Doa Ketika Akan Menghadapi Ujian

Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi kita. Dalam proses menuntut ilmu kita harus pastinya akan menghadapi ujian untuk bisa mengukur seberapa jauh pemahaman kita terhadap ilmu yang kita pelajari. Sebelum menghadapi ujian tentunya kita harus belajar lebih giat dengan mengulang materi yang pernah dipelajari supaya saat ujian datang kita bisa menjawab soal-soal yang diberikan. Selain belajar, kita juga harus berdoa supaya Allah SWT memberi kita kemudahan dalam menghapal serta menjawab soal-soalnya.

doa ketika akan menghadapi ujian


Berikut ini adalah doa ketika akan menghadapi ujian, test, ulangan yang bisa diamalkan ketika mengikutinya. Semoga dengan mengamalkan doa ini kita diberi kelancaran oleh Allah SWT dalam mengerjakan soal-soal ujian, ulangan, test. Adapun doanya adalah sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja'altahu Sahlan Wa Anta Taj'alul Hazna idzaa Syi'ta Sahlan.

Artinya: "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya." (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Nah, Itulah doa ketika kita akan menghadapi ujian. Jangan lupa untuk belajar, karena hanya dengan berdoa saja tidaklah cukup, kita memerlukan usaha untuk mencapai sesuatu yang kita harapkan. Maka dari itu belajar dan berdoalah agar dimudahkan saat mengikuti ujian serta mendapat kelulusan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url