Sering Dibuang, Ini 10 Manfaat Gedebog Pisang untuk Kesehatan

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gedebong atau batang pohon pisang. Meski di Indonesia sering dibuang dan jarang dimanfaatkan, ternyata gedebog pisang banyak di jaul di Amerika, bahkan di Amerika gedebog pisang di jual di supermarket dengan harga yang mahal. Di Amerika gedebog pisang dijual dengan harga 5,95 USD, atau setara dengan Rp. 85.000.

manfaat gedebog pisang untuk kesehatan


Sebelum dijual di supermarket, gedebog pisang dipotong-potong terlebih dengan ukuran kecil-kecil terlebih dahulu kemudian dikemas dengan menggunakan wrapped plastik.

Manfaat Gedebog Pisang

Lalu apa yang membuat gedebog pisang dijual mahal di Amerika?. Berikut beberapa manfaat dari gedebog pisang yang membuatnya dijual mahal.

manfaat gedebog pisang


1. Detoksifikasi sistem pencernaan

Jus gedebog pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk usus. Kandungan serat yang terdapat pada jus gedebog pisang mampu membantu proses mengeluarkan racun yang dari dalam tubuh, sehingga efektif dalam membersihkan sistem pencernaan.

2. Mengobati batu ginjal dan ISK

Campuran jus gedebog pisang dengan kapulaga memiliki manfaat untuk melemaskan kandung kemih, sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal.

Selain dicampur dengan kapulaga, jus gedebog pisang juga dapat dicampur dengan campuran jeruk nipis untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Cara ini juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan penyakit ISK (Infeksi Saluran Kemih).

3. Penurunan berat badan

Jus gedebog pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain baik untuk pencernaan, jus gedebing pisang juga dapat memperlamabat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kaori yang terdapat pada gedebog pisang tidak akan membuat berat badan naik secara drastis.

4. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah

Selain kaya akan mengandung serat, jus gedebog pisang juga kaya akan kandungan vitamin B6 dan zat besi berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Selain kaya akan kandungan vitamin B6 dan zat besi, jus gedebog pisang juga kaya akan kandungan kalium sehingga efektif dalam mengontro kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menyembuhkan asam lambung

Bagi yang memiliki masalah lambung, jus gedebong pisan dapat dijadikan ramuan herbal untuk mengobatinya. Jus gedebog pisang kaya akan kandungan serat sehingga efektif untuk mengatur kadar asam lambung dan kembali menyeimbangkannya

6. Menstabilkan gula darah

Kandungan glikemik yang rendah pada jus gedebog pisang mampu mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Itulah yang menyebabkan gedebong pisang dijadikan campuran jamu herbal untuk penyakit diabetes.

7. Menurunkan demam nifas

Seingkali seorang wanita mengalami demam pada saat nifas. Untuk menurunkan demam tersebut, kita bisa menggunakan hati pisang. Parut hati pisang dan gunakan parutannya sebagai kompres. Hal ini dikarenakan parutan hati pisang memiliki sofat menyejukan sehingga dapat digunakan kompres disaat terjadi demam.

8. Mengobati cacar air

Banyak yang mempercayai bahwa setiap manusia akan mengalami cacar air setidaknya satu kali dalam hidupnya. Faktanya, hal tersebut belum terbukti kebenarannya. Memang benar orang yang sudah pernah terkena cacar air kemungkinan besar tidak akan mengalaminya lagi.

Namun, hal tersebut tidak dapat dipastikan bahwa orang yang belum pernah mengalami cacar air pasti akan mengalaminya. Terserang atau tidaknya, itu tergantung pada kekuatan sistem kekebalan dan juga kebersihan tubuh.

Meskipun hal tersebut benar, kita tidak perlu khawatir akan terkena cacar air, karena cacar air dapat diatasi dengan menggunakan gedebog pisang.

Caranya, ambil air dari bonggol pisang kemudian campurkan dengan batang pulosari dan juga adas. Rebus campuran tersebut hingga mendidih lalu minum 2 kali sehari.

9. Mengurangi asam lambung

Saat bangung tidur di pagi hari, biasanya asam lambung akan meningkat. Untuk dapat menetralkan kembali dapat mencoba dengan mengkonsumsi jus gedebog pisang secara rutin sebelum sarapan pagi. Cara tersebut juga efektif dalam mencegah kerusakan yang terjadi pada dinding lambung yang diakibatkan asam lambung yang meningkat.

10. Mengobati infeksi

Bantang pohon pisang kaya akan kalium dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat gedebog pisang dapat mengobati infeksi. Salah satu jenis infeksi yang dapat diobati dengan menggunakan jus gedebog pisang adalah infeksi saluran kemih atau yang dikenaln dengan ISK.

Nah, itulah beberapa manfaat dari gedebog pisang. Terima kasih, semoga bermafaat.

Referensi:

DIlansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url