Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Perubahan Wujud Benda beserta Contohnya

Perubahan wujud benda dapat terjadi karena benda tersebut menerima atau melepaskan kalor (panas). Perubahan wujud benda ini misalnya ketika benda yang awalnya padat menjadi cair karena benda tersebut menerima kalor. Begitu pula sebaliknya ketika benda yang tadinya cair menjadi padat, hal itu terjadi karena benda tersebut melepaskan kalor.

macam-macam perubahan wujud benda beserta contohnya

Pada umumnya ada enam bentuk perubahan wujud benda, yakni mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal, dan menyublim. Dari berbagai perubahan wujud benda tersebut terjadi karena adanya penerimaan kalor atau pelepasan kalor.

Sebelum lanjut ke pembahasan, ingat kembali perubahan wujud benda apa saja yang terjadi karena menerima kalor atau melepaskan kalor. Ke enam perubahan wujud benda tersebut adalah mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal, dan menyublim. Pengertian perubahan wujud benda tersebut dapat terlihat seperti pada gambar berikut. 

macam-macam perubahan wujud benda beserta contohnya

Perubahan wujud benda mana yang menerima kalor? Perubahan wujud mana yang melepaskan kalor? Untuk lebih lanjutnya akan disampaikan melalui ulasan di bawah.

Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda digolongkan menjadi enam, yakni mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal, dan menyublim, ke enam perubahan wujud benda tersebut ada yang terjadi karena menerima kalor dan ada yang terjadi karena melepaskan kalor. Beikut penjelasannya.

Perubahan Wujud Benda yang Membutuhkan Kalor

Berikut ini perubahan wujud benda yang membutuhkan kalor (panas).

Mencair

Mencair adalah sebuah peristiwa perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini, benda tersebut membutuhkan adanya energi panas. Contoh peristiwa mencair, yaitu pada es batu yang tadinya padat berubah menjadi cari, lilin yang dipanaskan, dan es krim yang didiamkan akan berubah menjadi cair dengan sendirinya.

Menguap

Menguap adalah sebuha peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini, benda tersebut membutuhkan adanya energi panas. Contoh dari peristiwa menguap, yaitu air yang dipanaskan jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang didiamkan di ruangan terbuka lama-kelamaan juga akan habis, karena berubah menjadi gas.

Menyublim

Menyublim adalah sebuah peristiwa perubahan wujud benda dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini, benda tersebut membutuhkan adanya energi panas. Contoh dari peristiwa menyublim, yaitu pada kapur barus (kamper) yang disimpan di dalam lemari yang lama-kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas.

Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Kalor

Berikut ini perubahan wujud benda yang melepaskan kalor (panas).

Membeku

Membeku adalah sebuah peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini, benda tersebut melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa membeku, yaitu air yang berubah menjadi es ketika dimasukan ke dalam freezer, lilin cair yang didiamkan akan berubah mejadi padat.

Mengembun

Mengembun adala sebuah peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini, benda tersebut melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa mengembun, yaitu ketika kita menyimpan es batu di dalam gelas maka pada gelas bagian luar akan basah, rumput di pagi hari akan basah walaupun pada sore atau malam hari tidak hujan.

Mengkristal

Mengkristal adalah sebuah peristiwa perubahan wuhud benda dari gas menjadi pada. Dalam peristiwa ini, benda tersebut melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa mengkristal adalah ketika uap berubah menjadi salju.

Nah, itulah macam-macam perubahan wujud benda beserta contohnya. Terimkasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Perubahan wujud zat" diakses pada 29 Juni 2020, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_wujud_zat

Artikel berjudul "Perubahan Wujud Benda" diakses pada 29 Juni 2020, dari https://idschool.net/smp/perubahan-wujud-benda/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Macam-macam Perubahan Wujud Benda beserta Contohnya"