Cara Mudah Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Pernah mengalami artikel yang kamu buat di curi atau di copy paste oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, setelah kita cape-cape menulis artikel tersebut malah di copas mentah-mentah.

Sebenarnya kejadian pencurian artikel tersebut dapat diatasi dengan cara melaporkannya ke pihak Digital Milenium Copyright Act (DMCA). Namun, proses pelaporan tersebut lumayan ribet karena kita harus menyalin alamat URL blog oknum yang telah melakukan pencurian artikel tersebut. Selain alamat URL masih banyak lagi hal-hal yang harus kita sertakan saat proses pelaporan ke pihak DMCA.

Daripada bingung dan ribet, mending pasang CSS berikut ini agar artikel yang ada di blog tidak bisa di copy paste. Selain melindungi dari pencurian artikel, cara ini juga bisa memproteksi blog dari duplikat konten, yang dapat menyebabkan artikel artikel yang kita tulis hilang dari pencarian Google, karena dianggap tidak berkualitas.

cara mudah agar postingan blog tidak bisa di copy paste


Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas

Dibawah ini merupakan tutorial memasang kode CSS agar postingan pada blog tidak bisa di copy paste.

1. Silahkan masuk ke Dashboard Blogger

2. Kemudian pilih menu Tema / Template > Edit HTML.

3. Selanjutnya cari kode ]]></b:skin> dengan cara CTRL+F, lalu letakan kode CSS dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>.

/* NO Copas Kbd Pre blockquote */
.post-body{
-khtml-user-select: none;
-webkit-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-moz-user-select: none; user-select: none; } pre{
-khtml-user-select: text;
-webkit-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text;
-khtml-user-select: text;
user-select: text; } kbd{ -webkit-user-select: text; -moz-user-select: text;
}
-ms-user-select: text;
user-select: text;

4. Terakhir Save Template

Fungsi dari CSS tersebut adalah agar artikel yang ada di blog tidak bisa di copy paste (copas), namun membatasi pada teks yang di markup dalam kode pre, kbd, dan blockquate, sehingga teks tersebut masih bisa di copy. CSS tersebut sangat cocok bagi blog yang membahas mengenai tutorial.

Nah, sekarang blog sudah aman. Buat kalian yang masih suka copas, mohon untuk selalu mencatumkan sumber dari artikel tersebut karena membaut artikel tersebut tidak mudah.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah agar blog tidak bisa di copy paste. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Cara Mudah Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste: diakses pada 16 April 2021, dari https://www.malasngeblog.com/2019/07/agar-postingan-blog-tidak-bisa-di-copas.html

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url