Cara Pasang Iklan Di TikTok Ads

TikTok adalah sebuah aplikasi berbagi video. Seperti Youtube. TikTok menjadi salah satu aplikasi berbagi video yang digandrungi oleh banyak orang terutama kalangan anak muda. Selain memberikan layanan berbagi video, kini TikTok juga menghadirkan layanan berupa TikTok Ads. Sehingga para pengguna aplikasi TikTok dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengiklan usaha atau produk yang mereka miliki di TikTok.

cara pasang iklan di tiktok ads


Cara Pasang Iklan Di TikTok Ads

Pasang iklan di TikTok ternyata tidaklah sulit. Caranya tidak jauh beda seperti Anda beriklan di Instagram. Proses beriklan di TikTok dibuat semudah mungkin agar banyak advertiser yang memasang iklan di TikTok.

Bentuk iklan di TikTok seperti apa? Untuk jenis iklan di TikTok kebanyakan berupa video. Ini wajar karena pada dasarnya TikTok sendiri merupakan aplikasi berbagi video.

Selain iklan video, ada juga iklan berupa tagar atau hastag dan filter efek. TikTok memang pintar dalam menarik minat para advertiser. TikTok berusaha membuat iklan-iklan tersebut agar tidak mengganggu para penggunanya..Jadi pengguna bisa tetap nyaman dalam menggunakan aplikasi TikTok.

Jenis Iklan di TikTok

Adapun jenis-jenis iklan di TikTok adalah sebagai berikut:

  1. Pre-roll Ads: iklan TikTok yang muncul setelah pengguna membuka aplikasi.
  2. In-feed Ads: iklan TikTok akan muncul ketika pengguna melakukan scroll pada feed.
  3. Promoted hashtag challenges: pengguna diminta untuk menggunakan hashtag khusus yang berisi iklan.
  4. Branded effects: filter efek iklan di TikTok yang mengandung brand khusus.

Cara Pasang Iklan di TikTok

Untuk cara pasnga iklan di TikTok adalah sebagai berikut:

Buat Akun Iklan TikTok

  1. Daftar akun TikTok Ads.
  2. Buka situs getstarted.tiktok.com.
  3. Pilih sebagai akun bisnis atau individu.
  4. Kemudian lengkapi infromasi, seperti nama, perusahaan, email, telepon, website, dll.

Buat Tiktok Ads Campaign

  1. Pilih Campaign > Advertising Objective.
  2. Pilih tujuan beriklan, traffic, app install, atau conversions.

Anggaran Dana Beriklan di TikTok

Perlu diketahui, di TikTok Ads ada anggaran dana harian dan total pasang iklan dengan minimal $ 500 atau sekitar Rp. 7 jt. Jadi, sebaiknya Anda sudah menyiapkan dana untuk iklan cukup besar sebelum beriklan di Tiktok.

Iklan Untuk Beberapa Platform

Salah satu kelebihan beriklan di TikTok adalah Anda juga bisa memasang iklan di platform lain yang telah bekerja sama dengan TikTok. Beberapa contoh platform yang telah bekerja sama dengan TikTok adalah Vigo Video, Buzz Video, News Republic, dan sebagainya.

Penempatan Iklan Otomatis atau Manual

Untuk penempatan iklan, Anda bisa memilih untuk menempatkan iklan secara otomatis atau manual. Jika Anda tidak mau ribet sebaiknya memilih penempatan iklan secara otomatis.

Iklan Anda akan disesuaikan dengan minat pengguna, sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Namun, jika Anda memilih penempatan iklan secara manual, hal tersebut juga bisa tetapi hasilnya tergantung dari target yang Anda pilih.

Budget Iklan 

Minimal anggaran iklan di TikTok sebesar $ 500. Anda dapat membagi anggaran tersebut dalam beberapa bagian. Namun, kelihatannya batas budget iklan harian minimal di TikTok Ads di sebagian negara adalah $ 50/hari. Ada juga negara yang diberi budget iklan minimal lebih rendah, yakni sebesar $ 20/hari.

Video Creation Kid

TikTok Ads menyediakan tools Video Creation Kid. Hal tersebut dapat memudahkan Anda ketika membuat video Iklan di TikTok. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan video atau gambar iklan kemudian diedit dengan menggunakan tools Video Creation Kid.

Sehingga nantinya video tersebut dapat dibuat vertikal,horizontal, atau persegi. Namun, karena TikTok lebih dikenal dengan video vertikalnya, akan lebih baik jika Anda membuat video iklan vertikal.

Kurang lebih itulah cara pasang iklan di TikTok Ads. Anda dapat memilih jenis iklan yang tersedia di TikTok Ads. Sesuaikan jenis iklan dengan kebutuhan usaha Anda dan konten yang disukai pengguna.

Pastikan iklan yang Anda buat dapat menarik perhatian para pengguna TikTok. Lakukan percobaan sampai Anda menemukan jenis iklan dan target iklan yang sesaui. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk menanggulangi pengeluaran biaya iklan yang terbuang sia-sia. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url