Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Namun sayangnya, mengkonsumsi bawang putih membuat napas menjadi bau. Sebagai ganti dari bawang putih, Anda bisa menggunakan bawang hitam.

manfaat bawang hitam bagi kesehatan tubuh


Bawang Hitam

Bawang hitam merupakan bawang putih tua yang diperoleh dari proses slow cooking atau aging. Dengan proses slow cooking tersebut maka akan menghasilkan bawang berwarna gelap dengan kandungan nutrisi yang lebih besar dibandingkan dengan bawang putih konvensional.

Cara membuat bawang hitam cukup mudah yaitu dengan melakukan fermentasi pada bawang putih dengan suhu sekitar 70 derajat celsius dan kelembaban antara 85 dan 90 persen. Proses Fermentasi ini tidak perlu menambahkan ragi.

Rasa pada bawang hitam ini sedikit manis, meski agak asam. Keuntungannya, Ketika dikonsumsi bawang hitam tidak memiliki bau seperti halnya pada bawang putih biasa. Meski penampilannya hitam seperti arang namun teksturnya lembut, jadi sangat cocok untuk dimasak ataupun dimakan saat perut kosong.

khasiat bawang hitam


Manfaat yang Dimiliki Bawang Hitam

Berikut ini beberapa keuntungan jika mengkonsumsi bawang hitam:

1. Memiliki efek diuretik yang kuat

Mengkonsumsi bawang hitam sangat baik untuk orang yang mempunyai retensi cairan pada tubuhnya, misalnya pada penderita sakit ginjal dan penyakit edema.

Saat yang baik untuk mengkonsumsi bawang hitam adalah ketika kondisi perut sedang kosong, hal ini dapat membantu Anda untuk mengeluarkan kelebihan cairan yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan kolagen

Bawang hitam juga baik bagi yang memiliki masalah pada kulitnya, seperti dermatitis dan jerawat. Selain itu, orang yang mempunyai gangguan pada persendian juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang hitam. Alasannya, karena bawang hitam memiliki kandungan tiosulphinate yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Mengatasi kelelahan

Bawang hitam dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para atlet ataupun orang yang ingin meningkatkan kekebalan dan saya tahan tubuhnya. Selain itu, bawang hitam juga dapat mengatasi kelelahan yang disebabkan lelah karena bekerja ataupun karena kurangnya istirahat.

4. Mengobati masalah pernapasan

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh bawang hitam bagi kesehatan yaitu untuk mengatasi dan mengobati masalah pada sistem pernapasan diantaranya asma dan gejala alergi. Bawang hitam juga dapat mengatasi demam, laringitis dan faringitis.

5. Menenangkan saraf

Bawang hitam juga dapat dijadikan sebagai sarana pengobatan alami untuk mengatasi stres, menghilangkan rasa cemas, mengobati insomnia dan mengatasi perasaan yang buruk (bad mood). Karena kandungan yang ada pada bawang hitam dapat menenangkan saraf yang tegang.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai bawang hitam dan khasiatnya. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url