12 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Banjar Patroman yang Wajib Kamu Kunjungi

Potensi tempat wisata di Kota Banjar tidak kalah dengan  tempat wisata yang ada di daerah lainnya. Kota yang dulu merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis ini ditetapkan sebagai daerah otonom sejak 1 Desember 2002.

Banjar merupakan sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Barat yang letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Untuk membedakan antara Kota Banjar yang berada di Provinsi jawa Barat dengan kota-kota lain yang menggunakan awalan kata Banjar seperti Banjarmasin, dan Banjarnegara, Kota Banjar lebih dikenal dengan sebutan Banjar Patroman yang berasal dari kata Banjar Pataruman.

Kota Banjar memiliki luas wilayah kurang sebih 113,49 km², kondisi alam Kota Banjar cukup beragam. Kota Banjar didominasi oleh perbukitan terutama dibagian utara, selatan dan juga barat. Sementara pada bagian tengah Kota Banjar dilalui oleh aliran Sungai Citanduy dan juga kawasan pertanian yang berada dipinggiran Kota Banjar.

Dengan wilayah yang hanya mencakup 4 Kecamatan saja, Kota Banjar menyuguhkan beragam destinasi wisata yang dapat membuat liburanmu di Kota banjar semakin berkesan.

Seperti daerah lain yang ada di Indonesia, Kota Banjar menyimpan beragam potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga dapat menjadi destinasi wisata pilihan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

tempat wisata di kota banjar


Tempat Wisata di Kota Banjar

Untuk lebih jelasnya beikut ini tempat wisata yang ada di Kota Banjar yang dapat kamu kunjungi saat liburan.

1. Situ Mustika

Situ mustika merupakan salah satu destinasi wisata situ (telaga) yang berada di tengah Kota Banjar, tepatnya  di Desa Karang Panimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Situ Mustika menyajikan pemandangan alam yang cantik berupa suasan alam yang sejuk dan panorama situ yang asri di tengah Kota Banjar. Tempat ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin merefresh pikiran dengan suasana yang asri dan menenangkan.

Selain menyajikan pesona alam yang cantik, keberadaan jembatan gantung yang menghubungkan pulau kecil yang berada di tengah situ dengan pinggir situ menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang suka berswa foto dengan menjadikan jembatan gantung tersebut sebagi background.

2. Situ Leutik

Di lokasi wisata ini, bagi kamu yang memiliki hobby memancing bisa menyalurkannya disini. Kamu juga bisa menikmati keindahan alamnya untuk merilekskan diri.

Perlu diketahui bahwa spot wisata Situ Leutik ini sarat akan nuansa mistik, salah satu aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung adalah tidak boleh berbicara kotor. Jadi pastikan saat kamu mengunjungi tempat ini untuk selalu bersikap sopan dan tidak berbicara Kotor ya!.

Situ Leutik ini berada di Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

3. Lembah Pajamben

Lembah Pejamben merupakan sebuah lembah yang ada di Kota Banjar tepatnya di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Disini kamu bisa berburu spot keren untuk menambah koleksi foto liburanmu.

4. Puncak Pagerbatu

Kamu bisa menikmati keindahan Kota Banjar dari atas Puncak Pagerbatu yang eksotis. banyaknya pengunjung yang mengupload keindahannya ke media sosial membuat Puncak Pagerbatu menjadi semakin dikenal.

Puncak Pagerbatu terletak di Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

5. Curug Cibonte

Curug Cibonte memiliki suasana alam yang asri dengan gemericik air yang berasal dari air terjun (curug) setinggi 30 meter menjadi pemandangan yang akan membuat pikiranmu menjadi rileks ketika berada di tempat ini.

Akses jalan yang tidak mudah untuk menuju curug cibonte justru menjadi tantangan tersendiri, sehingga membuat liburanmu semakin tak terlupakan.

Curug Cibonte terletak di Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

6. Curug Panganten

Curug Panganten merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di Kota Banjar. Curug Panganten memiliki pemandangan yang eksotis dengan pesona alam yang masih sangat asri.

Air terjun ini masih tergolong tersembunyi sehingga dapat memanjakanmu dengan suasana alamnya yang menenangkan. Dengan jalan-jalan ke tempat ini akan membuat kamu semakin rileks dan fresh setelah penat dengan segala kesibukan di kota.

Lokasi Curug Panganten berada di Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

7. Rest Area Banjar Atas

Rest area yang satu ini cukup menarik karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sehingga membuat banyak orang hunting foto di sekitar lokasi.

Selain bisa beristirahat sejenak, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar lokasi. Rest area banjar atas berada di Jl. Brigjen M Iasya, Parungsari, Kota Banjar, Jawa Barat.

8. Kolam Alami Mandalare

Sebuah kolam yang memiliki air yang jernih dengan hiasan dinding batu cadas yang eksotis akan memberikan efek tenang, sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana alam yang menenangkan.

Kolam Alami Mandalare berlokasi di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

9. Taman Kota Lapang Bakti

Wisata murah meriah namun tetap seru bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Taman Kota Lapang Bakti Kota banjar.

Di temapat ini kamu bisa nongkrong bareng keluarga ataupun sahabat. Di kawasan ini juga tersedia fasilitas olahraga seperti lapang basket, volley, tenis, dan wall climbing yang akan membuat momen liburanmu semakin seru dan juga menyehatkan. Lokasi Taman Lapang Bakti berada di Jl. Mayjen Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

10. Dinding Hits Sumanding

Tidak perlu bingung mencari spot wisata kekinian dengan view yang instagramable ketika kamu mengunjungi Kota banjar, karena di Kota Banjar ada Dinding Sumanding yang hits dan kece abis.

Tembok hijau yang dipenuhi dengan tumbuhan merambat ini banyak diburu oleh para traveler karena keunikan dan pesonanya yang begitu instagenic dan layak untuk diabadikan.

Dinding Sumanding ini berada di daerah Sumanding, Desa Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

11. Alun-alun Kota Banjar

Jika kamu ingin menikmati suasana Kota Banjar dengan cara yang menyenangkan dan murah meriah,  kamu bisa mendapatkannya dengan mengunjungi Alun-alun Kota Banjar.

Nongkrong rame-rame dengan sahabat ataupun keluarga bisa menjadi hiburan tersendiri yang menyenangkan. Lokasi Alun-alun Kota Banjar berada di pusat  Kota Banjar, Jawa Barat.

12. Taman Langensari

Jika kamu ingin menikmati suasana malam di Kota Banjar akan lebih seru dengan mengunjungi Taman Langensari. Selain bersantai dan menikmati udara malam, kamu juga bisa menikmati ragam kuliner yang dijajakan di taman ini. Agar lebih seru jangan lupa ajak sahabatmu untuk sekedar nongkrong di sini. Lokasinya berada di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kota Banjar, jangan samapi terlewatkan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url