5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Saat Lebaran

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, tentunya saat hari raya Idul Fitri datang kita akan menyambutnya dengan suka cita walaupun ada rasa sedih karena bulan Ramadhan bulan yang penuh rahmat akan pergi. Saat Lebaran memang menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama kita sebagai ummat muslim, karena disaat lebaran kita bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga besar.

Bukan hanya itu saja, saat lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk kita saling bermaaf-maafan setelah setahun ini banyak melakukan kesalahan kepada orang lain. Oleh karena itu banyak orang yang tidak ingin menyia-nyiakan atau terlewatkan momen lebaran ini karena sangat berarti dan juga berharga.

5 kebiasaan yang sering dilakukan saat lebaran


Kebiasan yang Selalu Dilakukan Saat Lebaran

Namun, disadari atau tidak ada lima kebiasaan yang selalu dilakukan oleh masyarakat indonesia saat ketika menyambut lebaran. Ingin tahu kebiasaan apa saja yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia ketika menyambut lebaran? Yuk. simak dibawah ini.

1. Memakai pakaian baru saat Lebaran

Bukan hanya  membersihkan hati untuk menjadi pribadi baru  yang lebih baik, saat lebaran biasanya banyak orang yang memakai baju baru. Kalian juga kan? Membeli baju baru menjelang hari lebaran sepertinya telah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia walaupun itu bukan suatu hal yang wajib dilakukan saat lebaran tiba.

Baju baru tersebut dipakai saat hari lebaran dan bersilatirahmi ke rumah saudara dan juga para tetangga. Benar ga nih?

2. Berkeliling Untuk Silahturahmi Ke Rumah Saudara dan Juga Tetangga

Salah satu momen yang sangat ditunggu saat lebaran tiba adalah melakukan silaturahmi ke rumah saudara dan juga tetangga. Kita pun akan saling bermaaf-maafan dan juga bercengkrama untuk melepas kangen setelah lama tidak bertemu.

Acara sungkeman biasanya juga akan dilakukan dengan mengunjungi rumah saudara dan keluarga besar.

3. Mencicipi Kue dan Masakan Saat Berkunjung

Saat kita datang berkunjung untuk bersilaturahmi ke rumah saudara dan juga tetangga, tentunya kita akan disuguhi dengan beraneka ragam kue dan juga makanan khas lebaran yang sudah disediakan oleh tuan rumah.

Mulai dari kue kering hingga ketupat dan opor ayam pastinya tidak akan ketinggalan kita cicipi saat berkunjun. Jadi tidak perlu kaget jika setelah lebaran tiba-tiba timbangan jadi naik.

4. Memberi dan Diberi Salam Tempel

Bagi anak-anak dan juga para remaja tentunya di saat lebaran juga memiliki hal khusus yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu mendapat salam tempel atau angpao dari keluarga. Memang siapa sih yang tidak suka suka jika mendapatkan salam tempel?

Pastinya semua juga suka termasuk kita juga kan? Bagi orang dewasa, biasanya mereka telah menyiapkan sejumlah uang yang dimasukan kedalam amplop yang natinya untuk dibagi-bagikan kepada anak-anak dan juga remaja yang juga keluarga yang datang bersilaturahmi kerumah mereka

5. Ziarah Kubur

Lebaran juga menjadi salah satu moment untuk melakukan ziarah kubur, untuk mendoakan orang tua atau keluarga yang telah meninggal dunia.

Nah, itulah lima kebiasaan yang selalu dilakukan sat lebaran tiba. Sebenarnya hal-hal tersebut bisa kita lakukan kapan saja, namun lebaran menjadi salah  satu momen yang pas karena semua orang bisa berkumpul dihari dan waktu yang sama.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url