10 Manfaat Susu Kedelai dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Tubuh

Belakangan ini susu kedelai banyak diperbincangkan, terutama di kalangan para vegetarian. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu kedelai memang masih belum diketahui. Meskipun begitu, susu kedelai memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Keuntungan mengkonsumsi susu kedelai anatara lain dapat mengurangi resiko kolesterol, kanker, dan obesitas. Selain itu, susu kedelai juga diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi masalah kesehatan bagi yang sudah memasuki masa menopause. Dalam susu kedelai terkandung sumber energi, protein, gula, dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu kedelai juga memiliki kandungan berbagai mineral dan juga vitamin yang bermanfaat untu kesehatan.

manfaat susu kedelai dan efek sampingnya bagi kesehatan


Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan asam amino dan isoflavon yang ada pada susu kedelai ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah

1. Menjaga kesehatan jantung

Tidak seperti produk susu pada umumnya yang biasanya memiliki kandungan lemak jenuh, susu kedelai menjadi produk susu yang di dalamnya memiliki kandungan lemak tak jenuh dan juga nol kolesterol. Kandungan asam lemak mono dan polisatureted yang terdapat dalam susu kedelai dapat membantu menghambat proses penyerapan koleterol dalam darah. Karena itu, jika kamu penderita koleterol tinggi, atau keluarrga memiliki riwayat penyakit jantung, dengan rutin meminum susu kedelai kamu akan menjadi lebih lebih sehat dan dapat mengurangi resiko kolesterol dan penyakit jantung. 

2. Membantu mengatasi gangguan pasca menopause

Wanita yang mengalami menopause biasanya sering mengalami gangguan kesehatan karena berkurangnya jumlah produksi hormon estrogen secara mendadak. Pasca menopause, wanita memiliki resiko gangguan kesehtan seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga obesitas. Mereka juga menjadi labil sehingga mudah mengalami perubahan mood, mengalami insomnia, dan penyakit psikologis lainnya.

Susus kedelai mengandung senyawa fitrogesteron yang akati dalam menstabilkan estrogen dai dalam tubuh serta mengatasi gangguan kesehatan yang dipicu oleh hormon estrogen yang tidak seimbang.

3. Sebagai anti karsinogen (pencegah kanker)

Kandungan fitoestrogen yang ada pada susu kedelai memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menstabilkan kandungan hormon estrogen yang ada pada tubuh, ternyata fitoestrogen juga memiliki kemampuan untuk menghambat produksi testosteron. Berkurangnya jumlah testosteron pada pria, tentu saja dapat mengurangi resiko terjaidnya kanker prostat.

4. Mengurangi resiko osteoporosis

Osteoporosis merupakan masalah yang sangat erta hubungannya dengan usia dan hormon seseorang. Kandungan fitoestrogen yang ada pad susu kedelai mampu menyeleraskan penyerapan kalsium oelh tubuh, dan mengurangi resiko kehilangan masa atau patah tulang pada wanita menopause. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, konsumsilah susu kedelai yang telah diperkaya dengan kandungan vitamin D dan juga kalsium.

5. Sebagai anti-oksidan

Dalam tubuh, kolesterol LDL bisa teroksidasi menjadi senyawa yang berbahaya bagi kesehatan (misalnya resiko kerusakan hati) dan merusak kesehatan kulit. Dengan rutin mengkonsumsi kedelai setaipa hari, resiko ini dapat di kurangi. Hal ini terjadi karena susu kedelai memiliki kandungan isoflavon, yang bila dikombinasikan dengan vitamin C terbukti mampu mengurangi oksidasi plasma kolesterol LDL.

6. Menurunkan resiko obesitas dan kolesterol

Susu kedelai juga dapat menurunkan resiko obesitas karena susu kedelai memiliki kandungan kalori lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga mengandung lebih sedikit gula dibandingkan dengan prosuk susu sapi lainnya.

Faktor lainnya adalah karena adanya kandungan isoflavon. Kandungan isoflavon tersebut telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan jaringan lemak sehingga membuat lingkar pinggang menjadi lebih kecil.

7. Menstabilkan tekanan darah

Tingginya tekanan darah disebabkan karena adanya penumpukan lemak berlebih pada pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi, karena susu kedelai rendah lemak dan bebas kolesterol.

Manfaat dari susu kedelai ini akan sangat teras, terutama oleh penderita diabetes tipe 2. Tapi tentu saja hal ini juga harus kita di ikuti dengan pola makan yang tepat dan sekaligus diaberngi juga dengan olahraga.

