Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Pernapasan pada Makhluk Hidup

Bernapas merupakan suatu proses pertukaran udara yang dilakukan oleh makhluk hidup. Pada saat bernapas, makhluk hidup akan menghirup Oksigen (O2) yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah sari-sari makanan menjadi energi. Selain menghasilkan energi, bernapas juga menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan uap air.

Bernapas buakn hanya dilakukan oleh manusia, tetapi juga dilakukan oleh semua makhluk hidup lainnya seperti hewan dan juga tumbuhan.

alat pernapasan pada makhluk hidup


Alat Pernapasan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasan mengenai alat pernapasan pada makhsluk hidup dibawah ini.

A. Alat pernapasan manusia

Selama proses pernapasan ada beberapa organ yang bekerja, yaitu lubang lubang hidung, rongga hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, cabang tenggorokan, paru-paru, dan gelembung udara.

Proses pertukaran oksigen (O2) dan karbon dioksida (O2) terjadi di dalam paru-paru, yakni pada alveolus. Sebaiknya kita bernapas dengan menggunkan hidung, sebab udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu oleh selaput lendir dan bulu-bulu hidung. Selain disaring terlebih dahulu udara yang masuk juga akan mengalami penyesuaian suhu terlebih dahulu di dalam rongga hidung sebelum akhirnya masuk ke dalam paru-paru.

B. Alat pernapasan pada hewan

Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda, sesuai dengan jenis dan habitat hewan tersebut.

Hewan yang hidup di darat

Pada umumnya hewan yangb hidup di darat bernapas dengan menggunakan paru-paru, misalnya sapi, kambing, kerbau, burung, dan lain sebagainya. Pada burung, alat pernapasang pada burung dilengkapi dengan pundi-pundi udara

Saat burung bernapas ada beberapa organ yang bekerja, yaitu hidung, batang tenggorokan, cabang tenggorokan, paru-paru, dan pundi-pundi udara.

Hewan yang hidup air

Hewan yang hidup di air benapas dengan menggunakan insang. Namun, ada beberapa jenis hewan yang hidup di air bernapas dengan menggunakan paru-paru, misalnya paus dan lumba-lumba. Saat hewan air bernapas ada beberapa organ yang bekerja, yiatu rigi-rigi insang, lengkung insang, dan lembaran insang.

Hewan amfibi

Hewan ampibi merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam, yakni darat dan juga air. Hewan ampibi memiliki alat pernapasan yang bervariasi sesuai dengan tempat hidupnya. Contoh hewan ampibi adalah katak.

Serangga

Serangga merupakan hewan yang hidup di darat namun, namun serangga memiliki alat pernapasan yang berbeda dengan hewan darat pada umumnya. Alat pernapasan yang digunkanan serangga adalah trakea.

Hewan bersel satu

Selain hewan-hewan yang sudah disebutkab diatas ada satu jenis hewan yang hanya bersel satu. hewan yang satu ini juga melakukan proses pernapasan. Alat pernapasan yang digunakan oleh hewan bersel satu adalah seluruh permukaan tubuhnya. Contoh hewan bersel satu, yaitu protista (amoeba, paramaecium, euglena, ganggang) dan bakteri.

Selain hewan bersel satu, cacing juga merupakan hewan yang menggunakan seluruh permukaan tubuhnya sebagai alat untuk melakukan proses pernapasan.

C. Alat pernapasan pada tumbuhan

Seperti halnya manusia dan hewan, tumbuhan juga melakukan proses pernapasan. Berbeda dengan manusia dan hewan yang menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, tumbuhan melakukan proses pernapasan untuk menghasilkan oksigen (O2) dan menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara disekitarnya

Nah, Itulah macam-macam alat pernapasan yang ada pada makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Alat Pernapasan Pada Manusia, Hewan, dan Tumbuhan [+ Gambar]" diakses pada 27 September 2020, dari https://www.yukbelajar.id/alat-pernapasan/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Alat Pernapasan pada Makhluk Hidup"