Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Memiliki rambut sehat mejadi sebuah dambaan bagi semua kaum wanita, termasuk wanita mulimah berhijab. Hijab sendiri telah memberikan perlindungan pada rambut karena rambut tertutup sehingga menghindarkan rambut dari paparan sinar matahari langsung, polusi, serta bahan kimia yang digunakan untuk menata rambut agar lebih rapih.

Namun, rambut yang sudah tertutup dengan hijab akan mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan benar. Perbedaan kondisi rambut yang tertutup hijab dengan rambut yang tidak tertutup dengan hijab cara perawatannya juga beda. Dibutuhkan perawatan khusu bagi rambut kamu yang berhijab. Resiko rambut berminyak, mudah patah, rontok, kusam dan juga gatal akan menjadi ancaman bagi kamu yang mengabaikan kesehatan pada rambut. Tapi, Jangan khawatir, rambut kamu tetap bisa sehat dengan melakukan perawatan dan perhatian ekstra seperti dibawah ini.

7 cara merawat rambut bagi wanita berhijab


Cara Tepat Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Adapun cara untuk merawat rambut yang tepat bagi wanita berhijab adalah sebagai berikut:

1. Jangan sering mengikat rambut

Mengikat rambut menjadi suatu hal yan biasa dilakukan oleh wanita yang menggunakan hijab, karena rambut yang tergerai dapat membuat rasa gerah dan panas semakin terasa. Namun tahukah kamu dengan sering mengikat rambut dapat menyebabkan rambut rusak dan mudah rontok. 

Saat sedang berada di rumah dan sedang tidak menggunakan hijab, cobalah untuk melepas ikat rambut dan biarkan rambut kamu tergerai agar memberikan kesempatan rambut untuk bernafas. Selain memberikan waktu rambut untuk bernafas, dengan menggeraikan rambut dapat mengurangi kelembapan yang terjadi pada kulit kepala yang dapat  menyebabkan kerontolan dan memicu timbulnya ketombe. Namun, jika kamu tetap ingin mengucir rambut, usahakan mengikatnya dengan ikatan yang longgar

2. Potong rambut secara rutin

Memotong rambut secara rutian setiap 4 sampai 6 minggu sekali dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan terawat. Selain membuat rambut lebih sehat dengan rutin memotong rambut dapat mengurangi rasa gerah dan panas yang diakibatkan rambut terlalu panjang.

3. Rutin menyisir rambut

Rutin menyisir rambut merupakan langkah utama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rambut kusut dan juga rontok. Saat menyisir gunakan sisir dengan ukuran rongga sedang dan lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari. Selain dapat mencegah rambut rontok, menyisir secara rutin juga dapat membantu memperlancar peredaran daran pada kulit kepala.

Dan pastika kamu menganti arah belahan tepi dan hindari menyisir poni kearah belakang. Agar tepi rambutmu tidak menjadi tipis yang diakibatkan karena kerontokan.

4. Jangan menggunakan hijab saat rambut masih basah

Salah satu yang menjadi kebiasaan wanita berhijab adalah memakai hijab disaat rambut masih basah. Padahal disaat rambut masih basah merupakan saat-saat rentan akan kerusakan jika tidak diperlakukan dengan baik.

Apalagi jika rambut langsung diikat dalam keadaan basah dan langsung menutupinya dengan hijab, jadi double kan kesalahannya. Sangat penting memastikan rambut benar-benar telah kering sebelum menggunakan hijab.

Namun, menggunakan alat pengering rambut juga bukan pilihan yang tepat, tapi jika benar-benar harus menggunakannya aturlah pada suhu renadh atau sedang untuk meminimalisir akibat buruk yang akan terjadi pada rambut.

5. Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai

Sebaiknya untuk yang menggunakan hijab memilih sampo yang dapat menyegarkan kulit kapala serta rambut walaupun tertutup hijab selama berkativitas seharian dibawah sinar matahari. Sudah banyak sampo yang beredar dipasaran yang khusus untuk rambut yang ditutupi hijab.Rambut yang ditutupi hijab cenderung lebih lembab dan berminyak sehingga sehingga membutuhkan sampoo dengan komposisi yang ringan untuk merawatnya.

Menggunakan masker rambut menjadi salah satu cara yang dianjurkan, karena dengan menggunakan masker rambut dapat memberikan asupan vitamin pada rambut. Berikan pijatan-pijatan lebut pada rambut dan kulit kepala agar rambut tumbuh menjadi lebih sehat.

6. Pemilihan hijab yang tepat

Bagi para muslimah yang menggunakan hijab tentunya harus mengetahui kain mana yang ramah terhadap kulit dan memiliki sirkuliasi udara yang baik. Dengan pemilihan kain hijab yang tepat, meskipun rambut tertutup dengan hijab, rambut masih tetap bisa bernafas dengan baik dan terjaga kesehatannya.

7. Merawat rambut dari dalam

Perawatn dari luar tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika tidak diimbangi dengan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan rambut merupakan hal penting agar rambut tetap sehat terawat. 

Makanan yang banyak mengandung protein, asam amino dan zat besi seperti telur, bayam, salmon serta makanan lainnya sangat perlu dikonsumsi. Meminum suplemen untuk menyehatkan rambut juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Nah, itulah cara-cara yang tepat untuk merawat rambutmu, khususnya bagi para muslimah yang mengenakan hijab. Bukan karean rambut tertutup sbukan berarti kamu tidak perlu merawatnya. Terimkasih, semoga bermanfaat.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "7 Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab"