Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

Daur hidup merupakan tahapan perkembangan dan pertumbuhan pada makhluk hidup. Tahapan daur hidup yang terjadi pada hewan ada yang mengalami perubahan dan ada yang tidak  mengalami perubahan. Proses perubahan bentuk yang terjadi pada tahap perkembangan hewan disebut metamorfosis.

metamorfosis pada hewan


Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah suatu proses dimana hewan mengalami perubahan fisik yang cepat beberapa saat setelah mereka dilahirkan. Hasil dari metamorfosis tersebut dapat merubah sebagian atau keseluruhan dari organ tubuh organisme,seperti jumla kaki, cara makan, dan cara bernafasnya. Biasanya metamorfosis dialami ole seranga dan hewan ampibi.

Jenis-jenis Metamorfosis

Jika dilihat dari perubahan bentuktubuhnya metamorfosis dibagi menjadi dua jenis, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna terjadi apabila hewan pada setiap metamorfosisnya mengalami perubahan bentuk yang berbeda pada setiap tahap perkembangannya.

Ciri-ciri Metamorfosis sempurna

Adapun ciri-ciri metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut:

  1. Mengalami perubahan bentuk yang sangat mencolok dari fase pupa dengan fase imago (dewasa)
  2. Hewan yang mengalami metmorfosis sempurna pada proses perkembangannya akan mengalamai fase larva dan pupa.

Contoh Metamorfosis Sempurna

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adah kupu-kupu, katak dan nyamuk.

Kupu-kupu

metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur.  Selanjutnya telur tersebut akan nenetas dan menjadi ulat atau larva yang aktif mencari makan. Setelah cukup mendapatkan makanan, maka ulat akan berubah menjadi kepompong atau pupa yang tidak bergerak dan mebempel pada dahan pohon. Pupa adalah masa istirahat sebagai persiapan sebelum menjadi kupu-kupu dewasa.

Katak

metamorfosis sempurna dan tidak sempurna


Katak berkembang biak denga cada bertelur, setelah itu telur akan menetas menjadi berudu yang selanjutnya berubah menjadi kecebong. Setelah itu kecbong tersebut akan berubah menjadi katak muda, yang selanjutnya berubah menjadi katak dewasa.

Nyamuk

metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna


Nyamuk berkembang biak dengan cara bertelur, biasanya nyamuk betina menghasilkan telur 100-400 butir telur. Induk nyamuk akan menempatkan telur-telurnya pada permukaan air yang tenang dan lembab.

Setelah 3 hari telur nyamuk akan menetas dan menjadi larva yang biasa kita kenal dengan sebutan jentik nyamuk. Setelah 7 hari larva nyamuk akan berubah menjadi pupa. Untuk menjadi  nyamuk dewasa pupa harus menunggu selama kurang lebih 12 hari. Setelah melewati fase pupa selama 12, barulah menjadi nyamuk dewasa.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada hewan yang pada perkembangannya tidak mengalami perubahan bentuk yang terlalu berbeda dari bentuk sebelumnya. Hewan yang yang masuk dalam kategori metamorfosis tidak sempurna tidak akan mengalami fase larva dan pupa.

Ciri-ciri Metamorfosis Tidak Sempurna

  1. Tidak mengalami perubahan bentuk yang terlalu mencolok dari bentuk sebelumnya.
  2. Tidak mengalami fase larva dan pupa.

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna

Contoh hewan yang mengalami metmorfosis tidak sempurna adalah kecoa.

metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna


Kecoa berkembang biak dengan cara bertelur. Telur-telur kecoa akan menetas dan berubah langsung menjadi kecoa muda (nimfa). Nimfa akan mengalami beberapa pergantian kulit sebelum menjadi kecoa dewasa. Pergantian kulit yang terjadi pada nimfa disebut dengan eksidis.

Ada juga hewan yang tidak mengalami daur hidup tanpa mengalami metamorfosis atau mengalami perubahan bentuk terlebih dahulu.

Contoh Hewan yang Tidak Mengalami Metamorfosis

Adapun contoh hewan yang tidak mengalami proses metamorfosis dalam daur hidup nya adalah ikan dan kadal.

Ikan

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Telur-telur ikan akan menetas lalu menjadi ikan muda, kemudian menjadi ikan dewasa. Bentuk ikan muda dengan ikan dewasa tidak banyak mengalami perubahan hanya ukuran saja yang berbeda namun bentuknya tetap sama.

Kadal

Sama halnya dengan ikan, setelah bertelur kadal akan menetas dan menjadi kadal muda. Seiring berjalannya waktu, kadal muda tumbuh dan berkembang menjadi kadal dewasa.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna beserta pengertian, ciri-ciri, dan contohnya. Terima kasih semoga bermanfaat. 

Referensi:

Artikel berjudul "Metamorfosis" diakses pada 03 Desember 2021, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Metamorfosis

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url