Mengenal 3 Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya : Karnivora, Herbivora, dan Omnivora

Seperti yang kita ketahui, jika dilihat dari makanannya hewan dibedakan menjadi 3 jenis, yakni karnivora, herbivora, dan omnivora.

mengenal 3 jenis hewan berdasarkan makanannya: karnivora, herbivora, dan omnivora


Pengertian Karnivora, Herbivora, dan Omnivora

Untuk lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini.

1. Karnivora

Karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging. Hewan yang masuk dalam kategori karnivora biasanya digolongkan sebagai hewan buas.

Karena hewan karnivora biasanya memangsa hewan lain untuk mereka makan. Hewan yang masuk dalam golongan ini dikenal dapat bergerak dengan cepat, bergigi tajam, kukunya runcing, dan penciumannya tajam.

Contoh hewan yang masuk dalam golongan hewan karnivora:  singa, macan, harimau, citah, serigala, ular, komodo, ikan hiu, burung elang, dan burung rajawali dan lain sebaginya.

2. Herbivora

Herbivora merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan. Hampir semua jenis tumbuhan dapat dimakan oleh hewan herbivora. Seperti daun, bunga, buah, batang, atau rumput. Hewan herbivora bisa dikenali dari giginya, biasanya hewan jenis ini tidak memiliki gigi taring, giginya hanya terdiri dari gigi seri dan geraham yang digunakan untuk mengunyah.

Ada juga hewan herbivora yang tidak memiliki gigi, tapi memiliki tembolok. Tembolok adalah sebuah kantong tempat makanan yang berada di leher. Biasanya hewan yang memiliki tembolok adalah unggas. Tembolok memiliki fungsi untuk menghaluskan makanan, sebelum dicerna lagi oleh lambung.

Contoh hewan herbivora adalah kuda, gajah, jerapah, sapi, kerbau, domba, kambing, burung merpati, burung perkutut, burung beo, dan lain sebagainya.

3. Omnivora

Omnivora merupakan jenis hewan pamakan segala. Sesuai dengan namanya hewan jenis ini bisa memakan tumbuh-tumbuhan dan memangsa hewan lain untuk di makan.

Hewan omnivora juga dapat dikenal dari bentuk giginya. Selain memiliki taring tajam, hewan jenis ini juga memiliki gigi seri yang fungsinya untuk memotong makanan, dan gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah.

Beberapa contoh hewan yang omnivora adalah beruang, tikus, monyet, musang, ayam, flamingo, paus, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 3 jenis hewan yang digolongkan berdasarkan jenis makanannya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url