Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu IQ, EQ, SQ, dan TQ?

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang lainnya. Dalam perkembangannya, setiap orang kerap diukur level kecerdasannya untuk keperluan berbagai macam kebutuhan. Setidaknya ada 4 metode yang telah ditemukan untuk mengukur level kecerdasan seseorang, yakni IQ, EQ, SQ, dan TQ.

apa itu iq, eq, sq, dan tq?


Apakah kamu sudah tmengeahui apa itu IQ, EQ, SQ, dan TQ? Mari kita simak bersama pejelasan mengenai IQ, EQ, SQ, dan TQ.

IQ, EQ, SQ, dan TQ

Berikut penjelasan dan pengertian singkat mengenai IQ, EQ, SQ, dan TQ.

Apa Itu IQ?

IQ (Intellegence Qoutient), dalam Bahasa Indonesia artinya adalah kecerdasan intelektual, merupakan kecerdasan kognitip atau aktivitas berpikir. IQ sendiri berkaitan erat dengan beberapa kemampuan, seperti kemampuan menginat, memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan mengatasi masalah. IQ juga berkaitan erat dengan berpikir secara rasional yang sering diajarkan dan dirangsang di sekolah.

Misalnya saja, ketika kita sedang belajar matematika, kita dilatih untuk dapat memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah dari soal matematika tersebut.

Apa Itu EQ?

EQ (Emotional Qoutient), merupakan kecerdasan emosional yang berkaitan atau berhubungan erat dengan kemampuan seseorang dalam mengontrol perasaan, mengenali perasaan orang lain,adapatasi, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan juga komitmenn.

Seseorang yang memiliki  EQ yang baik dapat dengan mudah memahami perasaan orang lain, dapat membaca dan menangkap bahasa verbal ataupun non verbal. Semua pemahaman tersebut akan membantu orang yang ber-EQ baik untuk dapat bersikap sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan linkungannya. Seseorang yang EQ-nya baik maka kehidupan sosialnya juga akan baik, karena orang tersebut dapat merespon sebuah keadaan dengan tepat.

Apa Itu SQ?

SQ (Spiritual Qoutient), atau kecerdasan jiwa, merupakan kecerdasan yang berkaitan erat dengan keyakinan terhadap Tuhan yang maha esa. Kecerdasan jiwa akan muncul apabila kita benar-benar yakin atas segala ciptaan dan segala kuasa-Nya (bukan Atheis). Sehingga orang yang SQ nya baik maka akan memiliki sikap jujur, adil, menghargai, kasih sayang, toleransi, empati, rendah hati, sikap ramah, dan sebagainya.

SQ menjadi sumber yang dapat memberikan arahan dan bimbingan terhadap kecerdasan lainnya, seperti IQ dan EQ.

Apa Itu TQ?

TQ (Trancendental Quotient), atau bisa juga disebut dengan kecerdasan ruhaniyah/ilahiyah, yakni pengembangan dari kecerdasan SQ. Kecerdasan transendental berkaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam memaknai hidup dan kehidupannya dalam perspektif agama.

Seseorang dengan Kecerdasan transendental yang baik akan selalu berpikiran positif dan visioner.

Nah, itulah penjelasan mengenai IQ, EQ, SQ, dan TQ. Terim kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Apa Itu IQ, EQ, SQ, dan TQ?"