Manfaat Lain dari Kegunaan Sarung Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sarung. Kain yang satu ini banyak digunakan oleh kaum adam dan penggunaanya cukup identik dengan fungsi ibadah.

manfaat dan kegunaan sarung


Pada jaman modern seperti ini, penggunaan sarung hanya dapat kita lihat ketika memasuki waktunya sholat. Tak hanya ummat muslim saja yang menggunakan kain sarung dalam melakukan ibadahnya, kain sarung juga digunakan oleh penganut agama lain seperti hindu, walupun sarung yang digunakan terbuat dari bahan dan motip yang berbeda.

Namun fungsi dari sarung itu sendiri tidak hanya digunakan dalam hal ibadah saja, sarung juga bisa kita gunakan untuk keperluan hal-hal lain dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Lain Kegunaan Sarung

Berikut ini ada beberapa kegunaan dari sarung yang mungkin kamu baru mendengarnya.

1. Sebagai Alat Sholat

Kain sarung digunakan sebagai alat shalat, terutama bagi kaum pria biasanya menggunakan sarung untuk menutup aurat ketika melaksanakan ibadah shalat.

2. Sebagai Pelengkap Gaya Berpakaian

Selain untuk sholat, orang betawi juga menggunakan sarung sebagai pelengkap dalam gaya berbusananya terutama busana yang digunakan kaum prianya. Tidak dapat dipungkiri dalam dunia busana keberadaan sarung dapat digunakan sebagai pelengkap dalam berbusana.

3. Sebagai Ayunan Bayi

Ketika kamu memiliki bayi, selain selendang, sarung juga dapat digunakan untuk sebagai ayunan walaupun sekarang sudah banyak yang menjual ayunan dalam berbagai model dan bahan, namun masih ada yang menggunakan sarung sebagi ayunan untuk bayi

4. Sebagai Penutup Aurat

Ketika dalam keadaan darurat arung bisa kita gunakan sebagai alternatif untuk penutup aurat baik itu  pria ataupun wanita.

5. Sebagai Jilbab Darurat Saat Ada Tamu

Ketika dalam keadaan darurat sarung juga dapat digunakan sebagai jilbab darurat ketika kedatangan tamu mendadak, membuka pintu ketika ada tamu datang, ataupun ketika menjemur pakaian setelah mencuci

6. Sebagai Selimut Ketika Tidur

Sarung juga dapat kita jadikan sebagai alternatif jika tidak ada selimut tidur, atau ketika kita melakukan kegiatan diluar rumah atau bagi bapak-bapak yang sedang melkukan ronda.

7. Sebagai Ciri Budaya Santri

Banyak yang melihat bahwa sarung identik dengan santri, khususnya para santri yang ada di Pondok Pesantren Tradisional, rasanya selalu ada yang kurang ketika melihat santri yang tidak memakai sarung.

8. Sebagai Ciri Budaya Indonesia

Karakter-karakter orang indonesia yang ada di komik-komik seperti petruk, gareng, semar dan juga bagong karya Tatang S juga sering diselipi sarung dalam busananta, bahkan film-film pada jaman sekarang masih banyak yang memakai sarung sebagai busana pelengkapnya.

9. Sebagai Penutup Ketika Ganti Celana

Seringkali sarung dimanfaatkan sebagai penutup ketika akan mengganti celana, karena bentuknya yang seperti pipa sehingga sarung akan sangat mudah ketika digunakan sebagai penutup ketika akan melakukan penggantian celana saat berada diruangan yang tidak ada ruang gantinya.

10. Sebagai Topeng-topengan Ninja Oleh Anak-anak

Ketika kita masih kecil pasti kita pernah bermain dengan menggunakan sarung yang dijadikan topeng-topengan ninja ketika saat mengaji dulu dimasjid.

11. Sebagai Senjata Pamungkas

Apakah kamu pernah lihat film si Pitung ataupun pendekar-pendekar betawi lainnya? dalam fil tersebut banyak pendekar yang menggunakan sarung sebagai senjatanyakarena sarung tersebut memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk melawan para musuh ataupun penjahat, namun jangan pernah untuk mencoba menahan serangan golok dengan menggunakan sarung kalau kamu belum tahu ilmunya.

12. Sebagai Pengusap Keringat

Tidak wajar memang, tapi sarung sering kali mendapat perlakuan seperti itu. Dalam keadaan darurat sarung seringkali digunakan untuk mengusap keringat.

13. Sebagai Pembungkus Pakaian Saat Berpergian

Karena bentuknya yang cukup lebar, orang dulu banyak menggunakan sarung sebagai alat untuk membungkus pakaian saat bepergian dari rumah.

14. Sebagai Kepalan Tinju Mainan Anak-anak Dimesjid

Pernah mengalami? saya sendiri pernah mengalaminya, dimana sarung diikat dan dibuat sedemikian rupa untuk digunakan saling pukul-pukulan saat bermain

15. Sebagai Pemeras Cincau Tukang Es Cincau

Kalau kegunaan yang satu ini agak tidak wajar, tapi saya pernah melihat ketika sarung dijadikan untuk menyaring sari cincau. Jangan jiji dulu ya, karena sarung yang digunakan adalah sarung yang hanya digunakan untuk menyaring cincau tersebut dan bukan sarung yang bekas pakai ya, hihihi

16. Sebagai Gorden Penutup Jendela

Kalau kita berkunjung ke rumah atau kontrakan teman, coba lihat!, terkadang sarung dijadikan gorden penutup jendela loh, multifungsi banget ya!

17. Sebagai Alas Darurat

Ketika kita sedang berada di luar rumah ketika kita inging duduk tapi tidak ada alas, biasanya sarung bisa menjadi alternatif terakhir untuk digunakan sebagai alas duduk darurat.

18. Sebagai Penutup Luka

Wah, sarung terkadang disobek-sobek untuk dijadikan perban penutup luka, biasanya ketika tidak ada bahan lain seperti perbn untuk menutup luka seseorang sementara waktu.

19. Sebagai Alat Pengumpulan Dana.

Pastinya kamu pernah melihat ketika sarung salah satu sisinya diikatkan ke pinggang dan satu sisinya lagi dipegang dan dibuka yang akhirnya sarung tersebut dijadikan alat penggalangan dana pada acara-acara tertentu sepeti bantun sosial dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi manfaat dan kegunaan dari sarung ini, jika kamu mengetahui kegunaan lainnya, silahkan untuk menambahkannya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "19 Kegunaan Sarung" Diakses pada 29 November 2021, dari https://www.adisumaryadi.com/blog/read/artikel-dan-tulisanku/35/19-kegunaan-sarung

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url