Pengertian Magnet Beserta Sifat, Jenis, dan Bentuknya

Pernahkah kamu melihat benda yang menempel di pintu kulkas? Kira-kira kenapa benda tersebut dapat menempel pada pintu kulkas? Nah, untuk mengetahui kenapa benda tersebut dapat menempel di pintu kulkas, yuk simak pembahasan dibawah ini.

magnet


Pengertian Magnet

Magnet adalah suatu benda yang memiliki kemampuan menarik benda lain yang berada di sekitarnya. Magnet juga sering diartikan sebagai benda yang dapat mempengaruhi benda  dengan bahan tertentu lainnya dengan cara menarik benda yang berada disekitarnya.

Magnet berasal dari bahasa Yunani, yakni magnitis lithos yang berarti batu Magnesian. Magnesia sendiri merupakan sebuah wilayah di Yunani yang pada masa lalu bernama manisa. Setiap magnet memiliki dua kutub, yakni kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Kutub magnet meruapakan daerah yang berada pada ujung-ujung magnet, dengan kekuatan magnet yang paling besar.

Sifat-sifat Magnet

Sifat magnet adalah kemampuan suatu benda dalam menarik benda-benda lain yang berada di sekitarnya.

1. Magnet dapat menarik benda

SIfat magnet yang pertama adalah mampu menarik suatu benda yang berada disekitarnya. Benda yang dapat ditarik oleh magnet biasanya terbuat dari logam seperti besi, baja, dan lain sebagainya,

2. Medan magnet membentuk gaya magnet

Gaya magnet tidak hanya ada di kutub-kutubnya saja. Namun, gaya magnet dapat timbul di sekitar magnet. Daerah magnet memiliki gaya magnet biasa disebut dengan medan magnet.

3. Magnet memiliki dua kutub

Magnet memiliki dua kutub utama, yakni kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet merupakan daerah yang berada di ujung-ujung magnet, dengan kekuatan magnet paling besar.

4. Kutub-kutub magnet akan saling tarik-menarik dan tolak-menolak

Magnet memiliki gaya tarikan dan gaya tolakan. Apabila kutub yang sama saling didekatlan maka kutub-kutub tersebut akan saling tolak menolak. Sedangkan, jika kutub utara dan selatan didekatkan akan saling tarik-menarik.

5. Sifat magnet dapat hilang

Sifat magnet dapat melemah bahkan menghilang. hal ini disebabkan karena adanya perbakaran jatuh secara terus-menerus pada magnet tersebut.

Jenis Bahan Magnet

Berdasarkan sifat kemgnetannya, secara umum jenis bahan magnet terbagi menjadi 2, yakni bahan magnetik (feromagnetik) dan bahan non-magnetik.

1. Bahan Magnetik (Feromagnetik)

Bahan magnetik (feromagnetik) adalah benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Jika benda jenis ini berada dekat dengan magnet, maka magnet akan menarik benda tersebut.

Selain itu, benda yang tebuat dari bahan feromagnetik dapat dijadikan magnet. Contoh bahan yang termasuk feromagnetik adalah besi, baja, nikel, dan kobalt.

2. Bahan Non-magnetik

Bahan non-magnetik terbagi atas paragmagnetik dan diamagnetik.

Paramagnetik

Paramgnetik adalah benda yang dapat ditarik lemah oleh magnet. Contoh bahan yang termasuk paragmanetik adalah aluminium, temabag, platina, dan lain sebagainya.

Diamagnetik

Diamagnetik adalah benda yang menolak magnet. Benda yang terbuat dari bahan diamagnetik tidak dapat ditarik oleh magnet, meski berada sangat dekat dengan magnet tersebut. Contoh bahan yang termasuk diamagnetik adalah emas, seng, merkuri, dan lain sebagainya.

Diamagnetik adalah benda yang menolak magnet. Benda ini tidak dapat ditarik sama sekali oleh magnet meski berada sangat dekat dengan magnet yang kuat. Contoh benda diamegnetik adalah emas, seng, merkuri, dan lainnya.

Macam-macam Bentuk Magnet

Ada berbagai macam bentuk magnet. Perbedaan bentuk magnet ini dikarenakan magnet tersebut dibuat dengan tujuan serta kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa macam bentuk magnet:

Pengertian magnet

  1. Magnet batang bentuknya menyerupai batang atau balok atau kubus.
  2. Magnet U menyerupai huruf U.
  3. Magnet cincin, magnet ini memiliki bentuk bulat menyerupai cincin.
  4. Magnet ladam berbentuk seperti tapal kuda dan mirip seperti magnet U.
  5. Magnet silinder, menyerupai tabung panjang.
  6. Magnet jarum menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnet yang runcing.
  7. Magnet keping, magnet yang bentuknya menyerupai kepingan logam.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai magnet mulai dari pengertian, sifat dan bentuknya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Magnet: Pengertian, Sifat, Jenis, dan Bentuk Magnet" diakses pada 02 Februari 2022, dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/magnet-pengertian-sifat-jenis-dan-bentuk-magnet

Artikel berjudul "Magnet: Pengertian, Sifat, Jenis & Bentuk | Fisika Kelas 12" diakses pada 02 Februari 2022, dari https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-magnet-dan-bentuknya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url