Cara Mudah Cek DA dan PA Website atau Blog

Pada tahun 2014 Google telah mengumumkan bahwa Page Rank tidak tidak akan lagi digunakana dalam menentukan peringkat SEO dari sebuah Website. Dengan adanya pengumuman tersebut membuat geger para praktisi SEO pada saat itu.

Tidak lama setelah adanya pengumuman tersebut website SearchEngineLand.com langsung menghapus toolbar Page Rank.

Akibat dari matinya Page Rank, sekarang ini yang menjadi standart SEO untuk sebuah website adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). DA dan PA tersebut dapat menjadi acuan untuk menentukan standar suatu webiste atau blog berkualitas atau tidak. Semakin tinggi nilan DA PA nya maka semakin bagus pula kualitas SEO dari website tersebut.

cara cek da pa blog


Apa itu DA dan PA?

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu DA dan PA silahkan simak penjelasan di bawah ini:

Apa Itu DA?

DA merupakan singkatan dari Domain Authority adalah suatu acuan yang dibuat oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat dari sebuah website atau blog. Semakin tinggi nilai DA yang dimiliki oleh sebuah website atau blog maka semakin bagus dalam persaingan di mesin telusur Google. Biasanya skala penilaian yang di gunakan dari angka 1-100. 

Ada 3 hal yang dapat menentukan tinggi rendahnya skor DA dari sebuah website atau blog, berikut penjelasannya:

1. Usia Domain

Semakin tua usia domain maka skor DA pada sebuah website atau blog akan semakin bertambah pula. Dengan catatan website atau blog tersebut selalu melakukan update rutin konten-konten yang berkualitas.

Sebab dengan skor DA yang tinggi menunjukan bahwa website tersebut selalu konsisten sehingga membuat Google memberikan skor DA yang tinggi. Dengan skor DA yang tinggi akan memberikan dampak positif pada website atau blog tersebut, yaitu mudahnya mendapatkan peringkat di halaman pencarian.

2. Popularitas Domain

Tingkat ke populeran dari sebuah website dapat dilihat dari banyaknya link-link masuk yang berasal dari website berkualitas. Satu hal yang harus dicatat adalah kualitas link yang masuk, bukan kuantitasnya. Link masuk ke website atau blog kamu bisa disebut dengan inbound link atau lebih populer dengan sebutan backlink.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sebuah backlink adalah dengan cara membuat konten yang berkualitas, sehingga banyak website atau blog yang merekomendasikannya pada mesin pencarian.

Cara lainnya adalah dengan melakukan guest post pada website atau blog yang berkualitas dan memiliki pembahasan yang sama dengan website atau blog yang kamu miliki.

3. Ukuran Domain

Ukuran domain merupakan sebuah penilaian dengan cara melihat banyaknya konten berkualitas yang telah di publish. Semakin banyak konten-konten berkualitas maka semakin besar pula ukuran domain website atau blog yang kamu miliki. Jadi kamu harus melakukan pengalokasian dana untuk kebutuhan investasi konten yang berkualitas.

Nah, dari ke-3 hal tersebut Google akan menentukan berapa skor Domain Authority (DA) dari sebuah Wesbite atau blog.

Domain Authority menjadi salah satu dari sekian banyak cara yang digunakan oleh mesin pencari dalam menentukan kualitas dari sebuah domain.

Apa Itu PA?

Biasanya penilainan Domain Authority (DA) sebuah domain akan diikuti dengan penilaian Page Authority. Lalu apa sebenarnya Page Authority tersebut, apakah sama dengan Domain Authority? Jawabnya adalah tidak sama.

Page Authority atau yang lebih dikenal dengan singkatan PA adalah sebuah penilaian dari mesin telusur mengenai seberapa kualitas suatu halaman pada suatu website atau blog. Jika DA yang di cek adalah keseluruhan domain, maka pada PA yang dicek hanya kualitas halamannya saja.

Contohnya DA adalah sebuah rumah dan PA adalah kamarnya. Jadi, DA dan PA merupakan satu kesatuan, namun biasanya skor DA selalu lebih rendah jika dibandingkan dengan skor PA nya.

Cara Cek DA dan PA

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengecek skor  DA dan PA website atau blog tidak perlu khawatir karena cara mengeceknya sangat mudah sekali. Ada beberapa website yang dapat kamu gunakan untuk menilai skor DA dan PA dari suatu website atau blog, berikut daftarnya:

websiteseochecker.com

smallseotools.com

seoreviewtools.com

checkmoz.com

moz.com

Caranya cukup mudah hanya memasukan url webiste atau blog yang ingin kamu cek DA dan PA nya pada kotak yang sudah disediakan pada masing-masing web tersebut.

Nah, itulah cara cek skor DA dan PA sebuah website atau blog. Cukup mudah bukan? Sekarang kamu tida akan bingung lagi ketika ingin mengetahui skor DA dan PA dari sebuah website atau blog. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url