Manfaat dan Efek Samping Bunga Telang

Bunga telang telah lama dikenal sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman. Selain bisa digunakan sebagai pewarna alami, bunga telang juga bisa digunakan sebagai obat herbal, karena bunga telang memiliki kandungan nutrisi dan zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bunga telang atau kembang telang yang memiliki nama latin Clitoria ternatea merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Bunga yang bentuknya seperti kupu-kupu ini memiliki beberapa varian warna, seperti ungu, biru, merah muda, dan putih.

manfaat dan efek samping bunga telang


Manfaat Bunga Telang

Dalam buku yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia: Menguak Kekayaan Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5, karya Setiawan Dalimartha, seluruh bagian tanaman telang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Bunga telang memiliki kandungan nutrisi dan zat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti Saponin, Flavoid, alkaloid, ca-oksalat, dan sulfur. Akar bunga telang bersifat lanksatif sehingga bisa dijadikan obat pencahar, peluruh kencing, merangsang muntah, dan membersihkan darah.

Selain bunga dan akarnya, daun telang juga dipercaya bisa mempercepat proses pematangan bisul dan bijinya dapat dijadikan sebagai obat pencahar ringan.

manfaat dan efek samping bunga telang

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Bunga telang kaya akan nutrisi dan juga zat yang baik untuk kesehatan tubuh, sehingga bunga telang sering dijadikan bahan pembuatan obat herbal.

Adapun manfaat bunga telang untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Bunga telang mengandung zat antioksidan, seperti flavonoid dan antosianim. Zat-zat tersebut dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk juga sel-sel saraf.

Bukan hanya itu, bunga telang juga diketahui bisa meningkatkan produksi asetikolin. Asetikolin adalah zat kimia yang berperan penting dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Beberapa riset menunjukan bahwa dengan tercukupinya asupan antioksidan dalam tubuh maka bisa meningkatkan daya ingat dan konsntrasi. Zat Antioksidan yang terdapat pada bunga telang bisa mencegah terjadinya demensia atau pikun yang parah.

2. Mencegah dan meringankan reaksi alergi

Secara tradisional, di India bunga telang telah dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi batuk, gejala alergi dan juga asma.

Hal itu telah dibuktikan oleh seuatu penelitian yang menyebutkan bahwa bunga telang bisa mengurangi jumlah zat histamin, yakni zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan di saat tubuh terpapar pencetus alergi (alergen).

3. Meringankan peradangan

Bunga telang memiliki efek anti radang sehingga dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi demam dan nyeri yang diakibatkan oleh peradangan.

4. Menurunkan gula darah

Dengan adanay kandungan antioksidan yang terkandung dalam bunga telang sehingga baik untuk mencegah terjadinya proses resistensi insulin yang bisa memicu diabetes. Meski demikian, untuk dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah harus dibarengi dengan berolahraga, pola makan sehat serta membatasi makanan dan minuman yang terlalu manis.

5. Mengobati diare

Bukan hanya bunganya saja yang meiliki khasiat, daun dari tanaman telang juga memiliki kandungan manfaat yang baik utnuk kesehatan, yaitu sebagai obat diare alami.

Efek Samping Bunga Telang

Bunga telang memang memiliki banyak manfaat karena kaya akan antioksidan. Namun, mengkonsumsi bunga telang secara berlebihan juga bisa merugikan kesehatan. Jika bunga telang dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat kita merasa mual bahkan diare. Maka dari itu, ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi bunga telang.

Sampai saat ini, manfaat dari bunga telang belum diketahui dengan jelas, terutama jika digunakan sebagai obat herbal, sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan dari manfaat yang terdapat daro bunga telang.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url