10 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Walaupun hampir setiap hari merasakan mual dan juga muntah pada tiga bulan pertama, jangan pernah menyerah untuk mengatur aspuan gizi makanan sehari-hari. Mengatur asupan makanan pada ibu hamil satu bulan sangatlah penting, karena saat itu janin baru tumbuh sehingga memerlukan asupan berbagai vitamin dan mineral agar bisa berkembang dengan baik.

Jangan pernah percaya dengan mitos, bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan saat sedang tidak hamil, karena sedang berbadan dua. Yang benar adalah makanlah makan yang memiliki gizi 2 kali lebih banyak, bukan menmabha porsi makan menjadi 2 kali lipat.

Bila kita makan berlebihan sehingga asupan kalori menjadi meningkat dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Akibatnya ibu hamil akan meraskan kesulitan saat menurunkan berta badan pasca melahirkan nantinya.

asupan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama


Asupan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Nah, berikut ini adalah macam-macam asupan yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di trimester pertama.

1. Kacang-Kacangan

Pada trimester pertama kehamilan, ibu memerlukan tambahan asupan protein seberat 60 gram perhari. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi kacang-kacangn karena kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil. Konsumsilah kacang dengan kulit berwarna cokelat yang tinggi kandungan seratnya untuk mencegah dan mengurangi risiko sembelit. Kacang-kacangan juga dapat meningkatkan asupan zat besi. Perlu diperhatikan, makanlah kacang secara langsung tanpa digoreng ataupun dilapisi dengan zat lain, untuk menghindari tingginya kalori dan juga lemak.

2. Bayam

Nutrisi pada ibu hamil memang harus dijaga, bahkan sebelum masa keahmilan. Ketika dinyatakan hamil, asupan asam folat sangatlah penting untuk pembentukan tabung saraf janin pada 3 bulan pertama. Kandungan asam folat yang terdapat pada bayam inilah yang dapat membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat. Selain itu, bayam juga memiki kandungan zat besi yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil. Selama mas kehamilan, zat besi sangatlah diperlukan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. 

3. Asparagus

Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin D yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folat yang ada pada asparagus juga sangat penting untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi asparagus sistem pencernaan menjadi lebih terjaga. Sama seperti pada sayuran lainnya, asparagus bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sup, salad, ataupun campuran pada telur dadar.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandunganzat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat besi memiliki peran dalam pembentukan sel darah merah pada bayi. Zat besi juga berguna untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Jika ibu hamil mengalami anemia akan mersa lemas, cepat lelah dan juga menyebabkan ibu hamil menjadi cepat marah.

5. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang pas untuk asupan sehari-hari untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah jeruk maka ibu hamil akan mendapatkan cukup asupan vitamin Cdan Asam Folat. Seperti yang sudah dijelaskan diatas Asam Folat dapat mengurangi rsisiko bayi terlahir cacat. Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus terlebih dahulu.

6. Telur

Selain kaya akan protein, telur juga menjadi sumber vitamin D bagi ibu hamil, sama sperti manfaat susu pada ibu hamil. Bersama dengan kalsium vitamin D membantu prose pembentukan tulang pada bayi dan mempertahan kan kepadatan tulang pada ibu hamil. Telur bisa dikonsumsi sebagai lauk sebgaia menu nturisi ibu hamil.

7. Ikan Salmon

Ibu hamil sangat baik untuk mengkonsumsi ikan salmon. Karena ikan salmon memiliki kandungan Omega 3 yang membantu perkemabangan otak janin. Ikan salmon bisa dikonsumsi dengan cara di rebus. Namun haru diperhatikan, hindari campuran MSG atau bahana kima lain ketika mengolah ikan salmon.

8. Ubi

Siapa sangka ubi memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu membangun sel-sel kesehatan pada janin. Ubi bisa dikonsumsi dengan cara direbus dan dikonsumsi sebgaia sarapan di pagi hari.

9. Minyak Ikan

Umumnya, minyak ikan terbuat dari ikan kod. Minyak ikan disajikan sudah dalam bentuk kapsul, minyak ikan memiliki peran penting dalam proses perkembangan penglihatan dan juga otak.

10. Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak, karena memiliki kandungan gizi dan protein yang lengkap. Apalagi kandungan zat besi yang ada pada daging dapat membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah.

Meskipun kehamilan pada trimester pertama ini cenderung membuat ibu hamil tidak berselera untuk makan, usahakan untuk mengkonsumsi makana-makanan diatas.

Nah, itulah 10 Asupan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin, agar janin dan kesehatan dapat terjaga.

Referensi:

Dilansir dari berbagai dumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url