Orang Tua Wajib Tahu! Inilah Manfaat Buah dan Sayur Bagi Anak

Baik orang dewasa ataupun anak-anak, sayuran dan buah-buahan menjadi salah satu bagian penting dalam pola hidup sehat yang ideal. Karena kandungan nutrisi yang terdapat pada sayur dan buah merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesacehatan tubuh. Bahkan, kandungan nutrisi yang ada pada sayur dan buah sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak.

manfaat buah dan sayur bagi anak


Manfaat Buah dan Sayur bagi Anak

Adapun beberapa manfaat buah dan sayur bagi anak adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Gizi

Tubuh anak sangat membutuhkan asupan gizi baik yang bisa mereka peroleh dari sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, mineral serta manfaat lainnya. Buah yang mempunyai rasa asam seperti stroberi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, wortel kaya akan vitamin A, dan bayam adalah sumber zat besi yang dapat mencegah anemia.

Buah apel memiliki kandungan 16 macam polifenol yang bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Intinya, mengonsumsi sayur dan buah beraneka warna dapat memberi berbagai nutrisi penting yang membantu menjaga anak Anda tetap sehat dan bugar setiap hari.

2. Mengurangi Risiko Obesitas

sayur dan buah-buahan kaya akan dengan kandungan serat yang dapat mengenyangkan, namun rendah lemak dan kalori. Oleh sebab itu, mulailah biasakan anak Anda untuk memilih buah dan sayur sebagai pengganti camilan. Sehingga anak Anda akan terhindar dari risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Anak yang mengalami obesitas rentan terserang berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, masalah pernapasan, depresi dan beragam penyakit kronis lainnya.

3. Mendukung Prestasi Si Kecil Di Sekolah

Penerapan pola makan sehat, termasuk banyak mengonsumsi sayur dan buah dapat membantu anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of School Health menemukan bahwa anak-anak dengan kualitas makan yang buruk (kurang asupan buah dan sayur) diketahui cenderung mendapatkan nilai akademis yang buruk jika dibandingkan dengan anak yang mendapatkan asupan buah dan sayur yang cukup setiap harinya. Anak yang sudah terbiasa mengkonsumsi menu makanan sehat memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kesulitan dalam membaca, dibandingkan dengan anak-anak lainnya.

Memang banyak faktor yang mempengaruhi prestasi anak. Namun, pemenuhan asupan gizi merupakan faktor paling penting yang memengaruhi prestasi menjadi lebih baik. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url