Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tata Krama Yang Harus Diajarkan pada Anak

Anak-anak akan selalu menjadi anak-anak, dan tidak ada salahnya ketika kita membiarkan mereka menjadi anak-anak pada umumnya. Di balik sikap lucu dan lugunya, sopan santun dan tata krama juga sangat penting untuk mereka pelajari. Keterampilan sosial ini akan membuat mereka menjadi pribadi yang baik dalam menjalani kehidupannya.

Pengertian Tata Krama

Tata Krama terdiri dari dua kata yaitu Tata dan Krama, dimana Tata memiliki arti Adat atau norma, dan Krama memiliki arti sopan santun atau aturan dari sebuah tindakan. Jadi tata krama dapat diartikan sebagai norma atau tindakan dari sebuah kebiasaan yang mengatur sikap sopan dan santun dan disepakati oleh lingkungan. Sistem pengaturan dalam pergaulan dalam masyarakatharus memiliki sikap saling menghormati dan dikenal dengan istilah sopan santun. Selain menjadi aturan, tata krama juga dapat membantu  seseorang untuk menghilangkan kebiasaan buruknya.

13 tata krama yang harus diajarkan kepada anak


Macam-macam Tata Krama

Berikut ini 13 macam tata krama yang dapat kita kenalkan dan kita ajarkan kepada anak, diantaranya adalah :

1. Tata krama berbicara

Banyak yang beranggapan bahwa seseorang dinilai berpendidikan atau tidak dapat dilihat dari tata krama berbicaranya. Bukan berarti orang yang sering berbasa-basi menjadi orang yang berpendidikan, namun mereka yang dapat menyesuaikan cara berbicaranya di tempat yang tepat serta kondisi yang tepat bisa menjadi tata krama berbicara yang benar. Sulit memang, namun jika Anda memiliki kebiasaan buruk sebaiknya cepat diubah agar tidak berkelanjutan.

2. Tata krama makan

Selanjutnya tata krama makan, mungkin Anda pernah menjumpai seseorang ketika makan semabarangan, bersendawa, kentut atau melakukan hal lainnya yang dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman bahkan merasa tidak nafsu makan. Dengan adanya tata krama ini bertujuan untuk membuat semua orang yang makan merasa nyaman sehingga dapat menikmati makanan yang sudah disediakan.

Setiap budaya memiliki perbedaan mengenai tata krama makan, ada yang harus bersuara ada juga yang tidak boleh bersura ketika makan. Semua memiliki makna, namun khususnya di Indonesia yang tidak bersuara dan tenang ketika makan dianggar sebagai kesopanan yang paling baik.

3. Tata krama bertamu

Ketika kita sedang bermain atau bertamu ke rumah orang lain, tentu kita harus mengutamakan kesopanan. Sebagai seseorang yang sedang bermain atau bertamu kita harus menunjukan rasa terima kasih kepada pemilik rumah karena telah disambut dan diperlakukannya dengan baik. Tamu memang raja, namun kita juga sadar bahwasannya tamu memang merepotkan bagi sang pemilik rumah.

4. Tata krama penampilan

Apa yang dimaksud dengan tata krama penampilan?. Tata krama penampilan cara berpenampilan yang sesuai dengan kebutuhan serta sesuai dengan tempat dan acara yang kita datangi. Misalnya Anda tidak mungkin mengenakan gaun disaat datang menghadiri acara formal kenegaraan dan sejenisnya. Tata krama penampilan ini menunjukan kesiapan dan kesesuaian kita dalam berpenampilan saat menghadiri sebuah cara. Tata krama penampilan bererti menjaga penampilan agar tetap bagus untuk dilihat dan sesuai dengan tempat dan kondisi.

5. Tata krama pergaulan

Bergaul atau bersosialisai merupakan salah satu cara manusia untuk dapat lebih dekat dengan teman dan orang sekitarnya, namun faktanya seringkali ketika Anda bergaul seringkali muncul sebuah masalah bisa karena kurangnya rasa saling menghargai satu sama lain. Adanya tata krama pergaulan akan membantu untuk menghilangkan sifat egois dalam diri seseorang ketika bergaul.

6. Tata krama pada yang berbeda usia

Tata krama pada berbeda usia mungkin sering diartikan sebagai senioritas. Padahal bukan senioritas, menghargai dan menghormati kepada orang yang lebih tua ataupun yang lebih muda sangatlah penting untuk kita lakukan. Dimana usia muda menghormati orang yang lebih tua, begitu juga yang lebih tua juga menghargai yang lebih muda, dan itulah yang disebut tata krama dengan orang yang berbeda usia.

7. Tata krama bekerja

Saat Anda bekerja maka Anda akan bertemu dengan orang banyak yang memiliki sifat yang berbeda-beda, biasanya ada yang bisa cocok dengan Anda atau justru kontra dengan Anda. Namun apapun sifat dari mereka tentu Anda harus bersikap baik dan menerapkan tata krama di tempat Anda bekerja.

8. Tata krama siswa 

Sebagai seorang pelajar tentunya tidak bisa semabarangan dalam bersikap, dimana sekolah sudah dianggap sebagai tempat yang memiliki manfaat untuk memberikan pelajaran tata krama yang tepat bagi pada siswa. Jangan sampai, sekolah tidak mengajarkan etika dan moral yang seharusnya sehingga menyebadbkan siswa menjadi pribadi yang tidak taat pada peraturan dan tidak memiliki sopan santun yang seharusnya mereka lakukan.

9. Tata krama pendidik

Tata krama pendidik sangatlah penting, karena pendidik dianggap sebagai sosok yang sering kali dijadikan contoh oleh banyak orang. Seorang pendidik harus tahu bagaimana cara bersikap baik dan benar sehingga dapat menjadi contoh bagi orang lain.

10. Tata krama bersolek

Bersolek pun harus mengikuti tata krama, karena Anda tidak bisa sembarangan berdandan atau bersolek dengan bebas. Maksudnya adalah Anda tidak dapat dengan bebas bersolek karen ada aturan yang tidak memperbolehkan Anda untuk bersolek karena dianggap kurang sopan dan dapat menyinggung perasaan orang lain.

11. Tata krama meminta bantuan

Masih banyak orang ketika meminta tolong namun tidak memberikan kata terimakasih atau tolong. Padahal kedua hal tersebut merupakan tata krama mendasar dalam hal meminta bantuan kepada orang lain, karena dari hal tersebut orang yang Anda mintai tolong akan merasa dihargai dan dibutuhkan.

12. Tata krama bicara di depan umum

Masih banyak orang yang merasa gugup saat berbicara di depan orang lain sehingga melakukan sebuah kesalahan, hal ini masih dapat ditoleransi karena setiap manusia bisa melakukan kesalahan. Namun, bagaimana mengenai tata krama bicara di depan umum, tentu dengan tidak berbicara yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Kemudian jangan lupa untuk menjaga cara serta kata yang Anda bicarakan saat berada didepan umum.

13. Tata krama lainnya

Tata krama lainnya yang dapat Anda terapkan dikehidupan sehari-hari seperti halnya tata krama menelepon, memohon izin dan hal lainnya yang tidak kita sadari membutuhkan tatakrama dan sopan santun.

Manfaat Tata Krama

Adapun manfaat dari tata krama atau etika yaitu:

  1. Membuat seseorang mengambil keputusan dengan bijak.
  2. Memberikan pengenalan bagaimana menjalani hidup yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Membuat Anda disegani dan dihormati oleh orang lain.
  4. Memudahkan Anda untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.
  5. Memberikan rasa percaya diri dalam setipa situasi.
  6. Menjadikan Anda pribadi yang baik sehingga dapat memelihara suasana yang baik dalam berbagai lingkungan.

Kesimpulan

Menurut pemaparan di atas dapat kita simpulkan bahwa tata krama adalah sebuah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia.

Demikian penjelasan singkat mengenai macam-macam tata krama yang perlu Anda ajarkan pada anak sejak mereka kecil.

Referensi:

Artikel berjudul "Tata Krama Dasar Ini Perlu Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini" dikses pada 30 Agustus 2020, dari https://islamindonesia.id/islam-menjawab/tata-krama-dasar-ini-perlu-diajarkan-kepada-anak-sejak-dini.htm

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi