6 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik Tahun 2023

Pesatnya kemajuan teknologi memang sangat terasa sekali pada kehidupan kita sehari-hari. Khususnya, bagi kamu yang sehari-hari bekerja didepan komputer. Selama bekerja pastinya kamu selalu berdekatan dengan komputer kesayanagnmu. Bisa dikatakan, bahwa komputer sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kamu.

Nah, kira-kira apakah kamu sudah berusaha untuk memberikan perlindungan terbaik untuk komputer yang kamu miliki belum? Walau secara tidak langsung komputer yang setiap hari selalu menemanimu nyatanya memerlukan perlindungan.

antivirus gratis terbaik


Jadi, penting sekali bagi kamu untuk menginstal antivirus terbaik yang dapat melindungi serta membasmi virus yang kapanpun bisa menyerang komputer milikmu.

6 Antivirus Gratis Terbaik untuk Komputer

Jika kamu masih merasa bingung akan menggunakan antivirus yang mana, kamu bisa mencoba salah satu dari antivirus dibawah ini!.

1. Avast

Avast sudah terbuktidapat melindungi komputer dari serangan malware bahkan hacker sekalipun, Avast Antivirus salah satu antivirus yang bagus dan juga populer. Avast dibekali dengan teknologi dan fitur-fitur canggih yang kemungkinan tidak dimiliki oleh antivirus lainnya. Mulai dari fitur Behaviour Shield yang berfungsi mengawasi aplikasi, CyberCapture yang dapat melindungi dari ancaman virus, Smart Scan yang dapat mendeteksi ancaman keamanan, dan WiFi Inspector yang berfungsi untuk menjaga koneksi intertnet supaya tetap aman.

Semua fitur yang ada pada Avast  bersifat real-time. Jadi, kalau ada virus atau sesuatu yang mencurigakan pada komputermu, maka Avast akan langsung bereaksi untuk membersihkan semuanya. Selain itu, avast juga telah dilengkapi dengan fitur bootscan, fitur tersebut dapat melakukan proses scan pada saat komputer belum masuk kedalam sistem operasi. kamu tidak perlu khawatir lagi soal perlindungan terhadap komputer kesayanganmu. Untuk kamu yang ingin mencobanya bisa mendownloadnya langsung di website resminya.

2. AVG

Antivirus selanjutnya yang tidak kalah oke dibndingkan dengan Avast adalah AVG Antivirus. Katanya sih, beberapa orang berendapat seperti itu berdasarkan hasil uji coba yang mereka lakukan. Keunggulan AVG antivirus diabnding antivirus lainnya adalah adanya fitur  File Shredder dan perlindungan dari pencurian data, sehingga membuat data lebih aman. AVG juga tidak mewajibkan penggunannya untuk melakukan registrasi yang membutuhkan informasi pribadi.

Untuk urusan dalam membasmi virus, AVG tidak akan langsung menghapus file yang terdeteksi sebagai virus, biasanya file tersebut akan dikarantina terlebih dahulu. Setelah dikarantina, kamu bisa memastikan kembali apakah file tersebut akan dimusnahkan atau tidak. Kelebihan selanjutnya yaitu AVG Antivirus memiliki fitur linkscanner, yakni fitur scan yang aktif ketika kamu melakukan browsing di internet.

3. Avira

Pertama kali dikenalkan pada tahun 1986, Avira juga menjadi salah satu antivirus yang tidak bisa diremehkan. Avira Antivirus dapat melindungi komputermu dari serangan malware, ramsomware, spyware, dan phising.

Dengan memiliki tampilan user friendly, Avira dapat membuat kegiatan bersih-bersih virus menjadi praktisdan juga mudah. Tidak jauh seperti AVG, Avira juga tidak akan langsung menghapus file yang mencurigakan, semua harus melalui persetuajuan dari pengguna, agar nantinya tidak ada kesalahan.

4. BitDefender

Menurut beberapa orang, BitDefender memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan Avast. Soalnya antivirus asal Rumania ini memiliki fitur canggih yang dapat melindungi komputer dari berbagai macam serangan virus. Sebut saja On-Demand virus scanning yang dapat menghilangkan berbagai jebis virus (trojan, malware, dan ramsomware), anti-phising feature yang dapat melindungi semua akun onlinemu dari pencurian data, behavior detection yang bertugas mengawasi aplikasi yang digunakan, kemudian BitDefender juga memiliki fitur Anti-Fraud yang bertugas memantua situs-situs yang kamu kunjungi.

5. Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud Antivirus adalah sebuag antivirus yang menggunakan sistem cloud untuk melindungi komputer milikmi dari serangan virus. Dengan memanfaatkan teknologi cloud, update program dan proses scanning system otomatis akan berkurang, sehingga Panda Cloud Antivirus ini cukup ringan saat digunakan. Beradasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh AV-Test, Panda Cloud memperoleh nilai cukup baik dalam mendeteksi virus serta ancaman lainnya.

Jika kamu memiliki rencana untuk menginstal Panda Cloud Antivirus, maka antivirus ini akan langsung melakukan scanning system untuk memastikan komputer kesayanganmu terlindungi. Jadi, dengan melihat dari mulai proses instalasi, update program, dan scanning system-nya, Panda bisa menjadi salah satu antivirus yang dapat kamu andalkan untuk menjaga dan melindungi komputer milikmu dari serangan berbagai macam virus.

6. Smadav

Smadav adalah antivirus lokal buatan Indonesia yang terkenal ampuh dalam melindungi komputer dari serangan virus. Umumnya virus-virus buatan luar dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan antivirus kenamaan yang sering kita dengar. Namun, tidak demikian dengan virus-virus lokal yang sering kali lebih menyebalkan dibandingkan dengan virus-virus pada umumnya.

Meskipun antivirus lokal Smadav memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dalam menjaga komputer dari serangan virus. Smadav memiliki fitur proteksi tambahan komputer, proteksi USB flashdisk, proses runtime cepat dan ringan, serta adanya fitur cleaner yang dapat membersihkan virus yang sudah terlanjur menginfeksi komputer yang kita miliki.

Bagaimana? Setelah kamu membaca ulasan singkat diatas, kira-kira kamu akan mencoba antivirus yang mana dulu, nih? Kalau kamu mau mencoba semuanya untuk mecari mana yang cock utnk komputer yang kamu milik, sebaiknya kamu jangan langsung menginstal semuanya sekaligus. Coba dulu satu-satu agar tidak terjadi crash satu sama lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url