8. Membantu menjaga kesehatan mental

Kandungan vitamin B dan magnesium pada susu kedelai mampu meningkatkan kandungan kadar serotonin (hormon penenang) pada tubuh. Susu kedelai juga mengandung vitamin D yang tinggi. Seperti yang kita ketatahui, vitamin D memiliki fungsi sebagai anti depresan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa terapi isoflavon dengan menggunakan susu kedelai banyak digunakan untuk membantu wanita yang telah memasuki masa menopause dalam mentasi kecemasan berlebih.

9. Mengatasi migrain pada wanita

Migrain terjadi karena defisiensi zat gizi pada tubuh. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu wanita dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Pada wanita menopause, migrain juga terjadi karena ketidakseimbgannya jumlah esterogen dalam tubuh.

Seperti telah disebutkan, susu kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang mampu menstabilkan jumlah esterogen didalam tubuh. Karena itulah, wanita menopause yang rutin mengkonsumsi susu kedelai mendpatkan manfaat dari susu kedelai untuk mengatasi migrain yang sedang dialaminya.

10. Alternatif pengganti susu

Untuk kamu yang alergi terhadap laktosa atau menderita galaktosemia, susu kedelai bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif dalam memenuhi kebutuhan asam amino esensial bagi tubuh.

Kandungan mineral dan protein pada susu kedelai paling komplit jika dibandingkan alternatif pengganti susu lainnya. Terlebih dengan adanya kandungan isoflavon pada susu kedelai. Hal inilah yang menjadikan susu kedelai memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan alternatif pengganti susu lainnya. 

Susu kedelai memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapu tak jarang kita juga mendengar mengenai kontroveris keburukan dan juga kekurangan dari susu kedelai. Hal ini terlait dengan penggunaan dalam jangka panjang, kandungan gula tambahan, juga proses produksi dari susu kedelai seringkali tidak mengurangi kadnungan racun inhibritor dalam kedelai.

Efek Samping Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan yang komplit memang memberi banyak manfaat, tapi bila tidak diproses dengan baik dan juga benar terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang, maka susu kedelai juga bisa memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh.

Beberapa efek sampingnya antara lain:

  1. Susu kedelai yang beredar dipasaran banyak mengandung pemanis buatan, sehingga dapat meningkatkan resiko peningkatan kadar gula dan juga insulin pada oenderita diabetes typw 2.
  2. Kandungan isoflavon yang tinggi pada susu kedelai dapat mengakibatkan terjadinya gangguan fertilitas pada pria. 
  3. Kandungan isoflavon yang ada pada susu kedelai bukanlah esterogen alami, zat ini bisa tidak aman jika dikonsumsi oleh penderita kanker payudara.
  4. Kandunga kalsium, vitamin, dan mineral yang terkandung pada susu kedelai lebih sedikit daripada susu sapi, karena masih membutuhkan tambahan makanan lain untuk dapat mencukupi kebutuhan harian.
  5. Kedelai memiliki kandungan goitrogens, yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid dan sehingga dapat menyebabkan penyakit gondok.
  6. Kalsium tambahan yang ada oada susu kedelai tidak sebagus kalsium alami yang terkandung pada susu sapi.
  7. Makanan yang berbahan dasar kedelai yang tidak difermentasi mengandung alumunium, yanga dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  8. Kandungan asam pitat pada susu kedelai dapat menghambat penyerapan beberapa zat penting seperti mineral, kalsium, zinc, dan juga besi.
  9. Tripsin inhibitor pada prosuk yang berbahan dasar kedelai memiliki potensi untuk menghambat penyerapan protein sehingga dapat memicu kerusakan pada pankreas.
  10. Susu kedelai yang tidak diolah dengan baik dan benar, bisa mengandung hemaglutinin yang merupakan zat pemicu pembekuan pada sel darah merah. Sela darah merah yang sudah membeku akan menyebabkan terganggunya penyerapan dan distribusi oksigen pada tubuh.

Karena itu jika kamu ingin memasukan susu kedelai ke dalam menu harian, lebih baik konsultasikan lebih dulu  pada dokter, terutama mengenai jumlah, jenis, dan rentang waktu untuk mengkonsumsinya.

Perhatikan juga apakah prosuk susu kedelai tersebut memiliki kandungan zat-zat aditif tambahan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menggunakan cara ini kamu akan mendapatkan manfaat tambahan dari susu kedelai, sekaligus dapat menghindari dampak buruknya. Terima kasih, Semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url