4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Waktu terus berjalan tanpa ada seorangpun dari kita yang mampu umtuk menghentikan waktu walau hanya sedetik. Tanpa terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, penuh pahala, dan penuh dengan kebaikan.

Bagaimanapun keadaan kita, apakah kita sudah siap atau belum, maka bukan Ramadhan pasti akan datang, dan beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu hasilnya akan lebih maksimal.

persiapan menyambut bulan ramadhan


Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Berbicara mengenai persiapan, apa saja yang harus kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Berikut beberapa persiapan yang harus kita lakukan, yaitu: 

1. Persiapan Ruhiyah (Keimanan)

Rasulullah SAW, telah mengajarkan kepada kita sebuah do'a menjelang memasuki bulan Ramdhan, yaitu: "ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan".

Persiapan secara keimanan berupa melatih pengendalaian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan, lisan, dan lain sebagainya. Semoga dengan melakukan kebiasaan untuk menhan diri agar tidak melakukan maksiat pada bulan Syaban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah yang kita shaum yang kita lakukan jadi sempurna. Diharapkan kita bisa terus dapat menahan diri bahkan dapat menjauhkan diri dari maksiat dibulan-bulan lainnya.

2. Persiapan Jasadiyah (Jasmani)

Ramadhan adalah bulan ketika kita melakukan suatu kebaikan akan mendapat pahala yang berlipat ganda, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala seperti ibadah wajib, dan pahala ibadah wajib akan menjadi berlipat-lipat dari pahala ibadah wajib diluar bulan Ramadhan. Sangat disayangkan sekali ketika bulan ramadhan telah tiba dan kita dalam keadaan sedang sakit, sehingga kita tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Persiapan jasmani (fisik) bisa kita lakukan dengan cara berolahraga secara rutib serta membiasakan diri dengan shaum sunnah.

3. Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)

Nabi Muhammad SAW, telah bersabda: "Barangsiapa yang melakukan suatu aktifitas (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka ibadah tersebut tertolak" (HR. Muslim).

Memahami tata cara ibadah yang benar, dapat memabawa kita meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas ibadah tidak ditunjang dengan pemahaman ilmu yang baik, maka ibdahnya akan tertolak atau tidak akan mendapatkan pahala sama sekali. Persiapan ilmu ini bisa kita dapatkan dengan memperbanyak membaca atau mengahadiri majelis taklim yang membahas mengenai Ramadhan atau shaum.

4. Persiapan Maaliyah (Harta)

Persiapan harta yang dimaksud disini bukanlah persiapan harta untuk buka pdan sahur saat puasa, tetapi persiapan harta untuk sedekah, karena sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat-lipat.

Demikianlah persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan. Semoga ibadah kita pada bulan Ramadhan tahun ini lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya dengan persiapan yang lebih matang. Aamiin.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url