10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain mrmiliki rasa yang manis, buah manggis juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat dari buah manggis baik daging buahnya maupun manfaat dari kulitnya, karena hampir semu bagian dari buah manggis memiliki khasiat untuk kesehatan.

manfaat buah manggis untuk kesehatan


Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada buah dan kulit manggis. 

1. Mencegah penyakit jantung dan kanker

Bagi kamu yang memiliki keluarga yang sudah berusia diatas 40 tahun, buah manggis ini memiliki khasiat yang baik. Kandungan  zat xanthone, yang terdapat pada kulit buah manggis dapat menangkal dan menjauhkan kita dari penyakit jantung dan juga kanker, terutama bagi mereka yang sudah memiliki usia di atas 40 tahun.

2. Menurunkan diabetes

Berbicara mengenai penyakit jantung, pasti akan berkaitan langsung dengan penyakit diabetes. Lagi-lagi kulit manggis memiliki khsiat ampuh untuk menurunkan kadar gula darah dan mengeluarkannya melalui urine saat baung air kecil

3. Menyembuhkan diare

Penyakit pencernaan seperti diare bisa menjadi sangat berbahaya, jika tidak ditangani secara lansgung. Seseorang yang mengalami diare bisa kehilangan cairan yang dapat menyebabkan kematian. Senyawa yang terdapat pada pada buah manggis ini ternyata dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab diare, serta memperbaiki sitem pencernaan yang terluka.

4. Meringankan gangguan haid

Bagi sebgain wanita, haid merupakan siklus bulanan yang menyakitkan. Nah, untuk meringakna ganguan dan rasa sakit saat haid, silahkan untuk mengkonsumsi kulit manggis secara rutin. Kamu bisa membuatnya menjadi jus dengan cara diblender.

5. Menigkatkan sistem imun

Tubuh membutuhkan imun untuk manjaga kesehatan tubuh serta menghalau virus dan bakteri dari luar. Kandungan antioksidan yang ada pada kulit buah manggis dapat membentuk sistem imun menjadi lebih kuat. Vitamin B yang ada pada buah manggis juga memiliki manfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dalam keadaan normal.

6. Memperlambat penuaan

Bertmabhnya usia memang sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun, prose penuaan bisa diperlambat dengan cara mengkonsumsi kulit buah manggis secara rutin. Karena kandungan antioksidan yang terkandung didalmnya dapat membantu mencegah penuaan dini sehingga kulit kamu tetap kencang meski bertmabhnya usia.

7. Melawan radang

Sebuah penelitian pernah mengungkapkan sebuah fakta mengenai manggis. Buah manggis memiliki zat yang bernama gamma mangostin yang memiliki fungsi sebagai anti radang pada tubuh. Produksi nitrit oksida yang menjadi penyebab radang, dapat dihalau dengan mengkonsumsi buah manggis.

8. Menurunkan berat badan

Dengan rutin mengkonsumsi buah manggis dapat membantu kamu dalam menurunkan berat bada berlebih. karena nutrisi-nutrisi yang ada pada buah manggis dapat memnuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh, sehingga nafsu makan dapat dikontrol.

9. Perawatan kulit

Buah manggis memiliki khasiat untuk perawatan kulit. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa buah manggis  memiliki sifat yang dapat memecah kanker.

Sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, anti alergi, dan juga antioksidan dapat membantu mengurangi risiko dari berbagai kondisi seperti perdangan pada kulit, penuaan kulit, eksim, dan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.

10. Mempercepat proses penyembuhan

Buah manggis mempunyai sifat anti radang, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Daun dan kulit dari pohon manggis dapat dicampurkan kedalam ramuan obat lain yang bisa diterapkan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Nah, itula beberapa manfaat yang terdapat pada buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Yuk, mulai sekarang rutin mengkonsumsi buah manggis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url