Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Secara Online

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan data yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setiap siswa sekolah akan langsung mendapatkan NISN tersebut, karena NISN diberikan disaat siswa memasuki jenjang sekolah dasar (SD).

cara mudah cek nisn siswa sd, smp, sma/smk


Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

NISN adalah kode unik yang menjadi pengenal identitas siswa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya yang ada di sekolah seluruh Indonesia.

NISN terdiri dari 10 digit angka, 3 angka di awal yaitu tanggal lahir, misalnya kamu lahir pada tahun 2000 maka 3 angka awal di NISN milik kamu adalah 000. Kemudian 7 digit angka terakhir adalah angka unik yang diberikan oleh pemerintah secara otomatis dengan menggunakan mesin komputer yang ada di layanan pusat NISN.

Lalu bagaimana cara mengecek NISN milikmu? Berikut ini cara mudah mengecek NISN.

Cara Cek NISN Secara Online

Sekarang ini kamu dapat mengeceknya dengan mudah, caranya dengan mengunjungi situs yang sudah disediakan oleh pemerintah. Situs tersebut menyediakan dua cara, yaitu berdasarkan NISN dan berdasarkan nama.

Cara Cek Berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

cara mudah cek nisn siswa


Jika kamu ingin melakukan pencarian atau pengecekan data siswa dengan menggunakan NISN, caranya cukup mudah, berikut ini caranya:

  1. Kunjungi https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Masukkan NISN kamu
  3. Selanjutnya masukkan Nama Ibu Kandung kamu
  4. Setelah itu kamu di haruskan untuk mengisi Kode Captcha dengan benar, perhatikan besar dan kecilnya huruf yang ada pada bagian kotak diatasnya
  5. Jika semua sudah terisi dengan benar maka kamu dapat mengklik tombol Cari Data untuk menuju halaman selanjutnya. Halaman tersebut akan menampilkan data siswa mulai dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan juga keterangan Status Aktif.

Cek NISN Berdasarkan Nama siswa

cara cek nisn siswa


Cara yang kedua ini berguna jika kamu lupa berapa angka dari NISN kamu, berikut ini cara mengecek NISN berdasarkan nama siswa:

  1. Kunjungi https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
  2. Selanjutnya masukkan Nama Lengkap
  3. Selanjutnya masukkan Tempat Lahir
  4. Selanjutnya masukkan Tanggal Lahir
  5. Selanjutnya masukkan Nama Ibu Kandung
  6. Setelah itu kamu di haruskan untuk mengisi Kode Captcha dengan benar, perhatikan besar dan kecilnya huruf yang ada pada bagian kotak diatasnya
  7. Jika semua sudah terisi dengan benar maka kamu dapat mengklik tombol Cari Data untuk menuju halaman selanjutnya. Halaman tersebut akan menampilkan data siswa mulai dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan juga keterangan Status Aktif.

Demikianlah mengenai cara cek NISN siswa sd, smp, sma/smk. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari NISN milik kamu, dengan cara di atas kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi