6 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, waktu yang sangat dinantikan oleh Ummat Islam untuk meningkatkan amal ibadah. Karena dibulan ramadhan seluruh amal ibadah akan mendapat pahala yang berlipat ganda, termasuk yang paling utama yaitu Ibadah Puasa.

Bulan puasa menjadi salah satu ujian yang harus dilewati oleh ummat muslim. Untuk bisa melewati semua rintangan tersebut kita harus bisa tahan terhadap godaan dan harus tetap kuat dan juga sehat untuk menjalaninya. Agar puasa yang kamu bisa optimal dan juga lancar, kamu harus dapat menjaga kesehatan.

6 tips agar tubuh sehat saat berpuasa


Tips Sehat Saat Berpuasa

Adapun tips agar tubuh tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa adalah sebagai berikut:

1. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Sahur

Agar kuat menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh, terkadang kita berpikir untuk makan dengan porsi yang ekstra, padahal anggapan tersbut justru dapat menyebabkan kita merasa begah pada pagi hari bahkan dapat menyebabkan sakit perut.

Seharusnya kita makan saat sahur dengan sewajarnya saja, yaitu dengan porsi secukupnya. Jangan lupa untuk memakan makanan yang begizi agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga badan tetap bugar selama berpuasa.

2. Perbanyak Makanan Berserat

Ketika sahur, makanlah makanan yang mengandung serat, seperti buah, sayuran, dan buji-bijian. Jenis makanan ini sangat bagus untuk pencernaan kita sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal serta dapat membantu proses pencernaan agar lebih optimal. Selain daripada itu makan yang mengandung serat cenderung dapat memberikan efek kenyak lebih lama jika dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung serat.

3. Tetap Berolahraga Ringan

Untuk menjaga kebugaran saat puasa adalah hal yang sangat penting. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki, atau bersepeda santai. Sebaiknya lakukanlah olahraga ini menjelang berbuka puasa karena kalau berolahraga disiang hari malah dapat membatalkan puasa. Nah dengan melakukan olahraga ringan ini akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh serta dapat melancarkan aliran darah.

4. Minum Air Putih

Dalam sehari manusia membutuhkan minimal 2 liter atau sama dengan 8 gelas air putih untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa maka kita harus pintar-pintar mengatur jumlah asupan air yang kita minum. Jika kita minum terlalu banyak saat sahur dapat membuat kita susah dalam melakukan aktivitas pada pagi hari. Begitupu disaat berbuka kita jangan sampai minum air terlalu banyak karena dapat membuat kita sakit perut dan akhirnya kita tidak bisa ikut sholat tarawih.

5. Jangan Makan Berlebih Saat Berbuka

Saat berpuasa pastinya kita ingin berbuka dengan makan-makanan yang enak, sehingga disaat berbuka banyak lauk dan beragam sayur tersedia dimeja yang terkadang membuat kita makan berlebihan sehingga perut terasa begah atau kalau orang sunda bilang kamerekaan. Dengan perut yang kosong selama puasa dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung akan meningkat secara drastis. Hal seperti ini dapat mengakibatkan sakit perut dan efek lain dari kita makan terlalu banyak adalah dapat membuat kita mengantuk. Sehingga aktifitas sehabis berbuka menjadi terganggu, seperti shalat tarawih, tadarus Al-Qur'an, dan lain-lain, jadi sebisa mungkin makanlah secukupnya.

6. Mengatur Jam Istirahat

Selain memperhatikan asupan makanan saat berbuka dan sahur, kamu juga harus memperhatikan jam tidur atau istirahat. Mengatur pola tidur sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa. Jika kamu harus bangun pagi untuk makan sahur, maka diusahakan jangan bergadang dan luangkan waktu untuk tidur selama 20-30 menit disiang hari untuk melakukan power-nap. Tidur siang yang singkat namun berkualitas akan membantu memulihkan energi tubuh.

Nah, itulah beberapa tips sehat selama menjalankan ibadah puasa. Semoga tips ini dapat bermanfaat. Dan semoga puasanya lancar sampai tiba di hari kemenangannya nanti dan jangan lupa untuk memperbanyak ibadah karena ibadah pada bulan puasa akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url