Pengertian Atmosfer Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Apakah kalian tahu di mana terbentuknya hujan? Ya, hujan terbentuk di atmosfer bumi. Selain menjadi tempat terbentuknya hujan, atmosfer juga berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa. Selain melindungi bumi dari benda luar angkasa, atmosfer juga berfungsi dalam proses penerimaan panas sinar matahari, sehingga hanya 47% panas matahari yang mencapai bumi.

Penasaran apa itu atmosfer dan menapa sangat bermanfaat untuk bumi dan kehidupan di dalamnya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

pengertian atmosfer beserta fungsi dan manfaatnya


Pengertian Atmosfer

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yakni "Atmos" yang berarti "Uap Air atau Gas" serta "Sphaira" yang memiliki arti "Selimut". Sehingga, Atmosfer dapat diartikan sebagai lapisan gas yang menyelimuti suatu planet dengan kandungan berbagai macam gas di dalamnya.

Atmosfer yang berada di planet bumi memiliki ketebalan mencapai 1000 km yang terdiri dari beberapa kandungan gas, yakni 78% nitrogen, 21% oksigen, 0,9% argon, dan 0,03% karbondioksida. Sisanya terdiri dari uap air, krypton, neon, xinon, hidrogen, kalium, serta 0,7% ozon.

Fungsi dan Manfaat Atmosfer

Berikut funsgi dan manfaat dari atmosfer

Fungsi Atmosfer

Atmosfer berfunsgi sebagai penyaring panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan cara menyerap dan memantulkan sebagain panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari yang dapat dipantulkan kembali ke luar angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. kemudian sekitar 19% panas matahari diserap oleh atmosfer dan awan, 475 sisanya mencapai permukaan bumi.

Adapun beberapa fungsi atmosfer adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga suhu bumi agar tetap stabil dan menjaga cuaca serta kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.
  2. Menyeimbangkan keadaan bumi baik di dalam dan juga luar bumi.
  3. Mengurangi rasa panas yang diakibatkan oleh pancaran sinar matahari.
  4. Melindungi bumi dari hantaman meteor-meteor atau benda luar angkasa lainnya.
  5. Menjaga agar gravitasi bumi tetap stabil.

Manfaat Atmosfer

    Adapun beberapa manfaat atmosfer adalah sebagai berikut:

    1. Lapisan ozon pada atmosfer bumi mampu melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan semua makhluk hidup yang berada di bumi.
    2. Atmosfer dapat melindungi bumi dari hantaman benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat tarikan gaya gravitasi bumi.
    3. Atmosfer menjadi media cuaca yang dapat mempengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
    4. Atmosfer memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernafas serta kebutuhan lainnya.

    Nah, itulah pengertian atmosfer beserta fungsi dan manfaatnya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Referensi:

    Artikel berjudul "Atmosfer" diakses pada 02 Agustus 2022, dari https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Atmosfer-BPSMG/materi1.html

    Next Post Previous Post
    No Comment
    Add Comment
    comment url