10 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah buah yang sangat populer di masyarakat Indonesia walaupun kurma bukan merupakan buah asli dari tanah air. Biasanya kurma dijadikan oleh-oleh wajib jika ada yang pergi haji ataupun umrah. Saat bulan Ramdhan tiba buah kurma menjadi salah satu buah paling dicari. Ada banyak sekali jenis kurma seperti kurma Ajwah, Amer Hajj, Deglet Noor, dan lain-lain. Ada satu jenis kurma yang cukup berbeda, yaitu kurma muda.

Biasanya kurma yang kita konsumsi dalam keadaan matang, beda halnya dengan kurma muda, karena kurma muda merupakan kurma yang berlum matang alias masih mentah. Kurma muda terkenal karena memiliki begitu banyak khasiat salah satunya adalah untuk meningkatkan kesuburan. Makanya kurma muda banyak dicari oleha pasangan suami istri yang telah lama menikah, namun belum kunjung dikaruniai keturunan.

manfaat kurma muda bagi kesehatan tubuh


Mnafaat Kurma Muda Bagi Kesehatan

Terkadang kurma muda disebut juga dengan sebutan Kurma Ruthob. Kurma Ruthob ini maih dalam kondisi yang setngah matang ketika di konsumsi. Kurma muda merupakan buah kurma yang tidak mengalami proses pengeringan dan proses-proses lainya yang biasa dilalui oleh buah kurma pada umumnya.

Nah, mari kita ketahui apa saja manfaat dari kurma muda!

manfaat kurma muda bagi kesehatan tubuh


1. Menjaga Kesehatan Mata

Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa kurma muda baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kurma muda mengandung vitamin A dan juga antioksidan dengan jumlah yang cujup besar, sehingga baik untuk kesehatan mata. Konsumsilah kurma muda secara rutin untuk menjaga fungsi mata selalu dalam keadaan prima.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Setiap orang pasti pernah mengalami apa yang namanya lupa, karena pada dasarnya manusia memang mempunyai sifat pelupa. Sebagai pencegahannya, Anda bisa mengkonsumsi kurma muda, karena kurma muda memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat. Kurma muda memiliki kandungan kalium yang sagat tinggi, dan kalium ini merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh otah. Dengan rutin mengkonsumsi kurma muda, kinerja otak Anda bisa lebih maksimal.

3. Detoks Tubuh

Manfaat kurma yang selanjutnya adalah untuk detoks tubuh. Para Ahli Kesehatan Islam menyarankan untuk mengkonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan. Kurma muda memiliki teksturnya kering dan dingin, lalu kurma bias teksturnya lembab dan hangat. Perbedaan dari kedu kurma tersbut dipercaya dapat menetralkan obat, makanan, bahkan racun yang ada didalam tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak diidap oleh orang Indonesia. Mungkin disebabkan karena pola makan yang kurang baik. Selain obat ternyata kurma muda juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kurma muda memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kalium merupakan salah satu zat yang dapat menekan natrium (garam) berlebih yang biasa dimiliki oleh pasien hipertensi. Selain kalium, kurma muda juga mengandung magnesium, yaitu mineral yang dapat membuat pembuluh darah tetap melebar, sehingga tidak terjadi hamabtan pada aliran darah. Anda cukup mengkonsumsi 5 butir buah kurma muda dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium  dan juga magnesium.

5. Mencegah Kanker

Selain hipertensi, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Untuk mengurangi resiko kanker, bisa dengan mengkonsumsi kurma muda. Karena kurma muda memiliki kandungakan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari serangan kanker paru-paru dan juga kanker rongga mulut.

Dari penelitiannya dr. Arshad H Rahmani dari Qassim University menyimpulkan bahwa kurma muda memiliki kandungan senyawa anti kanker yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Buah kurma juga memiliki kandungan senyawa beta D-glucan (zat antioksidan) berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker. Studi mengenai buah kurma ini telah diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Sudah bukan rahasia lagi kalau kurma muda mempunyai manfaat untuk membantu wanita yang ingin cepat hamil. Kurma muda memiliki kandungan zat hormon bitosin. Kandungan Zat hormon botosin yang terdapat pada kurma muda dapat merangsang gerak peristalik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita. Hal ini lah yang menyebabkan kurma muda bisa membantu meningkatkan tingkat kesuburan wanita.

7. Mencegah Pendarahan Rahim

Selain dapat meningkatkan hormon supaya bisa cepat hamil, kurma muda juga dapat mencegah terjadinya pendarahan. Karena kurma muda memiliki kandungan zat hormon bitosin yang berfungsi mencegah terjadinya masalah serius pada rahim seperti pendarahan.

8. Melancarkan Proses Kelahiran

Selain bisa membantu untuk meningkatkan hormon dan juga menjaga rahim. Selain menjaga rahim, ternyata kurma muda juga berkhasiat dalam memperlancar proses kelahiran bayi. Hormon oksitiksin yang ada pada kurma muda bermanfaat untuk membantu proses kontraksi otot polos pada dinding rahim saat proses melahirkan.

9. Melancarkan ASI

Tidak berhenti di situ saja, kurma muda juga bagus untuk melancarkan air susu ibu. Jika biasanya rata-rata orang Indonesia menggunakan daun katuk untuk melancarkan ASI, kini Anda bisa  untku mencoba mengkonsumsi kurma muda juga. Kurma muda memiliki kandungan oksitosin yang bisa memperbanyak produksi ASI.

10. Perawatan Kulit dan Rambut

Manfaat kurma muda yang sleanjutnya adalah untuk perawatan kecantikan kulit dan juga rambut. Wanita Timur Tengah menjadikan kurma muda ini sebagai sarana perawatan kecantikan mereka. Karena  kurma muda memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kekencangan pada kulit, serta menghidrasi kulit dengan baik. Kurma juga mempunyai khasiat untuk mengatasi rambut rontok, karena kurma muda mengandung vitamin B.

Biasanya orang-orang menggunakan kurma muda yang telah dijadikan minya ataupun sarinya untuk perawatan kulit. Bukan menggunakan kurma muda yang langsung dikonsumsi.

Nah, Itulah beberapa manfaat kurma muda yang telah Maribaca rangkum untuk Anda. Kurma muda merupakan kurma yang masih segar, makanya agak sulit saat kita cari di Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurma muda hanya dapat bertahan hanya beberapa hari setelah dipetik jika tidak dimasukkan ke lemari pendingin. 

Sebagai solusinya, Anda dapat menitip langsung kepada kerabat yang mau pulang dari Arab. Atau, Anda bisa memesan kepada penjual kurma ataupun penjual toko oleh-oleh haji, kalau Anda ingin membeli kurma muda. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma muda juga bisa diolah menjadi serbuk yang bisa dilarutkan dengan air dan madu supaya rasanya menjadi lebih enak. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url