Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Pancaroba

Cuaca yang terik dan terasa panas pada siang hari, tetapi pada saat malam hari cuaca tiba-tiba menjadi dingin dan dibarengi dengan turunnya hujan. Pergantian cuaca yang tidak menentu seperti saat ini merupakan tanda bahwa kita sudah memasuki perpindahan musim atau yang biasa kita sebut dengan musim pancaroba. Pancaroba sendiri merupakan masa transisi atau perpindahan dari musim kemarau menuju musim hujan atau sebaliknya dari musim hujan ke musim kemarau.

Pada keadaan seperti ini tubuh akan dipaksa untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi udara dan temperatur yang sering berubah-ubah. Tak hanya itu saja, saat seperti ini menjadi momen yang sangat disukai oleh virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan lebih cepat. Maka tak heran jika seseorang yang memeiliki daya tahan tubuh yang rendah akan mudah sekali terserang berbagai penyakit, terutama pada bayi dan balita yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

6 tips menjaga kesehatan di musim pancaroba


Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

Agar kita dapat terhindar dari serangan berbagai macam penyakit yang datang saat musim pancaroba,  saatnya menjaga menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari seranagan penyakit dengan melakukan beberapa hal berikut ini !.

1. Penuhi nutrisi tubuh

Jika nturisi tubuhmu terpenuhi maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih maksimal untuk melawan virus dan bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh. Untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh lakukanlah pola makan sehat dengan menu yang seimbang.

2. Rutin berolahraga

Meski cuaca yang kadang tidak menentu, ada baaiknya kamu jangan sampai meninggalkan kebiasaan berolahraga. Meskipun hanya berjalan mengelilingi komplek, yang penting kamu cukup bergerak setiap harinya sehingga tubuh tidak mudah lelah dan juga letih. Kamu bisa melakukannya di pagai ataupun sore hari.

3. Konsumsi vitamin (suplemen daya tahan tubuh)

Olahraga memang dapat meningkatkan kebugaran dan membantu menyehatkan tubuh, namun kamu tetap membutuhkan asupan vitamin/suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dari dalam. Apalagi saat musim pancaroba seperti sekarang ini, pilihlah vitamin/suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh .

4. Cukupi air putih

Jangan pernah lupa akan pentingnya mengkonsumsi ari putih yang cukup setiap hari, terutama saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Karena selain dapat menghilangkan rasa dahaga, ternyata air putih juga mampu membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

5. Bawa selalu baju hangat 

Meski cuaca yang tidak menentu, saat siang hari cuaca terasa panas, namun tiba-tiba bisa terjadi hujan lebat. Belum lagi suhu disaat malam hari yang akhir-akhir ini teras lebih dingin dan juga berangin. Maka sebaiknya kamu jangan sampai lupa untuk selalu membawa baju hangat seperti jaket ataupun mantel untuk berjaga-jaga saat cuaca terasa dingin.

6. Biasakan mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan hal yang mudah namun seringkali diabaikan. Tahukah kamu, kalau tangan menjadi salah satu media penyebaran virus dan juga bakteri penyakit? Apalagi saat musim pancaroba seperti sekarang ini, virus dan bakteri tersebar dimana-mana. untuk itu biasakan diri untuk selalu mencuci tangan entah itu sebelum dan sesudah makan, setelah melakukan aktifitas, hingga setelah dari toilet.

Jangan lupa untuk mengingatkan orang-orang terdekat untuk membiasakan mencuci tangan, terutama pada anak-anak.

Nah, itulah beberpa tips untuk menjaga kesehatan tubuh dimusim pancaroba. Jangan lupa untuk selalu manjaga kesehatan agar kamu terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Terimkasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Pancaroba"