederhana.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Botol plastik ukuran 1,5 liter
  • Gelas minum berukuran tinggi
  • Kerikil
  • Sabut kelapa
  • Ijuk
  • Arang
  • Spon
  • Air
  • Gunting atau pisau

Cara membuat saringan air sederhana dari botol bekas

  1. Untuk memastikan bahan-bahan yang kita gunakan bersihm cuci bersih bersih alat dan bahan yang akan kita gunakan, kemudian keringkan.
  2. Ambil botol plastik bekas ukuran 1,5 liter atau 1.500 ml. Potong pada bagain dasarnya dengan menggunakan gunting atau pisau cutter.
  3. Buka tutup botol, lalu tempatkan botol tadi di atas gelas secara terbalik.
  4. Susunlah bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan urutan, yaitu pada posisi paling bawah adalah spons, ijuk, arang, sabut kelapa, dan yang paling atas batu kerikil. 
  5. Letakan gelas dibawah botol untuk menampung air hasil dari proses penyaringan.
  6. Tuangkan air kotor tersebut secara perlahan pada alat penyaringan hingga air yang tertampung pada gelas berubah menjadi lebih jerinh.
  7. Apabila hasil saringan masih kurang bersih, ulangi proses penyaringan sekali lagi supaya air yang di dapatkan benar-benar bersih.
  8. Perlu diperhatikan, bahwa proses penyaringan sederhana tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan kandungan garam yang larut di dalam air tersebut.

cara membuat saringan air sederhana dari botol bekas
 

Nah, itulah cara mudah membuat saringan air sederhana dari botol bekas. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi