Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Gizi Seimbang

Istilah makanan 4 sehat 5 sempurna memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral. Masing-masing zat gizi tersebut terkandung dalam jenis makanan yang berbeda. Oleh karena itu menu makanan yang di sajikan harus beraneka ragam. Agar kebutuhan zat gizi pada tubuh dapat terpenuhi.

Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna dibawah ini.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

makanan 4 sehat 5 sempurna untuk gizi seimbang
 

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari berbagai jenis makanan yang berbeda yang biasa kita konsumsi setiap hari.

1. Makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan utama yang memiliki kandunga karbohidrat. Karbohidrat merupakan zat yang berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat beraktifitas. Setiap daerah memiliki jenis makanan pokok yang berbeda-beda. Misalnya orang-orang Eropa memilih gandum sebagai makanan pokoknya, sedangkan orang Asia seperti di Indonesia lebih memilih nasi menjadi makanan pokoknya. Beberapa tempat di Indonesia ada yang memilih jagung atau sagu sebagai makanan pokoknya.

Semuanya sama saja baik itu gandum, nasi, jagung, ataupun sagu, karena semua makanan pokok tersebut sama-sama yaitu sebagai sumber karbohidrat. Contoh dari makanan pokok adalah nasi, gandung, jagung, singkong, kentang, sagu, dan lain sebagainya.

2. Lauk pauk

Lauk pauk identik dengan makanan yang mengandung protein. Protein yang terkandung di dalam lauk pauk berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan hormon dalam tubuh, dan membangun serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Contoh dari makanan yang mengandung protein adalah tempe, tahu, telur, daging,ikan, dan lain sebagainya.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menghindari kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Contoh dari sayuran ada banyak sekali beberapa diantaranya seperti kangkung, bayam, terong, tomat, kol, sawi, brokoli, cabe, kacang panjang, labu siam, dan lain sebagainya.

4. Buah-buahan

Sama halnya dengan sayuran, buah-buahna merupakan makanan yang menjadi sumber vitamin dan juga mineral. Dibalik warna buah yang beraneka ragam tersimpan kandungan nutrisi yang berbeda beda. Misalnya, buah berwarna hijau kaya akan kandungan vitamin C, beta karoten, folat, serta kalsium yang baik untuk kesehatan mata, pencernaan, dan menangkal kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Sedangkan buah-buahan yang berwarna kuning memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, dan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar metabolisme dalam tubuh, serta mencegah kanker. Contoh dari buah-buahan adalah aple, jeruk, strawberi, anggur, pisang, pepaya, melon, semangka, durian, dan lain sebagainya.

5. Susu dan produk olahannya 

Susu dan produk olahannya menjadi sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk tulang serta menjadi sumber energi. Susu dan produk olahan seperti keju, yoghurt, mentega memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. 

Susu menjadi makanan pelengkap pada menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Karena susu hanya menjadi pelengkap, maka tidak menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk mengkonsumsinya setiap hari. Tapi, banyak yang berpendapat untuk mengkonsumsinya setiap hari, terlebih bagi anal-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena anak-anak dalam masa pertumbuhan memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk tumbuh kembang dan kekuatan tulangnya. Biasanya susu diminum setelah sarapan ataupun sebelum tidur.

Nah, itulah berbagai manfaat dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Jadi, janagn sampai lupa untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang.

Referensi:

Artikel berjudul "Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Yang Penting Dikonsumsi" diakses pada 07 Agustus 2020, dari https://www.honestdocs.id/pentingnya-makanan-4-sehat-5-sempurna

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Gizi Seimbang"