11 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah kamu sudah pernah mencoba buah plum? Buah plum merupakan buah dengan warna yang menarik serta rasa yang juga enak. Buah plum memiliki berbagai macam vitamun dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, magnesium, zat besi, kalium,  serat, mineral dan juga fenol serta beberapa kandungan lainnya.

manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh


Saat ini buah plum masih sangat jarang ditemukan di pasaran, karena buah plum merupakan buah yang berasal dari laur negeri. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi kita unttuk mengetahui apa saja manfaat terkandung dalam buah plum hitam ini.

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah plum bagi kesehatan


Adapaun manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah plum hitam mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh terhindar dari berbagai macam infeksi dan radang.

2, Menjaga kesehatan jantung

Kanndungan vitamin K yang terdapat pada buah plum hitam dapat berfungsi sebagai pengendali atau pengatur denyut jantung serta memperlancar aliran darah. Sehingga baik untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit kanker

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah plum hitam adalah zat antosianin dan fitonutrien yang berfungsi menghentikan perkembangan sel-sel kanker dengan tidak membunuh sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh kita.

4. Melancarkan pencernaan

Buah plum hitam banyak mengandung serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga racun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan organ mata

Buah plum hitam memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A ini mempunyai manfaat untuk menjaga, melindungi dan meningkatkan kualitas penglihatan pada mata.

6. Mencegah anemia/kurang darah

Buah plum hitam memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia.

7. Menjaga fungsi otak

Buah plum hitam memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk membantu menjaga fungsi otak,  sehingga dapat meningkatkan proses berpikir serta membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

8. Melindungi tubuh dari serangan radikal bebas

Buah plum hitam memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat melindungi dan mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

9. Mengurangi risiko diabetes

Buah plum hitam mempunyai sifat anti-hiperglikemik yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Hasil dari penelitian juga membuktikan jika buah plum hitam bisa mengurangi kadar glukosa darah dan trigliserida di dalam tubuh. Dengan sifat anti-hiperglikemik, buah plum hitam mampu mengurangi resiko diabetes tipe 2.

10. Menjaga kesehatan janin

Buah plum hitam memiliki kandungan kalsium serta asam folat sehingga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat membantu dan menjaga pertumbuhan serta kesehatan janin.

11. Menjaga kondisi kulit

Khasiat buah plum lainya yang bisa kita dapatkan adalah kemampuanya untuk menjaga kesehatan kulit. Berkat kandungan vitamin C serta anti oksidan yang dinilikinya, membuat buah plum mampu membantu untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit senantiasa terlihat bercahaya.

Bukan hanya itu saja kandungan anti aging yang dimiliki oleh buah plum juga sangat berguna untuk kulit supaya terlihat lebih awet muda serta efektip untuk mengurangi flek hitam dan kerutan pada wajah.

Nah, itulah manfaat buah pulm hitam yang dapat kita dapatkan ketika mengkonsumsinya. Buah plum memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun sayangnya buah yang satu ini masih jarang di Indonesia, kalaupun ada kamu harus memabayarnya dengan harga yang cukup mahal. Tapi, jika dilihat dari manfaat yang dimilikinya, harga yang mahal tidak menjadi masalah?

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url