Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Makan dengan Menggunakan Tangan Bagi Kesehatan

Dibeberapa negara seperti Indonesia, India, ataupun Arab Saudi sebagian besar masyarakatnya masih makan dengan menggunakan tangan telanjang, meskipun sudah ada alat makan seperti sendok dan garpu. Menurut mereka, makan dengan tangan lebih terasa nikmat dibandingkan makan dengan sendok atau garpu.

6 manfaat makan dengan menggunakan tangan


Makan dengan tangan secara langsung akan menambah kenikmatan ketika makan, karena dapat menambah koneksi taktil antara makanan dengan tubuh, pikiran, dan jiwa sehingga dapat menambah kenikmatan  makanan.

Selain itu juga, makan dengan menggunakan tangan dapat mencairkan suasan bersantap karena lebih merakyat. Meskipun beberapa orang menganggap makan dengan tangan tidak higienis dan merupakan hal yang jorok. Meskipun ada yang menganggap makan dengan tangan tidak higienis dan jorok, pada kenyataannya makan dengan tangan dapat memberi kesan santai dan kenikmatan tersendiri. Disamping itu, makan dengan menggunakan tangan juga merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Makan Menggunakan Tangan

Berikut adalah beberapa manfaat makan dengan tangan secara langsung (tanpa sendok dan garpu) :

1. Membuat Aktivitas Makan sebagai Proses Sensorik

Makan adalah aktivitas indera yang dapat meningkatkan emosi dan gairah. Ditinjau dari sudut pandang meditasi, setiap jari tangan merupakan perwakilan dari ke 5 elemen. Secara detailnya:

  • Ibu jari berhubungan dengan ruang kosong.
  • Jari telunjuk berhubungan dengan udara.
  • Jari tengah berhubungan dengan api.
  • Jari manis berhubungan dengan air.
  • Jari kelingking berhubungan dengan bumi.

Bila kita menikmati makan dengan menggunakan tangan, maka keseluruhan proses makan akan merangsang kelima elemen tersebut sehingga memberi energi pada makanan yang akan dimakan. Hal ini penting demi menjaga keseimbangan semua element dan tubuh tetap sehat. Selain itu, indra peraba, penciuman, penglihatan, pendengaran dan perasa akan menjadi lebih aktif. Stimulus kelima indra tersebut dapat membuat kita menjadi lebih sadar akan rasa, tektur dan juga aroma makanan.

2.  Sebagai Sensor Alami

Secara logika jika mengkonsumsi makanan dengan menggunakan tangan maka kamu dapat menganalisis makanan tersebut panas atau tidak. Hal ini akan melindungi mulut dari risiko mengunyah makanan yang panas.

Ketika makan maka ujung sraf akan mengirim sinyal ke otak tentang kondisi makanan yang akan kita makan. Hal ini akan memicu pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu kita mencicipi makan lebih baik.

3. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Ditelapak tangan dan jari-jari kita terdapat bakteri "baik" dan juga "buruk". Bakteri yang baik akan melindungi kita dari serangan virus-virus berbahaya dan menjaga kesehatan mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencaernaan. Namun sayangnya, jika kita makan dengan menggunakan sendok dan garpu, bakteri baik yang ada pada tangan dan jari tidak akan sampai ke usus.

Saat kita makan dengan menggunakan tangan, maka bakteri dari jari-jari akan berpindah ke mulut dan ditelan sehingga akan tersebar ke bagian tubuh yang berbeda. Proses ini dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan di usus sehingga dapat mencegah penumpukan bakteri berbahya di usus.

Tidak hanya itu, saat kita menyentuh makanan dengan menggunakan tangan, sebuah sinyal akan dikirimkan ke otak untuk melepaskan cairan pencernaan dan juga enzim. Tergantung dari jenis makanan, otak akan mengatur agar metabolisme bekerja dengan baik, sehingga pencernaan kana menjadi lebih baik. Sistem pencernaan yang sehat sangat penting karena untuk tubuh dan juga pikiran.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan dengan menggunakan tangan akan membuat sirulasi darah menjadi lancar, karena makan dengan tangan membuat semua indra menjadi lebih aktip. Ketika sirkulasi darah menjadi lancar ketika makan maka hal ini berdampak pada kesehatan jantung.

Ini menjadi salah satu alasan kenapa makan dengan tangan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan memiliki jantung akan dapat menunjang kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Mencegah penyakit diabetes

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 cenderung manjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan seperti sendok, garpu dan lainnya. Maka dengan bantuan peralatan makan berkolerasi membuat makan menjadi lebih cepat, sehingga dapat memicu ketidak seimbangan gula darah dalam tubuh.

Kondisi seperti ini akan meningkatkan risiko terhadap perkembangan diabetes tipe 2. Dengan makan menggunakan tangan akan membuat makan menjadi lebih santai sehingga dapat mengurangi dampak ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.

6. Lebih Higienis

Meskipun ada beberpa orang yang menganggap makan dengan tangan adalah kebiasaan yang jorok dan tidak higienis, pada kenyataanya malah sebaliknya. orang yang terbiasa makan dengan menggunakan tangan akan senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Dengan mudah kita dapat mengetahui kualitas kehigienisan tangan kita dibandingkan dengan peralatan makan seperti Sendok dan juga garpu yang kita pakai saat makan. Kita juga tidak tahu bagaimana perlatan makan tersebut dicuci.

Selain itu, kita akan lebih memperhatikan kebersihan tangan dengan mencucinya beberapa kali dalam sehari. Dengan menjaga kebersihan tangan akan dapat membasmi bakteri-bakteri jahat yang ada ditangan. Tapi, lain halnya dengan sendok, garpu, dan perlatan lainnya, yang seringkali dicuci dengan cepat dan tidak selalu dibersihkan dengan lebih seksama.

Tips Tambahan

Berikut ini bebrapa tips tambahan supaya manfaat makan dengan tangan akan lebih dirasakan, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah makan, pastikan untuk mecuci tangan dengan menggunakan sabun.
  • Potong makanan yang ukurannya besar sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mempermudah dalam mengambilnya dengan tangan.
  • Saat makan dengan tangan, hindari duduk membungkuk. Usahakan posisi duduk tegak, dan jangan sampai siku berada diatas meja.
  • Saat makan dengan tangan, ambilah porsi secukupnya untuk menghindari kelebihan makanan.

Demikianlah manfaat makan menggunakan tangan yang tidak banyak diketahui. Semoga dengan mengetahui manfaat makan dengan tangan sahabat dapat menerapkan makan dengan tangan dalam kehidupan sehari-hari dan mulai dapat merasakan manfaat dari makan dengan tangan sehingga hidup menjadi lebih sehat.

Referensi:

Artikel berjudul "6 Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok" diakses pada 05 Oktober 2020, dari https://www.honestdocs.id/6-manfaat-makan-pakai-tangan-tanpa-sendok

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi