8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Lebaran merupakan momen yang hanya terjadi saru tahun satu kali yang dapat di manfaatkan berkumpul bersama keluarga tercinta. Untuk Anda yang berada jauh dari kampung halaman, lebaran menjadi momen untuk mudik. Setelah hampir satu tahun tidak bertemu dengan keluarga yang berada di kampung halaman, kini saatnya pulang untuk bersilaturahmi dengan kelaurga disana.

8 tips mudik lebaran aman dan nyaman


8 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman

Berikut ini tips mudik lebaran yang dapat Anda lakukan agar mudik yang Anda lakukan menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyak pilihan kendaraan yang dapat menjadi pilihan untuk mudik ke kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang Anda anggap paling aman dan nyaman untuk diperjalanan. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor periksalah terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan seperti membawa kendaraan ke bengkel.

Carilah jalur alternatif untuk menuju ke kampung halaman saat mudik agar tidak terjebak kemacetan saat diperjalanan. Jika Anda akan menggunakan kendaraan umum untuk mudik, seperti bus, kereta, atau pesawat carilah kendaraan yang menurut Anda paling nyaman.

2. Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama Anda mudik  ke kampung halaman, dapat dipastikan akan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan saat diperjalanan ataupun saat berada di kampung halaman. Beberapa minggu sebelum mudik, Anda dapat membuat daftar anggaran pe ngeluaran, seperti anggaran  untuk membeli tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh-oleh, dan pengeluaran terduga lainnya. Persiapan anggaran tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran dan dapat membantu Anda untuk mempersiapkan keuangan sebelum mudik. Jika Anda hanya menggunakan uang THR untuk mudik, itu hal yang lebih baik.

3. Persiapkan Barang Bawaan

Tips mudik yang selanjutnya adalah persiapkan barang bawaan dengan membuat daftar arang apa saja yang akan dibawa beberapa hari sebelum pergi. Daftar barang bawaan tersebut digunakan untuk mendata barang agar tidak ada barang yang tertinggal. Daftar tersebut juga berguna supaya barang yang dibawa tidak terlalu banyak. Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang karena nantinya dapat merepotkan saat diperjalanan. Selain itu, jika Anda naik pesawat, barang yang yang melampaui kapasitas yang telah ditentukan akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

4. Siapkan Fisik dan Obat-Obatan Pribadi

Mudik bisa dibilang sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Sebelum mudik Anda harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit ketika berada diperjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maqka harus memiliki stamina yang prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari dan istirahat yang cukup, serta jaga asupan makanan agar kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat-obatan pribadi agar ketika ada yang sakit dapat langsung dapat diobati sehingga dapat mudik dengan nyaman.

5. Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Pastinya akan banyak biaya yang tidak terduga yang akan Anda keluarkan seperti tiket objek wisata, membeli air mineral saat perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, dan lainnya. Jika kampung halaman Anda jauh dari perkotaan  pastinya akan sulit menemukan mesin ATM dan masih jarang toko yang menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) untuk metode pembayaran. Oleh sebab itu sebaiknya Anda siapkan uang tunai secukupnya sehingga Anda lebih mudah ketika berbelanja saat di perjalanan dan di kampung halaman.

6. Bawa Hiburan Selama Mudik

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Siapkan smartphone dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga bisa membawa power bank supaya tetap bisa mengisi daya smartphone saat di perjalanan.

Jangan lupa untuk mengisi pulsa dan juga kuota internet agar tetap bisa berkonukasi dengan keluarga saat diperjalanan. Selain membawa smartphone, Anda juga bisa membawa papan permainan yang dapat dimainkan selama di perjalanan untuk menghabiskan waktu.

7. Jangan Terlalu Boros Membeli Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh saat menjadi salah satu tradsi wajib bagi mereka yang mudik ke kampung halaman. Saat membeli oleh-oleh jangan malu untuk menawar harga, usahakan saat menawar jangan terlalu berlebihan. 

Saat berbelanja Anda juga bisa menggunakan bahasa daerah setempat agar lebih timbul rasa kebersamaan ke pedagang. Jika Anda bepergian dengan banyak orang, belilah oleh-oleh bersama dalam jumlah yang cukup banyak karena biasanya jika membeli dalam jumlah banyak akan mendapatkan potongan harga.

8. Selfie dengan Sanak Saudara

Nikmati dan manfaatkanlah momen lebaran bersama keluarga yang berada di kampung halaman. Lebaran menjadi salah satu momen yang hanya datang satu tahun satu kali untuk berkumpul dengan saudara yang tinggalnya jauh dengan Anda. Manfaatkanlah waktu yang ada untuk berkumpul bersama keluarga.

Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan selama berada disana dan abadikan setiap momen agar tidak mudah dilupakan. Abadikan momen yang hanya ada setiap setahun sekali tersebut dengan cara mengajak seluruh saudara Anda berphoto bersama. Foto tersebut bisa Anda simpan sebagai kenang-kenangan.

Nah, itulah 8 tips mudik lebaran agar lebih aman dan nyaman, semoga tips diatas dapat membantu Anda yang akan mudik ke kampung halaman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url