Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Bermotor dengan Mudah dan Cepat

Setiap kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil terpasang plat nomor yang menjadi sebuah alat identifikasi pada kendaraan motor. Biasanya plat nomor terbuat dari potongan plat logam, kemudian dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Masing-masing plat nomor kendaraan bermotor memiliki kode yang menunjukan daerah registrasi pemiliki kendaraan tersebut.

cara cek plat nomor kendaraan bermotor dengan mudah dan cepat


Plat nomor kendaraan menjadi salah satu acuan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dengan menngecek plat nomor kita bisa mengetahui informasi dari kendaraan tersebut, mulai dari merk motor, model, warna, tahun pembuatan, sampai nama dan juga alamat dari pemilik kendaraan tersebut.

Nomor registrasi polisi ini dapat membantu kita jika sewaktu-waktu jika terjadi sesuatu yang tidak  kita inginkan. Contohnya jika ada sekelompok orang yang mendatangi rumah kita dengan mengambil barang-barang berharga milik kita, tetapi kendaraan yang mereka gunakan berhasil kita ketahui. Melalui nomor registrasi yang tertera pada plat nomor tersebut kita bisa mendapatkan petunjuk mengenai informasi yang berkaitan dengan pemilik kendaraan tersebut.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Untuk mengetahui informasi mengenai pemilik kendaraan, Anda dapat mengeceknya secara offline maupun online. Pengecekan secara offline dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor SAMSAT, sedangkan pengecekan secara online dapat dilakukan melaui web dataupun aplikasi yang sudah disediakan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara-cara mengecek informasi pemiliki kendaraan bermotor dibawah ini.

Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui Aplikasi Android

Pada aplikasi ini Anda tidak dikhusukan untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan.Secara umum aplikasi ini digunakan untuk pelayanan pajak kendaraan bermotor. Tetap aplikasi ini memiliki menu yang berfungsi untuk mengecek nomor yang ada pada plat nomor kendaraan, sehingga dapat menampilkan informasi mengenai kepemilikan kendaraan tersebut.

Silahkan cari nama aplikasi yang ada dibawah ini pada Google Play Store.

Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta (Jakarta)

SAMBARA (Jawa Barat)

SAKPOLE eSAMSAT JATENG (Jawa Tengah)

E-SMART SAMSAT JATIM (Jawa Timur)

Pajak Kendaraan Yogyakarta (Yogyakarta)

Peluit Ditlantas Polda Aceh (Aceh)

eSamsat Kepri (Riau)

Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung

E-Dempo Samsat Online Sumsel (Sumatera Selatan)

Info Pajak Kendaraan Sulut (Sulawesi Utara)

eSamsat-Sulsel (Sulawesi Selatan)

SAMSAT DELIVERY (NTB)

eSamsat Kalimantan Utara (Kalimantan Utara)

RC Polda Kalimantan Tengah (Kalimantan Tengah)

Samsat Pontianak (Pontianak)

Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui Website

Selain menggunakan aplikasi Android Anda juga bisa mengecek informasi kepemilikan nomor kendaraan secara online dengan mengunjungi website resmi SAMSAT. Dengan menggunakan cara ini bisa menjangkau lebih banyak daerah dan juga lebih lengkap. Informasi yang kita peroleh sudah cukup lengkap muali dari merk, warna, tahun pembuatan, serta identitas pemiliki kendaraan tersebut.

Jakarta (http://samsat-pkb2.jakarta.go.id)

Jawa Barat (https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/)

Jawa Tengah (http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/)

Jawa Timur (https://esamsat.jatimprov.go.id)

Aceh (http://esamsat.acehprov.go.id)

Yogyakarta (http://infonjkbdiy.com)

Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui SMS

Selain melaui aplikasi android dan juga website Anda juga bisa mengecek informasi nomor plat kendaraan melaui SMS. Hanya saja untuk mengecek melalui SMS dikenakan biaya yang berbeda-beda setiap operatornya. Berikut ini daerah yang menyediakan layanan pengecekan informasi plat kendaraan bermotor melalui layanan SMS.

Jakarta (Ketik: METRO<spasi>Nopol Kirim Ke: 1717 contoh: METRO B1234AB)

Jawa Barat (Ketik: poldajbr<spasi>Nopol Kirim Ke: 3977 contoh: poldajbr Z1234AZ)

Jawa Tengah (Ketik: JATENG<spasi>Nopol Kirim Ke: 9600 contoh: JATENG R1234AR)

Jawa Timur (Ketik: JATIM<spasi>Nopol Kirim Ke: 7070 contoh: JATIM L1234LM)

Nah itulah beberapa cara untuk mengecek informasi kendaraan bermotor melaui nomor yang tertera pada plat nomor. Untuk pengecekannya Anda bisa menggunakan layanan aplikasi Androis, Website atau bisa juga melalui format SMS. Semoga informasi mengenai cara melacak atau mengecek inforasi pemilik plat nomor kendaraan bermotor ini dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url