Bacaan Doa Memakai Pakaian dan Melepas Pakaian Lengkap Beserta Artinya

Sebelum melakukan segala sesuatu alangkah baiknya di awali dengan membaca do'a terlebih dahulu, seperti ketika kita akan memakai pakaian ataupun di saat kita melepaskan pakaian.

Pakaian memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan, diantaranya adalah menutup aurat dan melindungi tubuh. Ummat muslim dianjurkan untuk mengenakan pakaian, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-A'araf ayat 27:

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا

Artinya: "Hai anak-cucu Adam, jangan sampai kamu dapat diperdayakan oleh syetan, sebagaimana mereka telah dapat mengeluarkan kedua orang tuamu (Adam dan Hawa) dari surga, mereka dapat menanggalkan pakaian kedua orang tuamu itu supaya kelihatan kedua auratnya" (QS. Al-A'raf: 27).

bacaan doa memakai pakaian dan melepas pakaian


Adab Memakai Pakaian

Dikutip dari buku Do'a dan Adab Berpakaian serta Doa Mandi dan Tayamum: Seri Doa dan Zikir oleh Imam Nawawi, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan beberapa doa dan juga adab dalam berpakaian.

Ketika memakai pakaian, memakai celana, terompah (sandal) dan semua hal yang serupa dengannya dinnahkan untuk memulainya dengan bagian tubuh sebelah kanan. Bila yang dipakai adalah baju, maka memulainya dari lengan sebelah kanan terlebih dahulu, begitupun disaat kita memakai celana dan lain sebagainya hendaklah dimulai dari sebelah kanan..

Sementara itu, di saat kita melepaskan pakaian, celana, terompah dan lain sebagainya hendaklah dilakukan dari sebelah kiri.

Diriwayatkan Abu Dawud dan Baihaqi melalui Siti Hafshah yang menceritakan:

"Bahwa Rasulullah SAW menggunakan tangan kanan untuk makan, minum, dan memakai pakaian, sedangkan tangan kiri beliau gunakan untuk selain hal tersebut."

Diriwayatkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Apabila kalian berpakaian dan berwudhu, maka mulailah dengan yang sebelah kanan kalian."

Kedua hadis diatas berpredikat hasan, diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, Abu Abdullah yakni Muhammad Ibnu Yazid - yang dikenal dengan sebutan Ibnu Majah, dan Abu Bakar, yakni Ahmad Ibnul Husain Al-Baihaqi.

Doa Memakai Pakaian

Adapun doa memakai pakaian adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allahumma innii as'aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a'udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan baju ini dan kebaikaan apapun untuknya. Dan aku berlindung dari keburukan baju ini serta keburukan apapun untuknya.

Doa Melepas Pakaian

Adapun doa melelpas pakaian adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya."


Demikian bacaan doa ketika memakai pakaian dan melepas pakaian. Terima kasih, semoga bermanfaat dan bisa diamalkan setiap hari.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url