Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Anak-anak usia dini terkadang sedikit sulit ketika disuruh untuk belajar. Hal ini terjadi karena mereka belum mengerti manfaat dari belajar itu sendiri. Jika anak di paksa untuk belajar setiap hari, maka tidak menutup kemungkinan anak akan merasa stress dan tumbuh kembangnya akan terganggu, karena terus menerus di paksa untuk belajar.

Apapbila kesulitan tersebut terjadi pada usia anak-anak yang seharusnya sudah mengerti manfaat belajar, disinilah orang tua berperan. Para orang tua harus memiliki berbagai macam cara untuk bisa meningkatkan semangat anak untuk belajar.

5 cara memotivasi anak agar rajin belajar


Anak-anak yang sulit untuk belajar bisa berubah apabila para orang tua dapat memberikan penjelasan serta motivasi yang benar. Lalu, bagaimana caranya?

5 Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Berikut ini beberapa cara memotivasi anak supaya rajin belajar.

1. Beri dukungan 

Memberi dukungan atau motivasi untuk anak ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pola fikir anak. Maka dari itu, berilah anak dukungan ketika melakukan sesuatu. 

2. Jelaskan manfaat belajar 

Selain memberikan dukungan hal yang paling mendasar dalam memotivasi anak agar rajin belajar adalah memberikan penjelasan mengenai manfaat dari belajar. Lakukanlah hal tersebut dengan lemah lembut dan penuh kasing sayang.

Hindari memberikan penjelasan dengan cara membentak, karena hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi si anak, yang pada akhirnya membuat minat belajarnya hilang.

3. Berikan waktu anak untuk melakukan hobi 

Belajar memang penting, tapi melakuakn hal-hal yang disukai tidak kalah pentingnya, karena seringkali kegiatan-kegiatan seperti sekolah, les, dan mengerjakan PR memberikan tekanan pada diri anak.

Salah satu cara memotivasi anak adalah dengan memberikan waktu luang untuk mereka melakukan hal-hal yang disukinyaa, karena hal tersebut dapat menyeimbangkan dan mengurangi tekanan pada anak. Sehingga dapat meningkatkan kefektifan dalam belajar.

4. Beri pujian 

Selain memberikan motivasi ternyata memberikan pujian atau hadiah kepada anak atas kerja keras yang telah mereka lakukan dapat meningkatkan kefektifan dalam proses belajar.

Namun, jangan terlalu sering memberikan hadiah tanpa ada usaha untuk selalu rajin belajar. Hal tersebut akan menyebabkan anak menjadi manja dan gampang merengek ketika menginginkan sesuatu.

5. Jangan fokus ke nilai 

Setiap anak memiliki kemampuan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, para orang tua jangan langsung memarahi anak ketika anak mendapatkan nilai jelek.

Mungkin saja mereka mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tersebut. Karena kemampaun dan kecerdasan anak itu berbeda-beda, terkadang anak yang mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran matematika tapi mereka mendapatkan nilai yang bagus dalam palajran ilmu sosial.

Nah, itulah 5 cara memotivasi anak agar rajin belajar. Sebagai orang tua Anda perlu memiliki cara khusus dalam mendidik anak agar tidak malas dalam belajar.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi