Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Dampak Buruk Mandi Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh

Selain makan, mandi menjadi salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Bagi beberapa orang kamar mandi menjadi tempat favorit untuk berendam, maka tak heran sehingga mereka betah untuk berlama-lama di kamar mandi. Bahkan sampai ada yang mendesain kamar mandi dengan sebagus dan senyaman mungkin, supaya merasa betah untuk berlama-lama saat mandi.

Mandi lama memang dapat merelaksasi otot. Mandi dengan menggunakan air hangat dengan waktu yang lama bisa mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot dan memberikan efek rileks pada tubuh. Kondisi otot yang rileks dapat mengurangi stres dan ketegangan pada syaraf.

4 dampak buruk mandi terlalu lama bagi kesehatan


Dampak Buruk Mandi Terlalu Lama Bagi Tubuh

Tapi tahukah kamu bahwa berlama-lama dikamar mandi memiliki dampak buruk pada tubuh. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memicu rasa gatal

Ternyata jika kita mandi terlalu lama dapat memicu rasa gatal pada kulit. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan air hangat dan usahakan jangan terlalu lama.

2. Menghilangkan pelindung alami kulit

Mandi terlalu lama dapat memberikan efet tidak nyaman pada kulit, apalagi jika kamu mandi menggunakan air panas. hal tersebut dapat mengganggu kestabilan pelindung alami dan kelembapan yang ada pada kulit. Pelindung kulit meiliki peran sangat penting dalam mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

3. Bisa menimbulkan efek pusing

Ketika kita mandi terlalu lama cenderung akan membuat tekanan darah menjadi turun terlebih jika kita berdiri terlalu lama di bawah shower. Jika kamu memiliki masalah serius dengan jantung atau tekanan darah, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Menimbulkan kemerahan

Dampak buruk terlalu lama mandi yang lainnya adalah dapat melebarnya pembuluh darah. Sehingga dapat menimbulkan warna kemerahan pada kulit. untuk mengurangi dampak tersebut kamu dapat mengurangi suhu air dan durasi ketika mandi untuk mengurangi kemerahan yang timbul pada kulit.

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika kita mandi telalu lama. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "4 Dampak Buruk Terlalu Lama Mandi"  diakses pada 27 Desember 2020, dari https://www.dewiku.com/lifestyle/2018/08/30/140000/4-dampak-buruk-terlalu-lama-mandi

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi