Jenis-jenis Alat Musik: Berdasarkan Fungsi, Cara Memainkan, dan Sumber Bunyinya

Ada berbagai macam jenis alat musik yang tersebar di seluruh dunia. Setiap alat musik memiliki fungsi, karakter, serta bunyi yang khas sehingga dapat memberi warna dalam dunia musik.

jenis-jenis alat musik
 

Jenis-jenis Alat Musik

Jenis alat musik sendiridi bagi menjadi beberapa kategori, yakni berdasarkan fungsi, cara memainkan, serta sumber bunyi alat musik itu sendiri.

Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Alat musik berdasarkan funsginya dibagi menjadi 3 kategori, yakni alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Adapun penjelasan jenis alat musik berdasarkan funsginya adalah sebagai berikut.

Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang mampu menghasilkan nada. Alat musik jenis ini mampu membunyikan nada sebuah lagu secaa lengkap. Bunyi  yang dihasilkan alat musik melodis ini mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Contoh Alat Musik Melodis

  1. Gitar
  2. Ukulele
  3. Sasando
  4. Kecapi
  5. Madolin
  6. Seruling
  7. Pianika
  8. Flute
  9. Terompet
  10. Sexophone
  11. Piano
  12. Organ
  13. Keyboard
  14. Akordeon
  15. Biola
  16. Cello
  17. Pianika

Alat Musik  Harmonis

Alat musik harmonis merupakan jenis alat musik yang dimainkan untuk memainkan harmoni pada sebuah lagu atau musik. 

Contoh Alat Musik Harmonis

  1. Gitar
  2. Ukulele
  3. Guitalele
  4. Gambus
  5. Piano
  6. Harpa
  7. Sasando

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang tidak memiliki nada. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pengatur jalannya irama lagu atau musik. Alat musik jenis ini sering digunakan sebagai pengiring sebuah lagu.

Contoh Alat Musik Ritmis

  1. Drum
  2. Marakas

Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Jika dilihat berdasarkan cara memainkannya alat musik dibagi menjadi 5 jenis, yakni alat musik tiup, alat musik petik, alat musik gesek, alat musik pukul, dan alat musik sentuh/tekan. Adapun untuk penjelasannya adalah sebagai berikut.

Alat Musik Tiup

Sesuai dengan jenisnya, alat musik jenis ini dimainkan dengan cara ditiup. Cara meniupnyapun tidak bisa sembarangan karena harus menggunakan aturan dan juga teknik. Ada yang harus ditiup secara halus, sedanng dan juga kuat. Alat musik tiup memiliki lubang pada setiap tuts nadanya, jadi suara yang dihasilkan akan berbeda beda.

Contoh Alat Musik Tiup

  1. Seruling
  2. Harmonika
  3. Terompet
  4. Reccorder
  5. Pianika
  6. Sexophone
  7. Tuba
  8. Flute
  9. Bason
  10. Horn
  11. Klarinet, dsb

Alat Musik Petik

Alat musik petik merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Meskipun tergolong alat musik yang sulit untuk dimainkan, namun banyak yang menyukai alat musik jenis ini. Salah satu hal yang membuat alat musik jenis ini sulit untuk dimainkan karena adanya kunci-kunci tertentu untuk menghasilkan sebuah nada.

Contoh Alat Musik Petik

  1. Gitar
  2. Ukulele
  3. Bas
  4. Mandolin
  5. Harpa
  6. Banjo
  7. Kecapi
  8. Klarinet
  9. Sasando
  10. Siter

Alat Musik Gesek

Alat musik gesek merupakan alat musik yang dimainkan dengancara digesek. Alat musik jenis ini biasanya digunakan sebagai alat musik pelengkap. Namun, alat musik jenis ini juga bisa dijadikan sebagai alat musik utama,seperti dalam pertunjukan opera, broadway, dan orkestra. Dalam memainkan alat musik gesek ada teknik-teknik khusus yang harus melibatkan perasaan dalam memainkannya.

Contoh Alat Musik Gesek

  1. Biola
  2. Rebab
  3. Cello
  4. Violin
  5. Kontra Bas
  6. Viola, dsb

Alat Musik Pukul

Alat musik pukul merupakan jenis alat musik yang memainkannya dengan cara dipukul. Biasanya dipukul dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat seperti stik. Alat musik jenis ini cenderung tidak memiliki tangga nada atau kunci khusus, suara atau nada yang dihasilkan digunakan sebagai pelengkap lagu atau musik.

Contoh Alat Musik Pukul

  1. Kulintang
  2. Gamelan
  3. Calung
  4. Vibraphone
  5. Arumba
  6. Xilophone
  7. Bellira
  8. Glockenspiel
  9. Rebana
  10. Gendang
  11. Ketipung
  12. Drum
  13. Tamborin
  14. Symbal
  15. Tympani
  16. Triangle
  17. Kastanyet
  18. Gong
  19. Pauken, dsb

Alat Musik Sentuh/Tekan

Alat musik sentuk atau yang lebih dikenal dengan alat musik tekan, merupakan jenis alat musik yang memainkannya dengan cara disentuh/ditekan. Umumnya alat musik ini dibagi menjadi 2 jenis yakni alat musik tekan elektronik dan alat musik tekan manusia. Perbedaan dari kedua jenis alat musik tekan tersebut terletak pada tuts yang ditekan dan efek suara yang ditimbulkannya. 

Contoh Alat Musik Sentuh/Tekan

  1. Piano
  2. Organ
  3. Keybiard

Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jika berdasarkan sumber bunyinya, alat musik terbagi menjadi 5 jenis, adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

Aerophone

Alat musik aerophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasala dari udara yang bergetar akibat tiupan atau pompaan, contohnya seruling, harmonika, rekorder, dsb.

Idiophone

Alat musik idiophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari batanga logam atau kayu yang dipukul, contohnya gamelan, calung, angklung, kulintang.

Elektrophone

Alat musik elektronphone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari rangkaian elektronik yang ada di dalam alat musik tersebut, contohnya keyboard, organ elektrik, gitar elektrik, dsb.

Membranophone

Alat musik membranphone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastik, contohnya tamborin, rebana, bedug, drum, ketipung, bongon, konga, dan tympani.

Chordophone

Alat musik chordophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari rangkaian dawai yang dipetik, digesek, atau ditekan. Contohnya seperti gitar, bas, harpa, mandolin, ukulele, kecapi, siter, biola, rebab, cello, viola, dan piano akustik.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis alat musik berdasarkan fungsi, cara memainkan, dan sumber bunyinya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Macam-macam Jenis Alat Musik dan Cara Memainkannya" diakses pada 22 November 2021, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5697074/macam-macam-jenis-alat-musik-dan-cara-memainkannya

Artikel berjudul "Jenis-jenis Alat Musik dan Contohnya" Diakses pada 22 November 2021, dari https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-musik/jenis-jenis-alat-musik

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url