Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ciplukan, Si Buah Liar yang Kaya Manfaat

Sering tidak kita sadari buah ciplukan ada di sekitar kebun atau halaman rumah, atau bahkan berada di sela-slea tanaman liar. Sekarang ini buah ciplukan semakin naik daun, bahkan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dipasaran berkat begitu banyaknya manfaat yang terkandung pada buah ciplukan bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari buah ciplukan?

mengenal manfaat dan kandungan gizi buah ciplukan


Apa itu Buah Ciplukan?

Ciplukan adalah buah yang mempunyai nama latin Physialis Peruviana. Buah ini adalah sejenis tanaman liar yang juga sering disebut dengan morel berry, golden berry, dan goose cape berry. 

Selain karena manfaat dan kandungannya, buah ciplukan juga populer karena rasa, aroma dan juga warna dagingnya. Buah ini memiliki bentuk yang cukup unik karena jika tampilannya terlihat seperti kuntum bunga, namun apabila dikupas maka didalamnya terdapat daging buah dan juga biji berwarna kuning terang.

Buah ciplukan memiliki ukuran diameter 1,25 sampai 2 cm. Ketika mentah warna buahnya berwarna hijau namun ketika sudah tua atau matang, daging buah ciplukan ini akan berubah menjadi lebih halus, mengkilap, serta warnanya berubah menjadi kuning keemasan hingga jingga dengan banyak biji-biji kecil di dalamnya.

mengenal manfaat dan kandungan gizi buah ciplukan


Buah ciplukan memiliki rasa yang manis dengan tekstur daging yang agar lunak. Umumnya buah ciplukan banyak dijadikan sebagai buah camilan, hiasan kue, dan juga dijadikan selai.

Kandungan Gizi Buah Ciplukan

Dalam satu posri sajian buah ciplukan (setara 140 gram) mengandung:

  • 74 kalori
  • 15,7 gram karbohidrat
  • 6 gram serat
  • 2,7 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 21% vitamin C harian
  • 14% kebutuhan tiamin harian
  • 5% riboflavin
  • 28% niasin
  • 7% vitamin A harian
  • 8% zat besi dan fosfor

Manfaat buah ciplukan

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada buah ciplukan:

1. Tinggi vitamin K

Buah ciplukan memiliki kandungan Vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K ini berfungsia dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, dan juag menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Selain itu, dengan kandungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga mampu menurunkan risiko dari penyakit jantung koroner (PJK).

2. Kaya antioksidan

Buah cipluka juag memiliki kandungan antioksidan, antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel yang terjadi pada tubuh akibat efek dari paparan radikal bebas. Salah satu contoh paling umum yang diakibatkan oleh radikal bebas adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa antikanker meungkin menjadi salah satu manfaat yang dapat didapatkan dari buah ciplukan. Buah berwarna kuning ini diyakini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinnggi, salah satunya fenolik, yang merupakan salah satu zat yang dapat melawan perkemabngan sel kanker payudara dan juga kanker usu besar.

Buah ciplukan yang sudah matang memiliki kandunangn kadar antioksidan paling tinggi daripada buah ciplukan yang masih mentah. Penelitian yang dilakukan oleh University of Bonn di Jerman menemukan bahwa kulit buah ciplukan mengandung jumlah antioksidan hampir 3 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya 

3. Melawan peradangan

Senyawa yang bernama withanolides yang ada pada buah golden berry, dilaporkan dapat membantu dalam melawan efek peradangan yang dapat mengakibatkan penyakit radang usus. Senyawa yang sama juga dilaporkan berpotensi dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Meski begitu, manfaat dari golden berry ini masih dalam penelitian. Harapannya dengan semakin majunya teknologi kesehatan bisa dijadikan yang valid dikemudian hari

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa bauh ciplukan berpotensi membantu untuk menguatkan sistema kekebalan tubuh, berkat kandungan berbagai polifenol yang dimiliki buah golden berry ini. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bekerja dalam menghalangi pelepasan penanda sistem kekbalan tubuh tertentu ketika terjadi peradangan.

Selain itu, buah ciplukan juga memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 140 gram buah ciplukan mengandung 15,4 mg vitamin C, sehingga telah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

5. Meningkatkan fungsi penglihatan mata

Buah yang memiliki warana jingga ini mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang dapat menghindarkan Anda dari bahaya degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan yang terjadi pada orang berusia lanjut.

Selain itu, zat karotenoid lutein juga dapat mencegah risiko terkana penyakit mata yang diakibatkan oleh komplikasi diabetes.

Efek samping buah ciplukan

Bauh ciplukan kemungkinan beracun jika dikonsumsi ketika masih mentah. Agar aman dikonsumsi, makanlah buah golden berry ini ketika sudah matang dan berwarna kuning keemasan. Jangan memakan buah yang masih mentah dan berwarna hijau.

Buah ciplukan mentah umumnya memiliki kandungan solanin, racun yang secara alami dapat ditemukan dalam sayuran seperti kentang dan juga tomat. Solanin ini dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan termasuk keram dan juga diare. Efek dari solanin ini juga dapat berakibat fatal pada kasus teretntu, meski termasuk jarang terjadi.

Perlu diingat, mengkonsumsi buah ciplukan secara berlebihan bisa berbahaya. Dalam sebuah penelitian menggunakan jus buah ciplukan dosis tinggi, terlihat kerusakan jantung pada tikus jantan. Untuk lebih jelasnya mengenai efek samping buah ini, bisa dikonsultasikan pada dokter.

Referensi:

Artikel berjudul "Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Beserta Efek Samping" diakses pada 06 Oktober 2020, dari https://www.honestdocs.id/manfaat-daun-dan-buah-ciplukan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url