Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Sudut dan penjelasannya

Sudut adalah sebuah daerah yang tersusun oleh dua garis lurus yang ujungnya saling bertemu menjadi titik sudut dan kaki sudut. Titik sudut diesbut juga dengan vertex, titik sudut inilah yang nantinya dijadikan sebagai patokan ketika mengukur besar sudut dan kaki sudut.

Besar sudut yang dihitung dari titik sudut biasanya dinyatakan dalam satuan derajat (°). Besar maksimal sudut adalah 360°. Ada beberapa jenis sudut yang umum dan paling banyak di kenal, yakni sudut siku-siku. Sudur siku-siku memiliki besar sudut 90°. Kemudian sudut lancip dan sudut tumpul, sudut lancip memiliki besar sudut kuranng dari 90°, sedangkan sudut tumpul besar sudutnya lebih dari 90° kurang dari 180°.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Untuk lebih jelasnya mari kita simak rangkuman mengenai jenis-jenis sudut beserta penjelasannya.

Jenis-jenis Sudut dan Penjelasannya

Adapun jenis-jenis sudutnya adalah sebagai berikut:

Sudut Nol Derajat (0º)

Sudut nol derajat adalah sudut yang memiliki besar sudutnya 0 derajat, karena kedua garis saling berhimpitan dan tidak membentuk daerah sudut. Sudut ini dsebut juga dengan zero degree. Garis ini hanya terlihat seperti dua garis yang saling berhimpitan.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang besar sudutnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°, yang dalam notasi matematikanya ditulis 0° < x < 90º, dengan x adalah besar sudut yang diukur. Sudut lancip disebut juga dengan acute angle.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Sudut Siku-siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya sudutnya tepat 90°. Sudut siku-siku desebut juga dengan  rigt angle.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki besar sudut lebih dari 90° dan kurang dari 180°, yang dalam notasi matematikanya ditulis 90° < x < 180º, dengan x adalah besar sudut yang diukur. Sudut lancip disebut juga dengan obtuse angle.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Sudut Lurus

Sudut luru adalah sudut yang memiliki besar sudut sebesar180°. Sudut lurus diebut juga dengan straight angle.


Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sudut yang besar sudutnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. dalam notasi matematika ditulis dengan 180º < x < 360º, dengan x sebagai besar sudut yang dihitung. Sudut refleks diesebut juga sebagai reflex angle.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Sudut Penuh

Sudut penuh adalah sudut yang besar sudutnya 360º. Sudut penuh membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut penuh dikenal juga dengan complete angle.

jenis-jenis sudut dan penjelasannya


Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis sudut, mulai dari sudut nol derajat, sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumupul, sudut lurus, sudut refleks, dan sudut penuh. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memahami macam-macam jenis sudut. Terima kasih.

Referensi:

Artikel berjudul "Sudut | 7 Jenis Sudut Tumpul, Lancip, Siku, Refleks, Lurus, 0º, dan Penuh" diakses pada 05 Maret 2021, dari https://www.advernesia.com/blog/matematika/sudut-tumpul-lancip-siku-siku/

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Sudut dan penjelasannya"