Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Tangan dan Mesin Pencuci Khusus

Kebersihan pada botol susu merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan si kecil. Oleh karena itu botol harus dicuci sampai bersih tidak boleh asal-asalan.

cara mencuci botol susu bayi


Cara Mencuci Botol Susu Bayi

Dalam proses mencuci botol susu kita harus memastikan bahwa cara membersihkan botol susu bayi tersebut sudah benar. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tips membersihkan botol susu berikut ini

Sisa susu yang menempe pada botol dapat memicu pertumbuhan bakteri sehingga Anda harus mencucinya dengan bersig sehingga botol benar-benar steril sebelum digunakan.

Nah, supaya Anda tidak meras kebingungan, ikutillah beberapa cara dalam membersihkan botol susu bayi dengan baik dan benar dibawah ini.

cara mencuci botol susu bayi


Mnecuci Botol Susu dengan Tangan

Langkah-langkah yang harus Anda ikuti ketika mencuci botol susu dengan menggunakan tangan adalah sebagai berikut.

  1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sabun sampai sela-sela jari selama 20 detik, kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir.
  2. Ambil botol susu yang akan dibersihkan, pisahkan semua bagian botol, seperti badan botol, dot, tutup botol, dan juga katupnya.
  3. Bilas botol dengan menggunakan air yang mengalir. Kemudian masukan semua bagian botol pada tempat yang terlebih dahulu telah diisi dengan air panas.
  4. Sikat semua bagian botol dengan menggunakan scrub pembersih bertangkai dan juga sabun. Untuk membersihkan bagian dotnya, tekan-tekan dotnya dengan menggunakan jari dibawah air yang mengalir.
  5. Bilas kembali dengan menggunakan air yang mengalir sehingga botol benar-benar bersih dari sabun. Lalu tempatkan botol susu yang telah dicuci di pada wadah yang bersih dan keringkan menggunakan handuk kering yang bersih atau bisa juga dengan membiarkan botol susu agar kering dengan sendirinya.

Mencuci Botol Susu dengan Mesin Khusus

Selain menggunakn tangan, Anda juga bisa mencuci botol susu dengan menggunakan alat pencuci khusus yang dijual dipasaran. Untuk mencuci botol susu menggukan Alat pencuci khusus ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pisahkan semua bagian botol susu, mual dari badan botol, dot sampai dengan tutupnya.
  2. Bilas semua bagian botol yang telah dilepas dengan menggunakan air yang mengalir.
  3. Letakan semua bagian botol pada mesin pencuci khusus. Untuk benda-benda kecil sebaiknya dimasukan terlebih dahulu kedalam keranjang tertutup.Kemudian isi mesin pencuci dengan air panas dan nyalakan mode pembersihan. Jangan lupa untuk mengatur waktu sanitasinya (pemanasan dan pengeringan agar botol menjadi lebih steril).
  4. Ketika semua proses sudah selesai letakan bagian-bagian botol susu pada handuk bersih.

Proses Sanitasi untuk Membunuh Kuman yang Masih Menempel Pada Botol

Sanitasi atau sterilisasi botol susu perlu dilakukan utnuk bayi dibawah tiga bulan, lahir prematur, atau memiliki imunitas tubuh yang lemah.

Untuk cara sanitasinya Anda bisa melakukannya sebelum melakukan pencucian botol. Adapun caramya sebagai berikut.

  1. Lepaskan semua bagian pada botol, kemudian masukan semua bagian botol susu ke dalam panci berisi air panas selama 5 menit.
  2. Kemudian, angkat dengan menggunakan penjepit yang bersih.
  3. Setelah itu masukan bagian botol susu pada microwave selama 30 detik untuk dihangatkan.
  4. Selama proses penghangatan, larutkan 2 sendok teh larutan pemutih khusus untuk botol susu ke dalam baskom berisi air hangat. Setelah itu rendam semua bagian botol susu selama 2 menit.

Demikianlah cara mencuci botol susu yang baik dengan menggunakan tangan dan mesin khusus pencuci. terimkasih atas kunjungan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url