Lapisan-lapisan Atmosfer Bumi

Lapisan atmosfer merupakan lapisan-lapisan udara yang menyelubungi planet bumi. Dengan adanya atmosfer inilah suhu bumi menjadi tetap stabil sehingga membuat kita merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, atmosfer yang menyelubungi bumi terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing lapisan memiliki fungsi yang sama yakni melindungi bumi dari ancaman benda-benda laur angkasa seperti meteor dan asteroid.

Selain melindungi dari hantaman meteor atmosfer juga juga dapat melindungi bumi dari sinar UV yang juga akan bebas masuk ke bumi jika tidak memiliki penghalang.

Lapisan atmosfer planet bumi terdiri dari lima lapisan, yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, hingga eksosfer.

Setiap lapisan atmosfer memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer ini akibat terjadinya gaya sentrifugal yang di sebabkan oleh rotasi bumi.

Selain rotasi bumi, perbedaan iklim yang terjadi antara zona kutub dan ekuatorial bumi juga dapat mempengaruhi ketebalan lapisan atmosfer.

Tiap-tiap lapisan atmosfer memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai lapisan-lapisan atmosfer di bawah ini.

lapisan-lapisan atmosfer bumi


Lapisan-lapisan Atmosfer Bumi

Troposfer

Troposfer merupakan lapisan atmosfer paling dekat dengan permukaan bumi. Pada lapisan ini memungkinkan kita untuk masih bisa bernafas. Shingga tidak tidak heran jika para pendaki gunung masih bisa bertahan pada lapisan ini.

Pada lapisan troposfer terdapat 2 senyawa kimia, yakni karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O), 2 senyawa tersebut yang paling banyak ditemukan pada lapisan ini dibandingkan dengan lapisan lainnya.

Lapisan troposfer berada pada ketinggian 0 -12 kilometer di atas permukaan bumi. Sehingga membuat troposfer menjadi lapisan paling dasar yang berada dekat dengan permukaan bumi dan berfungsi untuk menjaga kestabilan udara di bumi.

Pada lapisan troposfer terjadi berbagai fenomena alam antara lain angin, hujan, petir, cuaca dan perubahan iklam.

Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang berfungsi melindungi bumi dari paparan sinar UV yang sangat berbahaya jika terkena langsung pada kulit manusia.

Pada lapisan ini suhunya termasuk dingin dan hanya ditempati oleh Ozon. Ozon adalah lapisan yang berasal dari oksigen yang mengalami perubahan akibat adanya energi listrik setelah petir dan guruh silih berganti atau karena pengaruh dari paparan sinar UV matahari.

Lapisan Ozon ini dapat menipis hal tersebut diakibatkan oleh kegiatan manusia seperti penggundulan hutan dan juga sampah.

Jarak ketinggian lapisan stratosfer ini berkisar 10 sampai dengan 50 kilometer di atas permukaan bumi.

Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang berada pada ketinggian 50 sampai dengan 75 kilometer di atas permukaan bumi. Suhu pada lapisan mesosfer ini bisa mencapai 0,4°C setiap pada ketinggian 100 meter.

Pada lapisan ini benda luar angkasa yang mendekat ke Bumi akan dibakar dan diurai menjadi debu. Sehingga, lapisan mesosfer ini befungsi melindungi Bumi dari ancaman meteor dan benda langit lainnya.

Berbeda dari 2 lapisan sebelumnya yang masih terdapat udara, pada lapisan mesosfer ini sudah tidak ada udara sama sekali sehingga tidak ada makhluk hidup yang bisa bernafas disini. bagian mesosfer yang berbatasan langsung dengan lapisan berikutnya, yakni termosfer disebut dengan lapisan mesopause atau bisa juga disebut dengan lapisan perlaihan.

Termosfer

Lapisan termosfer adalah lapisan atmosfer yang menjadi tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel yang akan memberikan efek pada perambatan dan pemantulan gelombang radio, baik gelombang radio dengan frekuensi rendah ataupun frekuensi tinggi.

Lapisan termosfer berada pada ketinggian 80 - 100 kilometer di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini, terjadi fenomena alam yang disebut dengan aurora.

Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan atmosfer bumi paling luar yang menyelimuti bumi dengan jarak 800 - 3260 kilometer di atas permukaan bumi. Pada lapisan eksosfer ini, mulai terjadi interaksi yang sangat keras antara susunan gas-gas yang berada di luar angkasa.

Pada lapisan ini gaya gravitasi bumi  sangat rendah karena jaraknya yang cukup jauh dari permukaan bumi. Selain itu, pada lapisan ini tidak ditemukan adanya kandungan gas dan unsur hidrogennya pun sangat sedikit, sehingga terjadi cahaya redup.

Nah. itulah ke-5 lapisan atmosfer bumi beserta penjelasannya. terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url