Ciri-Ciri Rezeki yang Berkah Menurut Islam, Salah Satunya Memiliki Keluarga Harmonis

Dalam pandangan Islam, rezeki yang berkah tidak dilihat dari seberapa banyak jumlah harta yang dimiliki, karena rezeki tidak hanya sebatas harta saja, melainkan meliputi semua hal yang dapat memberi manfaat atau hal yang dapat diambil manfaatnya.

Rezeki yang berkah biasanya dapat kita ketahui dari kecukupannya. Walau jumlah hartanya sedikit, akan tetapi tetap bisa memenuhi semua kebutuhannya. Jadi, walau dalam jumlah nampak sedikit, tetapi tidak menjadikan pemiliknya kekurangan.

Rezeki itu seperti air bah, turun dari atas langit kepada semua makhluk hidup tidak yang ada di bumi. Begitulah cara datangya rezeki dari Allah SWT.

Hal ini sudah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:

"Sungguh seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, niscaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Oleh sebab itu, ummat muslim jangan sampai tidak bisa membedakan mana rezeki yang haram dan mana rezeki yang halal. Sesuatu yang haram tidak akan memberikan manfaat, sedangkan rezeki yang halal walau sedikit akan membawa manfaat dan keberkahan.

Lalu, bagaimana ciri-ciri rezeki yang berkah itu? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan berikut ini.

ciri-ciri rezeki yang berkah menurut islam, salah satunya memiliki keluarga harmonis


Ciri-Ciri Rezeki Berkah

Rezeki yang berkah merupakan hal penting bagi ummat Muslim. Adapu ciri-ciri rezeki menurut Islam adalah sebagai berikut:

1. Harta atau rezeki yang berkah mampu menghantarkan pemiliknya menjadi semakin bertaqwa kepada Allah.

2. Harta atau rezeki yang berkah bisa memberikan rasa nyaman dan tentram kepada pemiliknya.

"Tidak sama yang buruk (rezeki yang haram) dengan yang baik (rezeki yang halal) meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal agar kamu mendapat keberuntungan." (Q.S. Al Maidah: 100).

3. Harta atau rezeki yang berkah dapat mendatangkan amal kebaikan atau menjadi jalan bagi pemiliknya untuk berbuat kebaikan.

"Hai para rasul, makanlah yang baik-baik (halal), dan kerjakanlah amal yang saleh," (Q.S. Al-Mu'minun:51).

4. Harta atau rezeki yang berkah akan membuat pemiliknya semakin bersyukur kepada Allah.

5. Harta atau rezeki yang berkah dapat menghadirkan keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Jika dalam perjalanan hidup kita merasakan hal sebaliknya, seperti hati yang menjadi jauh dari Allah SWT, selalu merasa was-was dan tidak tenang, susah untuk berbagi, anak-anak menjadi liar, nakal, tukang cari masalah, dan istri yang tidak taat, serta selalu merasa kurang, maka waspadalah mungkin rezeki yang kita miliki tidak berkah. Segera bermuhasabah, mohon ampun kepada Allah SWT dan benahi diri sebelum terlambat. Wallahu a’lam.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url